Mandrake, Akar Mistis yang Penampakannya Mirip Banget Sama Jenglot

31 Desember 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Bagi kamu yang suka nonton film Harry Potter mungkin tak asing dengan Mandrake. Mandrake menyerupai manusia kecil yang mengeriput dan kering seperti mumi. Benda ini sebenarnya adalah tanaman unik yang memiliki daun lebar yang langsung muncul dari permukaan tanah. Bunganya berwarna putih dengan semburat ungu. Akarnya terpendam rapat di dalam tanah dan saling terjalin setelah tiga sampai empat tahun. Apabila dicabut, bentuknya dapat menyerupai manusia. Lucunya, akar ini dapat dibedakan mana yang membentuk laki-laki dan perempuan.

Mandrake yang telah lama di simpan bentuknya menyerupai jenglot. Cara tumbuhnya juga mirip jenglot yang harus diberi minum darah. Menurut kepercayaan, pada awalnya Mandrake tumbuh dengan tetesan darah dan sperma laki-laki yang digantung di atasnya. Darah tersebut menetes dan meresap pada akar tanaman tersebut. Hingga terciptalah aura magis pada akar tanaman tersebut. 

Di Mesir dan Eropa Selatan, Mandrake digunakan untuk keperluan magis. Banyak yang mempercayai bahwa akar tanaman tersebut memiliki banyak khasiat ajaib. Jika ditempatkan di perapian, akar ini dipercaya dapat membawa kebahagiaan dan keberuntungan. Dan ada pula yang percaya dapat menggandakan uang jika diletakkan di tempat penyimpanan uang. Selain itu, ada pula kepercayaan bahwa akar ini bisa meningkatkan kesuburan. 

Jika jenglot diperoleh dengan cara bertapa, Mandrake diperoleh dengan mencarinya di hutan. Dalam pengambilannya, tanaman ini tidak boleh begitu saja dicabut dari tanah. Menurut kepercayaan yang berkembang, orang yang mencabutnya bisa saja akan mati karena jeritannya saat dicabut. Bagi orang yang sangat ingin medapatkannya, ada sebuah cara yang diyakini oleh para dukun efektif. Akar ini bisa diambil saat malam hari dan harus membawa seekor anjing. Sebuah tali akan diikatkan ke leher anjing kemudian ujungnya diikatkan ke tanaman. Anjing tersebut diarahkan untuk berlari hingga tercabutlah akar Mandrake dari tanah.

Selain terkenal karena sisi magisnya, Mandrake juga dikenal dalam dunia medis pada zaman dahulu. Akar ini digunakan sebagai obat anestesi (obat bius) tradisional pada saat operasi. Mandrake juga dikenal sebagai tanaman yang beracun jika digunakan pada dosis tertentu.

Selain orang-orang Indonesia, ternyata orang-orang Mesir dan Eropa juga memiliki kepercayaan terhadap benda-benda tertentu. Mandrake merupakan wujud sejarah adanya kepercayaan mistis yang melegenda di negara-negara tersebut. Hal-hal tersebut mungkin tidak masuk akal. Namun, tidak ada salahnya jika kita memercayai bahwa hal-hal semacam Jenglot dan Mandrake merupakan hasil budaya masyarakat pada zaman dahulu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES