Kisah 5 Wanita Terkejam dalam Mitologi Ini Bikin Kita Bertanya-tanya Tentang Kemanusiaan!

21 Januari 2018
|Galih Wisnu Brata

Mitologi senantiasa mewarnai kehidupan manusia di berbagai penjuru dunia. Berbagai tokoh dengan sifat yang beragam muncul dalam setiap mitologi. Ada yang tampan, cantik, ada pula yang kejam nan bengis. Nah, kali ini kita akan membahas 5 wanita terkejam yang ada dalam berbagai mitologi di dunia ini. Mau tahu kisahnya? Simak yuk informasinya.

1. Jezebel

Dikisahkan bahwa Jezebel adalah seorang putri raja sekaligus pendeta Phoenisia, Ethbaal. Ia memiliki paras yang rupawan. Kecantikannya tersebut membuat Raja Ahab menjadikannya istri. Sayangnya, wajahnya yang cantik tidak diikuti oleh hatinya yang cantik. Jezebel menghasut suaminya untuk tidak menyembah Tuhan. Selain itu, Jezebel juga menjadi dalang dalam penyiksaan Nabi Eliya.

Kekejamannya pun berakibat buruk pada dirinya dan keluarganya. Sang suami tewas dalam perang yang kemudian disusul oleh semua anaknya. Jezebel pun menyusul keluarganya karena dijatuhkan dari jendela istananya. Mayatnya rusak karena terinjak-injak dan dimakan anjing.

2. Medea

Dalam literatur Yunani pra-Homeris, Argonoutika, terdapat salah satu kisah putri yang bernama Medea. Medea merupakan putri dari Raja Aeetes. Suatu hari ia jatuh cinta dengan seorang lelaki bernama Jason. Keduanya pun menikah. Namun, suatu hari sang ayah dan sang suami berseteru karena suatu alasan. Medea memutuskan untuk berada di pihak Jason, suaminya. Dengan kekuatan sihirnya yang mumpuni, Medea berhasil menumpas pasukan naga milik sang ayah. Ia pun menghasut saudaranya, Pelias, untuk membunuh sang ayah.

Tak disangka, suami yang dibelanya mati-matian justru main serong. Kemarahannya membuat Medea mengirim sebuah jubah kepada suami dan selingkuhannya. Suami dan selingkuhannya tewas terbakar karena jubah itu. Setelah itu, Medea menghabisi ke-14 keturunannya. Akhir hidup Medea masih menjadi misteri karena banyak versi cerita yang muncul.

3. Karina

Kisah Karina muncul dalam literatur kisah Raja Sulaiman. Pada suatu hari, saat Raja Sulaiman melakukan perburuan di gurun pasir, ia mendapat sesosok wanita cantik yang tanpa busana. Si wanita mengancam Raja Sulaiman bahwa barangsiapa yang berani berburu di wilayahnya akan dibinasakan. Wanita itu juga menyombongkan diri bahwa tak ada yang bisa mengalahkan dirinya di dunia ini, kecuali malaikat. Kemudian, Raja Sulaiman berdoa agar diturunkan malaikat. Saat malaikat turun, wanita itu berubah wujud menjadi iblis yang dikenal dengan nama Karina. Karina digambarkan sebagai ibu dari anak-anak yang mati dan sumber berbagai wabah dan kemaksiatan. Kemunculannya juga sering dikaitkan dengan keguguran.

4. Kali

Kali merupakan salah satu dewi dalam agama Hindu yang juga istri dari Dewa Siwa. Ia diceritakan memiliki wajah yang menyeramkan dan berkulit hitam. Kali juga dijadikan lambang kematian. Dewi yang berkalung tengkorak dan ular ini selalu menjulurkan lidah sebagai tanda bahwa tiada hari tanpa kematian. Dalam agama Hindu, ia bersama suaminya memang bertugas untuk melebur makhluk yang sudah tak pantas hidup.

Sepuluh tangan yang dilengkapi dengan berbagai senjata digunakannya untuk menyiksa orang. Kali akan memotong tubuh targetnya dan setelah itu ia kan menari-nari di atas potongan tubuh tersebut. Untuk menghormati dan meminta keselamatan darinya, masyarakat India mengadakan upacara khusus yang disebut Durja Puja.

5. Salome

Dikisahkan bahwa Salome adalah seorang yang cantik dan pandai menari. Nama Salome tercatat dalam kitab Injil. Salome adalah putri dari Herodias, istri dari Raja Herodes. Salome menjadi penyebab kematian Yohanes.

Sebelumnya, Yohanes pernah ditangkap oleh Herodes karena menegur sang raja terkait pernikahannya. Yohanes menegur Herodes karena ia mengambil Herodias, istri dari saudaramya sendiri. Namun, Yohanes dibebaskan karena Herodes segan padanya. Namun, ternyata Herodias masih menaruh dendam pada Yohanes. Pada suatu kesempatan, saat Herodes mengadakan pesta, ia mengatakan bahwa penari yang membuatnya puas akan dikabulkan permintaannya. Herodias menyuruh Salome untuk tampil. Salome pun memikat hati sang raja. Ia diberi satu permintaan. Salome bertanya kepada sang ibu. Ibunya mengatakan kepada Salome bahwa ia harus meminta kepala Yohanes yang diletakkan di piring. Raja pun mengabulkan permintaan tersebut karena telanjur berjanji.

Kejamnya perilaku para wanita mitologi itu bikin bergidik ya? Bagaimanapun, mereka hanyalah bagian dari mitologi dan kisah lama dalam kitab-kitab. Meski memang sekarang banyak beredar berita tentang kekejaman ibu yang menyiksa maupun membuang anaknya, namun percayalah, masih banyak wanita baik di muka bumi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memento mori"
SHARES