Mencekam Abis, Inilah 5 Misteri Istana Presiden Yang Bikin Kita Takut Sekaligus Penasaran!

15 Maret 2018
|Ojik
118SHARES

Istana Presiden merupakan kediaman resmi bagi presiden. Indonesia sendiri memiliki 6 Istana Presiden yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali, antara lain Istana Merdeka di Jakarta, Istana Bogor, Istana Cipanas, dan Istana Tampak Siring di Bali. Istana ini sendiri disebar juga dengan alasan agar dapat menunjang aktivitas kenegeraan Presiden atau aktivitas kenegeraan lainnya. Karena Istana inilah yang menjadi tempat resmi kediaman presiden dan juga tempat bagi Presiden untuk menggerakkan roda pemerintahan ataupun menjadi tempat beristirahat dari tamu-tamu negara.

Namun siapa sangka, dibalik bangunannya yang megah, dan memiliki catatan sejarah yang panjang, terdapat cerita-cerita misteri yang berada di Istana-istana Presiden ini. Berikut 5 Misteri Istana Presiden yang akan bikin kamu takut dan semakin penasaran.

1. Angkernya Istana Gedung Ageng di Yogyakarta

Pada awal-awal masa kemerdekaan, Indonesia sempat berapa kali memindahkan Ibu Kota Negara, dan salah satunya Yogyakarta. Di Yogyakarta ini istana kepersidenan diberi nama Gedung Ageng. Istana yang berdiri pada tahun 1832 ini memiliki kisah seram di dalamnya. Banyak saksi yang mengungkapkan bahwa terdapat berbagai sosok penunggu gaib di sisi-sisi gedung, dan banyak saksi mata juga yang mengungkapkan bahwa sering terdengar suara-suara seperti tentara berbaris sedangkan di sana tidak ada siapa-siapa.

2. Kisah misteri Ki Hujan

Ki Hujan ini bukanlah nama seseorang, melainkan nama sebuah pohon. Pohon yang berada di Istana Presiden yang dulu bernama Istana Gambir ini telah tumbuh sejak tahun 1870, lebih tua 3 tahun dibanding dengan bangunan istana yang baru dibangun pada tahun 1879. Pohon Ki Hujan sendiri sudah menjadi saksi silih bergantinya pemimpin di Indonesia. Bahkan Ki Hujan juga menjadi saksi, angkat kakinya para kolonial dari Indonesia.

Menariknya, banyak pemimpin Indonesia yang mengadakan acara dibawah pohon Ki Hujan ini. Seperti Presiden SBY yang kerap bertemu menterinya di gazebo yang dibangun di bawah pohon Ki Hujan, atau seperti Presiden Jokowi yang berapa kali mengumumkan nama menteri yang akan mengisi kabinetnya.

3. Seramnya Istana Merdeka

Sudah jadi semacam rahasia umum jika Istana Merdeka ini sangat angker. Mungkin hal ini berbanding lurus dengan usia bangunan yang sudah sangat tua. Menariknya, keangkeran Istana Presiden yang satu ini bahkan diakui oleh anak-anak Gus Dur yang mengungkapkan jika mereka sering diganggu oleh makhluk-makhluk halus yang mendiami istana tersebut. Bahkan ada salah satu bagian dari Istana tersebut yang terkenal sebagai tempat yang sangat angker. Tempat tersebut adalah lantai 4 Istana yang bahkan membuat petugas kebersihan takut untuk membersihkan bagian tersebut. Namun, angkernya tempat ini dikabarkan sudah perlahan luntur akibat kebijakan Gus Dur yang membuka semua pintu istana untuk khalayak umum.

4. Kamar Bung Karno

Selain bagian-bagian dari Istana Merdeka yang angker, ternyata ada bagian yang lumayan seram di tempat tersebut. Tempat itu sendiri berada di kamar Bung Karno. Di tempat ini sering terjadi hal-hal mistis, sehingga setelah Bung Karno pergi tak ada lagi yang berani menempatinya. Termasuk Megawati yang merupakan anak dari Bung Karno. Tapi meskipun dikenal sangat angker, ada satu sosok berani yang akhirnya berani menempati tempat tersebut. Beliau adalah Presiden Jokowi, dan hebatnya lagi Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa dia tidak diganggu atau merasakan hal-hal aneh selama ada di kamar tersebut.

5. Penunggu gaib Istana Bogor

Selain Yogyakarta dan Jakarta, Istana Presiden juga berada di Bogor dengan nama Istana Bogor. Bangunan yang bentuk bangunannya mirip dengan White House ini awalnya adalah tempat tinggal dari Gubernur Hindia Belanda, namun setelah mereka pergi kepemilikannya pun jatuh ke pemerintahan Indonesia. Menurut beberapa sumber, Istana ini sendiri tak lepas dari hal-hal seram seperti penampakan, dan gangguan makhluk halus. Bahkan hal ini juga diakui oleh Ibu Negara Hartini Soekarno yang mengungkapkan bahwa tempat ini memang ada penunggunya. Menurut warga sendiri, sudah sewajarnya jika bangunan bekas Belanda selalu identik dengan hal-hal berbau mistis.

 Itulah kisah-kisah misteri dibalik bangunan-bangunan istimewa Istana Negara Indonesia. Walaupun dipenuhi hal-hal mistis, bukan berarti kita menjadi harus takut dan kemudian melupakan Istana ini lho. Karena walaupun diselingi dengan cerita-cerita sedemikian rupa, Istana Presiden adalah peninggalan sejarah dari Indonesia yang harus sama-sama kita jaga. Jadi dari pada kamu takut, lebih baik kamu penasaran aja! Biar kamu bisa cari tau lebih banyak tentang Istana-istana Presiden yang ada di Indonesia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ojik
"masa muda masa yang berapiapi."
118SHARES