Misteri Keblek, Sosok Gaib nan Menyeramkan di Tanah Air

06 September 2017
|Ani Nur Cholifah
158SHARES

Indonesia adalah negara yang tak pernah lepas dari hal-hal berbau mistis. Kepercayaan tentang dunia gaib atau spiritual ini sudah ada sejak zaman dulu. Kepercayaan akan hal-hal mistis ini ternyata juga masih ada hingga sekarang. Terutama pada sebuah ritual, destinasi wisata horor atau legenda soal asal mula suatu daerah, bahkan hewan-hewan tertentu juga sering berkaitan dengan hal-hal mistis. Nah, kali ini YuKepo akan membahas soal Keblek yang sangat populer dengan sosok jelmaan hantu dan cukup dikenal oleh suku Jawa. Simak langsung ulasannya di bawah ini!

Keblek konon dipercaya sebagai makhluk halus yang wujudnya menyerupai hewan. Namun, kepercayaan masyarakat khususnya Jawa, Keblek ini berwujud sepeti seekor burung gagak hitam. Keberadaan Keblek pada suatu daerah dan mengelilingi satu rumah biasanya pertanda bahwa akan ada orang yang meninggal dalam waktu dekat pada rumah atau kawasan tersebut. Mitos yang beredar luas di kalangan masyarakat ini harusnya tidak perlu dipertahankan karena usia seseorang adalah misteri yang nggak bisa diprediksi oleh manusia ataupun hewan.

Keberadaan burung Keblek ini biasnya ditandai dengan suara khas kepakan sayap yang memang berbunyi “blek, blek, blek”. Oleh karena itu, muncullah sebutan buruk Keblek karena suaranya tersebut. Sosok tentang makhluk gaib yang masih misterius ini diceritakan dalam sejarah pewayangan kuno yang memiliki sifat netral. Namun, ada beberapa versi lain yang menyebutkan bahwa sosok Keblak ini bukanlah seekor burung tapi berwujud ayam jago, kelelawar, dan juga yang menyebutkan bahwa Keblek ini mirip kalkun. Salah satu yang pasti, Keblek ini memiliki tubuh berwarna hitam. 

Sosok keblek yang mitosnya menjadi pembawa kabar duka yang dipercaya oleh suku Jawa, ternyata memiliki versi lain. Ada masyarakat yang beranggapan bahwa Keblek ini berwujud siluman yang kemudian diperalat untuk pesugihan atau pencari harta kekayaan dengan cara yang gaib dan tidak dibenarkan. Konon, keberadaannya yang digunakan untuk mencuri secara gaib ini juga sangat mengerikan dan bisa mematikan orang. Kabarnya bagi siapapun yang bisa menangkapnya kemudian membunuh lantaran tak suka dengan keberadaan Keblek, mitosnya, akan meninggal dalam waktu dekat. Sebaliknya, jika ada orang yang mengetahui Keblek sebagai pesugihan dan membiarkannya akan mendapatkan imbalan. 

Legenda tentang keberadaan Keblek ini mungkin tak lagi setenar zaman dulu. Dulu, Keblek ini sering kali diabadikan dalam berbagai macam ornamen dalam pewayangan dan juga candi-candi yang ada di Indonesia. Boleh percaya dan tidak, namun kisah ini cukup menjadi tambahan wawasan saja akan keberagaam legenda yang tersebar di Indonesia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
158SHARES