Legenda Hantu Uwil, Penunggu Jahil dari Banyuwangi yang Bisa Menggelitik Hingga Mati

18 Oktober 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Sebagai makhluk gaib yang tak pernah bisa jelas dilihat dengan mata, sosok hantu sering kali membuat manusia ketakutan. Bahkan di zaman yang modern seperti saat ini, masih banyak manusia yang memercayai kisah-kisah hantu. Kisah tersebut memang selalu menarik perhatian, terutama hal-hal yang berbau klenik dan mistis yang selalu berhasil menghebohkan masyarakat. Nyatanya, ada kisah-kisah hantu yang tak selamanya menyeramkan karena hantu ternyata juga memiliki sifat jahil.

 

Nah, Kali ini YuKepo akan membahas soal hantu yang misterius berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Tapi hantu ini dikenal cukup jahil yakni ‘hantu uwil’. Emang ada ya? Langsung aja yuk rame-rame kepoin kisah hantu anak kecil yang usil di bawah ini!

Asal usul hantu uwil ini awalnya berasal dari kawasan Jawa Timur. Zaman dulu, sebelum agama Islam menyebar luar ke nusantara, banyak masyarakat Jawa Timur yang memeluk agama Buddha. Lalu masyarakat Jawa khususnya daerah Banyuwangi mempercayai adanya bala tentara Buddha yang usianya masih terbilang anak-anak tapi sudah ikut peperangan. Anak-anak yang terlahir pun akhirnya dilatih agar mereka kelak menjadi bala tentara yang hebat. Namun, tak semua anak-anak tersebut berhasil, sebagian yang tak sanggup menjalani kerasnya pelatihan tentara, meninggal dan menjadi arwah gentayangan yang kemudian dijuluki sebagai hantu uwil.

Biasanya para hantu memiliki tempat persinggahan yang menjadi tempat favorit. Nah, begitu juga dengan hantu uwil, kabarnya hantu anak-anak ini sering ditemukan di wilayah hutan yang masih dipenuhi dengan semak belukar. Hal ini pun dipengaruhi oleh kondisi wilayah Banyuwangi yang memang hampir sebagian besarnya adalah kawasan hutan.

Hantu uwil ini juga diketahui sering menggangu para petani atau pekerja di kawasan perkebunan. Berdasarkan dari kesaksian yang pernah melihatnya, hantu uwil digambarkan sebagai sosok hantu anak-anak yang mirip dengan tuyul berkepala botak. Namun, hantu uwil ini memiliki kemampuan bergerak yang cukup cepat seperti bajing loncat.

Hantu berwujud anak-anak ini memang masih bersifat seperti anak-anak. Oleh karena itu hantu uwil senang menjahili manusia untuk diajak bermain. Misalnya saat manusia mendengar suara anak-anak yang sedang bermain, saat dicari suara tersebut akan hilang dan muncul kembali saat sudah tidak dicari. Bahkan ada pekerja kebun yang kerap merasa digelitik dari belakang dan terdengar suara anak-anak tapi setelah pekerja kebun tersebut menoleh kebelakang, ada bayangan yang berlari cepat.

Meskipun masih anak-anak, mitosnya hantu uwil juga cukup sadis, ia bisa membunuh orang yang telah merusak kawasan hutan di Banyuwangi dengan cara menggelitik hingga pingsan lalu akan dibantai. Wah, ngeri!

Itu salah satu mitos keberadaan hantu yang fenomenal dari Banyuwangi. Kabarnya, cerita hantu ini dibuat untuk menjaga kelestarian ekosistem hutan di Banyuwangi. Kalau nggak begini, mungkin kawasan hutan di sana sudah menjadi deretan gedung-gedung pencakar langit. Nah, benar atau nggaknya kisah hantu ini yang terpenting adalah menjaga kelestarian alam agar kelak keindahan alam tanah air ini juga bisa dinikmati oleh anak cucu kita. Setuju?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES