Lahan TPU Goclong yang Angker Ini Jadi Bagian dari Proyek Kereta Bandara Soekarno-Hatta

23 Mei 2017
|Ani Nur Cholifah
61SHARES

Kamu udah tahu belum kalau bulan Juli tahun ini akan ada kereta menuju Bandara Soekarno-Hatta? Proyek pembangunan stasiun ini targetnya akan selesai bulan Juni yang berarti bulan depan dan sudah hampir memasuki masa tenggat. Namun di balik proyek ini ternyata ada sebuah kendala yaitu pembebasan lahan.

Berdasarkan info dari Direktur Utama Kereta Api Indonesia bernama Edi Sukmoro yang dilansir dari Kompas.com (17/10/2017), beliau mengatakan “Saat ini perseroan telah menyelesaikan pembebasan lahan sebanyak 32 bidang melalui proses konsinyasi. Kita sudah serahkan uangnya ke pengadilan. Pembebasan lahan itu selalu jadi kendala."

Nah, ternyata dibalik kendala mengenai lahan ini menyimpan sebuah kisah mistis tentang lahan tersebut yang dianggap sebagai makam angker. Berikut ini rangkumannya, langsung aja yuk kepoin!

Salah satu kendala lahan yang akan dibebaskan adalah Tempat Pemakaman Umum (TPU) Goclong yang dianggap sebagai pemakaman paling angker. TPU dengan luas sekitar 2 hektar  ini berada di kawasan Tanah Tinggi, Tangerang, yang sudah berusia sekitar 40 tahun. Awalnya lahan ini merupakan lahan milik orang Tiongkok, kemudian diwakafkan untuk jadi pemakaman umum. Pemilik lahan ini sendiri diketahui bernama Kyi Gopyong yang akrab dengan sapaan Goclong. Ki Goclong juga telah meninggal dan dimakamkan di pemakaman ini. Pemakaman ini ternyata bukan hanya digunakan oleh warga sekitar tapi juga ada warga dari luar daerah Tanah Tinggi yang memakamkan jenazah keluarganya di TPU Goclong karena pemakamannya gratis.

Mungkin salah satu yang menjadi kendala karena lahan TPU yang digunakan untuk umum tanpa biaya ini cukup membantu masyarakat. Di saat lahan TPU yang lain mematok harga untuk biaya pengurusan, TPU Goclong ini menjadi salah satu solusi bagi warga yang ssedang tidak memiliki biaya pemakaman. Di balik kendala itu, kuburan yang sudah ada sejak tahun 1976-an ini sering terdengar kisah horor dan aura mistis yang pernah dialami oleh warga setempat.

Salah satunya adalah penampakan pocong yang sering dialami oleh warga yang melintas area ini pada malam hari. Bahkan penampakan pocong ini sudah menjadi hal yang biasa bagi seorang penggali kubur bernama Sukatma. Sukatma juga sering melihat makhluk aneh yang sering kali membuat dirinya merinding. Seperti suara-suara misterius tanpa ada asal suaranya hingga sosok hantu seperti Buto Ijo dan hantu wanita di sekitar kawasan makam.

Selain angker, lahan pemakaman ini juga dianggap sebagai makam keramat. Kisah selanjutnya disaksikan oleh seorang warga saat melihat sepasang anak muda yang sedang berpacaran di pemakaman ini. Sepasang anak muda ini ternyata melakukan hal yang nggak seharusnya, hingga dikabarkan tubuh mereka dempet dan tak bisa dipisahkan. Itulah akibat dari perbuatan manusia yang hanya menuruti hawa nafsu mereka tanpa memikirkan apa yang terjadi dalam jangka panjang dan bagaimana masa depan mereka. Meskipun hanya sebuah makam tapi tolong hargai penghuni sekitarnya dengan nggak melakukan hal-hal aneh guys.

Nah, itulah yang menjadi perdebatan tentang lahan untuk pembangunan proyek kereta Bandara Soekarno-Hatta. Gimana menurut kalian tentang lahan ini? Semoga ke depan nggak ada kejadian aneh dengan dibangunnya proyek ini dan kemacetan saat menuju bandara ini bisa berkurang. Infrastruktur di Indonesia khususnya di Jakarta juga bisa menjadi lebih baik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
61SHARES