Kisah Misteri Rumah Hantu Darmo yang Terkenal Angker di Kota Pahlawan

28 Juli 2017
|Reza Pratama
0SHARES

Surabaya memang dikenal sebagai salah kota yang penuh akan cerita bersejarah. Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, tentunya Surabaya menyimpan berbagai macam cerita sejarah Indonesia. Beberapa bangunan bekas peninggalan zaman panjajahan pun masih banyak ditemui. Berbagai macam bangunan seperti hotel, apartemen, pusat perbelanjaan, gedung-gedung mulai gencar dilakukan pemerintah Surabaya untuk memajukan kota. Jika ada gedung yang dibangun, pasti ada juga gedung yang ditinggalkan. Salah satu bangunan yang terkenal karena keangkerannya di Kota Pahlawan ini adalah Rumah Hantu Darmo. 

Dari namanya saja sudah menjelaskan jika rumah ini memang dicap sebagai rumah hantu. Tentu bukan tanpa alasan warga Surabaya menamai rumah kosong berukuran besar ini dengan sebutan Rumah Hantu Darmo. Di balik penamaan rumah tersebut, ada kisah yang dialami oleh beberapa orang yang pernah memasuki rumah angker ini. Rumah Hantu Darmo sendiri terletak di Jalan Puncak Permai, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya. Banyak orang-orang, terutama anak muda yang sengaja mendatangi rumah kosong ini hanya untuk iseng dan membuktikan benar atau tidaknya jika rumah ini seangker namanya. 

Rumah Hantu Darmo memang sudah menjadi urband legend bagi para warga Surabaya. Beberapa kisah angker pernah dialami oleh para orang yang pernah masuk ataupun hanya sekadar lewat saja. Menurut cerita yang beredar, rumah berlantai dua ini memang telah dibiarkan kosong selama belasan tahun. Berbagai macam cerita pun bermunculan tentang kenapa rumah berukuran besar ini bisa ditinggalkan oleh pemliknya. 

Ada salah satu kisah yang paling populer tentang alasan kenapa rumah ini dibiarkan terbengkalai. Beberapa tahun yang lalu, rumah ini awalnya sama seperti rumah-rumah elit pada umumnya. Suatu ketika sang pemilik rumah pergi keluar kota dan hanya tersisa pembantu dan baby sitter saja. Usia keduanya masih tergolong muda, yakni sekitar 25 tahun. Namun, menurut kabar, keduanya dibunuh oleh paea perampok yang menjajah isi rumah tersebut. Hingga akhirnya pada tahun 1997, rumah ini mengalami kebakaran yang menghabiskan segala isi rumah. Sampai saat ini, masih belum diketahui apa yang menjadi penyebab kebakaran tersebut. Sejak saat itulah, rumah Darmo dikosongkan dan menjadi salah satu bangunan angker di Kota Surabaya.

Setelah bertahun-tahun menjadi rumah kosong nan angker, Rumah Hantu Darmo pun menjadi lokasi para remaja untuk berwisata horror. Dari banyaknya orang yang telah mengunjungi Rumah Hantu Darmo, beberapa di antaranya mengalami kesurupan dan melihat beberapa kejanggalan di dalamnya. Para warga yang sering lewat Rumah Hantu Darmo pun beberapa kali pernah melihat sosok wanita berpakaian serba putih serta diikuti suara tangisan-tangisan di sekitar rumah kosong tersebut.

Namun, karena banyakanya anak muda yang menggunakan rumah kosong ini sebagai tempat mesum dan mabuk-mabukan, maka Satpol PP pun menutup rumah ini dengan garis Pol PP. Beberapa kali mobil Satpol PP juga sering berkeliling untuk berjaga-jaga di sekitar lokasi. Namun, walaupun begitu Rumah Hantu Darmo tetaplah menjadi rumah kosong paling angker seantero Surabaya. Bahkan, beberapa kali Rumah Hantu Darmo pun dijadikan tempat lokasi syuting acara horor, seperti “Mr.Tukul” dan “Dua Dunia”. Namun, terlepas benar atau tidaknya kisah tersebut, bukan tanpa alasan jika bangunan ini disebut sebagai Rumah Hantu Darmo. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
0SHARES