Menakjubkan! Inilah Kisah Misteri Kota-kota yang Hilang di Dasar Laut!

14 November 2016
|Monica Petra
Mistis
0SHARES

Hampir semua orang pasti pernah denger yang namanya Atlantis. Itu loh, kota yang hilang di dasar laut. Hingga kini masih menjadi misteri tentang keberadaannya. Tapi tau nggak kamu kalo ternyata kota yang hilang dari peradaban itu gak hanya Atlantis. Gak percaya? Pokoknya masih penuh misteri dan bikin penasaran. Ini nih, coba cek 5 kota di seluruh dunia yang hilang di dasar laut! 

1. Shi Cheng, Cina

Kota ini diperkirakan udah berumur lebih dari 1.400 tahun dan baru tenggelam kurang lebih selama 60 tahun. Kota Shi Cheng alias Lion City ini mengalami banjir tahun 1959 waktu pemerintah Cina membangun bendungan air di sungai Xin'an dan danau Qiandao. Shi Cheng sekarang ini ramai dikunjungi para penyelam karena sebagian besar dari bangunan dan arsitektur dari kota ini masih utuh. Wow banget, ya!

2. Pavlopetri, Yunani

Nggak ada yang tau pasti apa nama sebenarnya dari kota ini. Soalnya, kota ini sudah tenggelam ke perairan lepas ujung selatan Yunani lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Pavlopetri atau batu Peter dan batu Paul adalah nama modern untuk teluk tempat reruntuhan terendam. Reruntuhan ditemukan tahun 1967 dan masih cukup lengkap, termasuk jalan-jalan dan makam. Hmm.. Bisa bayangin gak gimana rasanya ya, jalan-jalan di atas kuburan? Pasti bikin bulu kuduk berdiri! Nggak diketahui siapa yang membangun kota ini. Para sejarawan memperkirakan kota ini tenggelam karena gempa bumi. 

3. Piramida Yonaguni atau Monumen Yonaguni, Jepang

Tenggelamnya piramida ini di lepas pantai pulau Yonaguni, Jepang menjadi kontroversi. Penyelam menemukan piramida dengan teras-tangga ini pada tahun 1986. Sejak itu, beberapa ilmuwan menyebutnya hanya sebagai 'formasi bebatuan' tapi Masaaki Kimura, seorang profesor seismologi meyakini kalo situs itu dibangun tahun antara 2.000-3.000 tahun yang lalu. Itu artinya, jauh sebelum peradaban Jepang mulai dikenal. Jika memang benar situs itu buatan manusia. Desain piramida ini hampir sama dengan yang ditemukan di Meksiko dan Amerika Tengah. 

4. Dwarka, India

Tadinya kota kuno ini cuma dianggap mitos sampe akhirnya penyelam nemuin reruntuhannya di lepas pantai negara bagian India, Gujarat pada tahun 2000. Umat Hindu percaya kalo kota Dwarka ini dibangun sama Krishna dan memiliki 70.000 istana. Wow! Bayangin, coba kamu bisa dapat satu istana aja, ya. Bisa lamar si pacar. Hehe. Gak ada yang tau siapa yang membangun kota ini dan gak diketahui juga kenapa kota ini tenggelam. Masih penuh misteri. Hmmmm...

5. Port Royal, Jamaika

Kota yang terletak di pinggiran Kingston Harbor ini dulunya terkenal sebagai markas bajak laut. Sebagian besar dari Port Royal tenggelam di Karibia karena gempa bumi tahun 1692. Arkeolog modern nemuin bahwa masih banyak bagian dari kota ini, termasuk bar bajak laut, dermaga dan kapal masih ada dan dipertahankan oleh Kingston Harbor. Hm, jadi pingin ke sana siapa tau bisa dapat harta karun, ya. 

Udah lihat 5 kota tadi kan. Keren-keren kan? Pingin banget, deh bisa mampir ke sana. Apa pun misteri dan cerita di balik semua kota-kota yang hilang itu, biarlah jadi perenungan dan pelajaran. Gak ada lagi kota-kota yang tenggelam. Soalnya sayang banget keindahan seni dan arsitekturnya harus kandas gitu aja. Setuju? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES