Merinding! Hantu Seram Dari Sulawesi Tenggara Ini Dipercaya Bisa Membuatmu Tewas Tertawa!

05 November 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Hantu mungkin menjadi salah satu makhluk gaib tak kasatmata yang paling menyeramkan. Bahkan banyak orang yang nggak berani buat nonton film-film bergenre horor yang berisi sosok hantu seram karena bisa menyebabkan mimpi buruk. Jangankan nonton, kadang dengar suara atau backsound film horor aja udah bikin merinding duluan. Tapi buat kamu yang punya mental baja mungkin film horor bukanlah film yang harus ditakuti. Tapi bagaimana kalau bertemu dengan hantunya langsung? Masih bisa ketawa nggak?

 

Nah, hantu yang akan YuKepo bahas kali ini justru akan mengajak kamu tertawa lho. Bingung kenapa hantu ngajak tertawa? Tapi jangan terpancing untuk ikutan ketawa ya karena mitosnya kalau kamu ikutan ketawa bisa meninggal. Penasaran? Berikut ini ulasan tentang hantu seram Onitu Mengane dari Sulawesi Tenggara yang bisa bikin meninggal tertawa.

Hantu Onitu Mengane ini adalah salah satu hantu kuno yang dipercaya oleh Suku Tolaki. Sebagian besar warga suku ini berprofesi sebagai pemburu di hutan untuk mencari makanan. Namun, ada sebuah larangan bahwa suku ini nggak diijinkan untuk berburu pada malam hari apapun alasannya karena hantu Onitu Mengane tersebut memangsa korbannya pada malam hari.

Membahas soal wujud hantu ini ada beberapa versi berdasarkan kepercayaan warga setempat. Salah satunya menuturkan bahwa hantu ini berwujud seperti seekor kera tapi mempunyai sepasang kaki dan tangan yang panjang, kepala botak dan mulut yang lebar. Hantu ini juga senang bergelayutan di pohon. Nah, wujudnya bisa dibayangkan dong kalau hantu seram ini mirip seperti monster aneh yang menyeramkan yang hidup di tengah hutan.

Salah satu yang unik dari hantu seram ini adalah caranya menakuti dan memangsa manusia. Bila ada orang yang berada di tengah hutan saat malam hari, hantu ini akan bersembunyi di balik pohon kemudian tertawa dengan terbahak-bahak sambil berayun dari satu pohon ke pohon lain. Korban kemudian akan merasa takut tapi juga bisa ikut tertawa karena dipengaruhi oleh kekuatan hantu tersebut. Hantu seram ini akan terus membuat si korban tertawa hingga merasa tak berdaya dan mati. Wah ngeri nih kalau kayak gini guys! Kemudian hantu ini akan menyantap para korban yang sudah meninggal.

Itulah kisah mistis sosok hantu seram yang melegenda di Sulawesi Tenggara. Terdengar tak logis tapi mungkin mitos ini memiliki makna agar manusia tetap waspada terutama saat malam hari sehingga tak dianjurkan untuk ke luar rumah. Di tambah kondisi zaman dulu yang belum ada penerangan bisa saja terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti tersesat di dalam hutan atau terperosok ke dalam jurang. Iya kan? Tapi mitos ini sudah mulai pudar dari warga setempat dan tidak lagi dipercaya. Nah gimana kalau kamu? Percaya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES