Merinding! Begini Kisah Di Balik Lukisan Oei Hui Lan, Lukisan Seram Asli Indonesia

01 November 2017
|Galih Wisnu Brata
Mistis
0SHARES

Kalian pasti tahu dong dengan lukisan Monalisa. Lukisan Monalisa merupakan salah satu karya fenomenal Leonardo Da Vinci yang menyimpan segudang misteri. Sosok perempuan di dalam lukisan tersebut menjadi banyak sorotan karena banyak yang penasaran dengan jati dirinya. Tapi tahukah kamu bila di Indonesia juga ada lukisan seram yang nggak kalah misterius dengan lukisan Monalisa. Lukisan seram itu adalah lukisan Oei Hui Lan. Penasaran seberapa misteriusnya? Yuk langsung saja kita simak bersama!

Seperti namanya, lukisan Oei Hui Lan berisi gambar seseorang yang bernama Oei Hui Lan. Oei Hui Lan merupakan seorang gadis cantik keturunan Cina. Oei Hui Lan lahir di Semarang pada tanggal 21 Oktober 1889 dan meninggal di Amerika Serikat tahun 1992.

Oei Hui Lan bukanlah seorang gadis biasa. Dia merupakan anak konglomerat di zamannya. Ayahnya bernama Oei Tiong Ham adalah seorang pemilik pabrik gula dan merupakan orang terkaya di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Hui Lan lahir dari istri pertama ayahnya, Goei Bing Nio. Karena menurut cerita, sang ayah memiliki 18 gundik yang telah melahirkan 42 anak.

Karena kecantikannya, banyak yang melirik Hui Lan untuk dijadikan istri. Tapi oleh kakaknya, Tjong Lan, dia dijodohkan dengan Wellington Koo, seorang duda 32 tahun. Hui Lan dan Wellington Koo pun menikah pada tahun 1921. Hui Lan bersedia menikah dengan Wellington Koo karena kagum dengan kecerdasan dan kesopanannya dalam bergaul.

Keduanya memiliki kepribadian yang bertolak belakang. Hui Lan gemar berfoya-foya, sedangkan sang suami lebih suka hidup sederhana. Hui Lan yang sejak kecil hidup bergelimang harta pun tetap berfoya-foya walaupun pendapatan sang suami tidaklah banyak. Ia masih mendapat kiriman uang dari ayahnya.

Selang tiga tahun dari pernikahannya, sang ayah meninggal secara mendadak. Yang menjadi persoalan adalah warisan yang dibagi tidak merata. Ia meninggalkan sebuah perusahaan yang besar. Pada era pemerintahan Soekarno, perusahaan itu dinasionalisasi dan berganti nama menjadi PT Perusahaan Perkembangan Ekonomi Nasional Rajawali Nusantara Indonesia. Tak cukup sekali berganti nama, tahun 1971 namanya diganti lagi menjadi PT Rajawali Nusindo dan 2001 berubah lagi menjadi PT Rajawali Nusantara Indonesia. BUMN ini pernah heboh karena sang Direktur Utama, Nasarudin, meninggal karena diduga ditembak oleh suruhan mantan Ketua KPK, Antasari Azhar.

Lukisan Oei Hui Lan merupakan salah satu peninggalan dari Hui Lan. Selain lukisan, ia juga meninggalkan sebuah buku dengan judul No Feast Last Forever. Buku itu berkisah perjalanan hidup Hui Lan yang luar biasa, lahir dengan kemewahan, kehormatan, banyak materi tapi tidak memunculkan kebahagiaan.

Lukisan seram Oei Hui Lan saat ini berada di Hotel Tugu, Malang. Di balik kisah Oei Hui Lan si anak raja gula, lukisan seram ini menyimpan banyak tanya. Pelukis dari Oei Hui Lan tidak diketahui. Menurut beberapa cerita pengunjung hotel, ketika berada di sekitar lukisan, aura dingin sering muncul. Selain itu, bayangan Oei Hui Lan di cermin dengan rambut terurai panjang dan tatapan mata yang tajam membuat lukisan tampak begitu hidup. Bahkan ada yang mengaku pernah didatangi Oei Hui Lan dalam mimpi setelah melihat lukisannya.

Penasaran mau lihat seperti apa lukisan seram legendaris ini? Langsung saja kamu datangi Hotel Tugu yang ada di Malang. Lukisan seram ini ada di sebuah ruangan yang diberi nama The Sugar Baron, sebuah ruangan yang digunakan untuk mengenang sang raja gula dari Semarang. Tapi hati-hati ya, bisa-bisa kamu didatangi arwah Hui Lan dalam mimpi!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES