Mitos di Balik Kisah Tragis Curug Pengantin, Bandung Ini Akan Mengejutkan Kamu

25 Juni 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Buat kamu yang suka menjelajahi keindahan air terjun, Curug Penganten ini wajib masuk ke dalam salah satu destinasi kamu. Curug Penganten ini berada di wilayah barat Kota Bandung. Air terjun setinggi 50 meter dengan keindahan alamnya ini semakin menambah keelokan tempatnya plus udara sejuknya yang sangat menenangkan. Selain itu, curug penganten ini juga punya keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik, yaitu dua air terjun yang letaknya saling berhadapan dan tak dimiliki oleh air terjun lainnya. Keindahan Curug Penganten ini semakin memesona saat terkena pantulan cahaya matahari sehingga warna dari air terjun ini semakin terlihat berkilauan nan cantik. Selain keindahannya, ternyata kisah dan mitos dari nama Curug Penganten ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. 

Curug Sewu atau lebih dikenal sebagai Curug Penganten ini memiliki mitos tentang kisah pengantin yang meninggal tragis. Sepasang pengantin baru tersebut berkunjung ke curug ini, kemudian berlayar menggunakan sekoci kecil di sungai. Sungai ini dulunya adalah tempat bermuaranya air terjun tersebut. Menikmati keindahan air terjun berdua dengan kekasih hati sambil bercanda tawa tentu menjadi hal yang sangat mengasyikan. Momen seperti ini ternyata membuat pasangan pengantin ini lupa dengan kondisi arus sunga sehingga membuat sekoci yang mereka tumpangi ini goyang dan terbawa kencangnya arus sungai. Kemudian, sekoci yang mereka tumpangi ini tak bisa dikendalikan hingga akhirnya tenggelam.

Terlepas dari kisah tragis sepasang pengantin yang meninggal tersebut, ada mitos yang masih dipercaya oleh warga setempat dan cukup unik. Mitosnya adalah siapa pun yang membasuh muka atau mandi dengan air terjun ini, maka bisa meningkatkan aura yang memesona. Alasannya, karena air terjun ini dianggap memiliki energi alam yang sangat kuat sehingga bisa meningkatkan inner beauty. Nah, mungkin banyak pengantin yang akan menikah melalui masa pingitan. Kalau warga setempat yang ingin menikah biasanya akan mandi di air terjun ini agar terlihat lebih berseri-seri saat hari pernikahan.

Mitos yang tak kalah menarik adalah kisah tentang Batu Bedil atau disebut juga dengan Batu Senapan. Bentuk batu ini sekilas memang mirip dengan senapan sehingga dijuluki Batu Senapan. Letak batu ini berada tidak jauh dari kawasan curug. Hal yang paling mengejutkan dari batu ini adalah konon dipercaya akan menembakan peluru ke desa sekitar ketika kiamat datang. Hal ini tentunya masih menjadi sebuah mitos yang kebenarannya belum bisa dipastikan. Jenis batu ini juga terdapat di Malang, tepatnya berada di Curug Sibedil.

Indonesia memang memiliki pesona tempat wisata yang begitu memukau mata. Bahkan, banyak tempat wisata, baik darat maupun lautan, yang selalu menarik perhatian para wisatawan asing. Namun, hal ini juga tak pernah lepas dari kentalnya cerita dan mitos-mitos yang beredar dari kalangan masyarakat setempat. Terlepas dari mitos yang beredar, kita harusnya cukup bangga dengan keindahan alam tanah air yang mampu menarik perhatian dunia. Yuk, lestarikan keindahan alam ini dengan menjaga kebersihannya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES