Misteri Makam Genghis Khan yang Tidak Pernah Ditemukan Hingga Kini

01 Oktober 2017
|Idham Nur Indrajaya
1SHARES

Genghis Khan adalah salah satu sosok penting dalam sejarah dunia. Selain berhasil menyatukan bangsa Mongolia, dia juga berhasil menaklukkan sebagian besar wilayah Asia. Selain itu, raja dari Kekaisaran Mongolia ini juga memiliki kekuasaan yang meliputi sebagian wilayah Eropa. Kakek dari Kubilai Khan ini dapat dianggap sebagai salah satu orang yang dijuluki “penakluk dunia”.

Setelah Genghis Khan meninggal dunia, lokasi makam dirinya pun dirahasiakan oleh keluarganya agar tidak ada pihak musuh yang menjarah. Hingga saat ini, sudah banyak peneliti dari berbagai belahan dunia yang berusaha untuk mencari lokasi makam Genghis Khan. Namun, pencarian yang mereka lakukan itu tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Menurut dugaan para peneliti, nampaknya makam Genghis Khan memang diletakkan di konstruksi yang dibangun dengan sedemikian rupa sehingga makamnya tidak akan pernah bisa digali.

Seperti yang telah diatur dalam tradisi Mongolia, makam seseorang itu memang sudah sepatutnya disembunyikan dengan baik agar jiwa yang beristirahat di dalamnya dapat selalu terlindungi. Meskipun begitu, sebuah makam mewah telah dibangun di Cina sebagai replika peti mati Genghis Khan. Makam itu toh hanya berfungsi sebagai monumen peringatan bagi sosok Genghis Khan yang pada saat kematiannya sedang menduduki kekaisaran terbesar yang membentang dari Laut Kaspia sampai Samudera Pasifik.

Dr. Albert Yu-Min Lin, seorang ilmuwan peneliti dari Universitas Kalifornia, adalah salah satu orang yang memimpin upaya pencarian makam Genghis Khan. Untuk mengupayakan pencarian itu, dia sudah mengambil lebih dari 84.000 gambar yang dipotret dari pesawat drone. Dia juga sudah mengikutsertakan 10.000 relawan untuk menelusuri wilayah yang luasnya lebih dari 2.300 mil persegi. Sejauh ini, pencarian yang dilakukan oleh Yu-Min Lin sudah mengerucut menjadi 55 situs arkeologi. Menurut perkiraan, kemungkinan makam Genghis Khan terdapat di dekat gunung suci Mongolia yang bernama “Burkhan Khaldun”. Kebetulan lokasi itu berdekatan dengan tempat kelahiran Genghis Khan sendiri.

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi keluarga kerajaan di masa lampau untuk memakamkan rajanya bersama dengan harta kekayaan miliknya. Berhubung Genghis Khan sudah menaklukkan wilayah yang tidak sedikit, kemungkinan besar harta jarahan yang dimakamkan bersama jenazahnya pun akan sangat banyak jumlahnya. Selain demi kepentingan dokumentasi sejarah, pencarian makam Genghis Khan pun nampaknya menggiurkan bagi sebagian orang karena harta karun yang kemungkinan dapat ditemukan bersamaan dengan jenazahnya.  


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
1SHARES