Mitos Bermana Bermani, Hantu Jawa yang Gemar Menggoda Pasangan Suami Istri

05 November 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Tradisi Jawa memang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistis. Hingga saat ini, tradisi yang sudah diwariskan oleh para leluhur orang Jawa itu masih banyak yang dipercayai sebagai suatu hal yang sakral. Meskipun suku Jawa sendiri berbasis di pulau yang saat ini sudah menjadi pusat pembangunan di Indonesia, namun praktek yang berkaitan dengan mitos-mitos dari para leluhur pun masih banyak yang dilestarikan, meskipun terkadang mitos-mitos itu seringnya tidak selaras dengan akal sehat di zaman modern.

Salah satu mitos yang masih disampaikan lewat mulut ke mulut adalah mitos yang berkaitan dengan makhluk-makhluk halus yang konon hidup berdampingan dengan manusia. Salah satu makhluk halus yang dimuat dalam mitos orang Jawa adalah makhluk bernama Bermana dan Bermani. Konon, Bermana dan Bermani dulunya adalah sepasang manusia yang merupakan kekasih. Nahas, mereka harus terpisah oleh ajal yang menjemput mereka dengan cara tidak wajar sehingga mereka pun bergentayangan di dunia orang hidup untuk mencari mangsa.

Berhubung Bermana dan Bermani adalah sepasang kekasih yang belum sempat merasakan kebahagiaan yang cukup langgeng, konon mereka kerap kali mengganggu pasangan  pria dan wanita yang sudah menikah. Mereka mengganggu dengan cara merasuki salah satu pasangan, baik itu sang suami ataupun istri. Biasanya, mereka akan menampakkan diri dalam wujud yang menyeramkan. Saat pasutri yang diganggunya sudah mulai lemah secara mental, hantu Jawa ini akan merasuki salah satu dari mereka.

Setelah dirasuki oleh Bermana atau Bermani, orang yang menjadi mediumnya pun kabarnya akan sering marah-marah sendiri kepada pasangannya sehingga kehidupan rumah tangga mereka pun menjadi tidak harmonis. Jika pada gilirannya kehidupan rumah tangga itu hancur, hantu Jawa ini pun akan semakin betah untuk tinggal di tubuh orang yang dirasuki mereka. Menurut kepercayaan orang Jawa, mereka memang bertujuan untuk menghancurkan rumah tangga dari pasangan suami-istri yang tengah menjalani kehdiupan yang bahagia dengan cara mengubah atmosfir dalam keharmonisan rumah tangga.

Sampai sekarang, masih banyak orang Jawa yang percaya akan keberadaan Bermana dan Bermani sebagai makhluk yang gemar merusak kehidupan rumah tangga pasutri. Oleh karena itu, jika ada pasutri yang menjalani kehidupan rumah tangganya dengan cara yang tidak harmonis, mereka biasanya akan dicurigai sebagai korban dari pasangan hantu Jawa ini.

Bagaimana menurutmu? Benarkah orang yang hubungannya tidak harmonis sebenarnya sedang menjadi korban dari pasangan hantu Jawa ini? Entah benar atau tidak, tapi ada banyak hal yang dapat memengaruhi hubungan rumah tangga. Salah satunya adalah kelancaran komunikasi dan keteguhan komitmen masing-masing pihak. Jadi, kalau kamu dan pasangan sedang tidak harmonis, jangan keburu menyalahkan hantu Jawa ini ya, coba cek dulu apakah ada faktor lain yang menyebabkan keretakan hubungan kalian.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES