Merinding! Legenda Hantu Telinga Panjang yang Legendaris dari Sulawesi ini Unik Tapi Serem!

23 Oktober 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Bagi sebagian orang sosok makhluk gaib ini bisa dirasakan dengan adanya tanda-tanda tertentu. Misalnya saja, aroma aneh yang tak biasa seperti aroma bunga melati atau kemenyan yang tiba-tiba muncul, konon ada hantu yang sedang melintas. Namun masyarakat Sulawesi memiliki sebuah legenda hantu yang biasanya muncul di atas genting rumah warga dan ditandai dengan adanya suara kepakan sayap burung.

Nah, namun tanda-tanda ini bukan untuk hantu seperti pocong, kuntilanak atau jenis hantu pada umumnya. Legenda hantu dari Sulawesi yang dikenal menyeramkan ini disebut dengan ‘dompe’. Lalu bagaimana wujud hantu dompe sebenarnya? Berikut ini ulasannya, Yuk kepo!

Legenda hantu Dompe berasal dari Sulawesi Selatan dan dijamin mampu membuat seluruh masyarakat merinding ketakutan. Wujud hantu ini identik dengan telinga yang besar tapi punya wajah yang cukup kecil dan menyeramkan. Telinganya yang sangat besar ini juga konon dipercaya bisa digunakan untuk ia terbang. Namun, sosok detail hantu ini memang belum ada yang mendeskripsikan secara jelas. Hantu ini juga konon muncul saat siang hari dengan wujud menyerupai binatang dan bisa berubah seperti manusia. Ia bisa mendiami kawasan perhutanan atau bebatuan di Sulawesi. Mau kenalan lebih jauh?Coba cari deh!

Sosok Dompe ini juga konon dipercaya oleh masyarakat Sulawesi seperti kurcaci dengan kekuatan supranatural yang luar biasa. Meskipun dikenal sangat menyeramkan dan memiliki kemampuan supranatural yang hebat. Namun mitos dan kisah yang muncul dari masyarakat seputar hantu dompe ini sangat beragam. Ada sebagian masyarakat yang memercayai bahwa hantu dompe ini sangat pemalu sehingga sosok yang menyeramkan pada dirinya jarang terlihat oleh manusia dan ia juga tidak suka muncul dalam keramaian di waktu malam. 

Keberadaan sosok dompe yang misterius dan unik ini masih dipercaya masyarakat Sulawesi khususnya di Bugis Bone. Masyarakat Bugis Bone pernah ada yang melihat sosok dompe ini berada di atas genting. Keberadaan dompe di atas genting juga dikaitkan dengan ilmu hitam yang konon dipercaya sebagai pengintai para dukun atau penganut ilmu hitam untuk mengetahui seluk beluk seseorang yang ada dalam rumah tersebut. Ada juga yang percaya bahwa hantu dompe dikirmkan untuk menyantet seseorang.

Legenda hantu dompe yang legendaris ini memang masih misterius. Beberapa masyarakat memang masih mempercayai makhluk gaib ini. Namun sebagian lagi menganggap sosok hantu dompe merupakan legenda masyarakat terdahulu. Nah, gimana nih kalau menurut kamu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES