Inilah Wujud 9 Benda Tertua yang Pernah Ditemukan Oleh Arkeolog

25 Maret 2017
|Reza Pratama
0SHARES

Kita memang hidup di zaman yang dipenuhi berbagai macam benda yang mempermudah kehidupan kita. Tapi kadang kita gak pernah berpikir bagaimana wujud benda sehari-sehari pada zaman dulu kala. Tentunya banyak benda-benda rumah yang sudah digunakan oleh orang-orang ribuan tahun yang lalu. Seperti sendok, garpu, pisau dan lain-lain. Seiring berkembangnya zaman, benda-benda rumah tersebut mengalami perubahan desain dengan berbagai macam bentuk. 

Mungkin kalau ribuan tahun yang lalu, pisau hanya ada satu jenis. Namun di aman sekarang pisau memiliki berbagai macam jenis dan fungsi. Seperti pisau daging, pisau makan, pisau belati dan lain-lain. Di bawah ini ada beberapa benda sehari-sehari tertua yang berhasil ditemukan oleh para arkeolog. Kira-kira seperti apa ya wujudnya? Yuk kita lihat.

1. Kacamata tertua berumur 800 tahun

Kacamata hitam tertua ini ditemukan di Pulau Baffin, Kanada. Kacamata ini digunakan ratusan tahun lalu untuk melindungi mata dari sinar matahari yang terik.

2. Kaus kaki tertua berumur 1,500 tahun

Kaus kaki tertua ini ditemukan di dataran Mesir. Kaus kaki ini berbahan dasar benang wol yang digunakan dengan sandal dan dibuat antara tahun 300 sampai 499 Masehi. Dan kaus kaki tua ini ditemukan pada abad ke-19.

3. Sepatu tertua berumur 5,500 tahun

Sepatu kulit berumur ribuan tahun ditemukan pada tahun 2010 di salah satu gua di Armenia. Sepatu ini terbuat dari bahan dasar kulit lembu dan hanya ditemukan bagian kanannya saja. Sepatu tua ini di dalamnya berisi rumput dan pupuk kandang domba yang digunakan sebagai pengawet.

4. Celana panjang tertua berumur 3,300 tahun

Celana panjang bermotif ini ditemukan di Cina bagian barat. Diperkirakan usia celana panjang ini sekitar 3,300 tahun. Celana panjang tua ini berbahan dasar wol dan memiliki pola yang teratur. Diyakini celana panjang ini milik suku pedalaman Asia.

5. Bra tertua berumur 500 tahun

Bra tertua di dunia ini dipakai oleh seorang perempuan dari Austria pada tahun 1390-1485. Ketika ditemukan kondisi bra sudah dalam keadaan compang-camping. 

6. Tas tertua berumur 4,500 tahun

Tas tertua ini ditemukan tak jauh dari kuburan di Jerman. Mungkin dari luar telihat tidak seperti tas, namun menurut arkeolog deretan gigi anjing ini adalah aksesoris yang ditempel di bagian luar tas. Tas ini diperkirakan telah berusia 4,500 tahun. 

7. Sisa permen karet tertua berumur 5,000 tahun

Sepotong permen karet ditemukan seorang arkeolog muda asal Inggris pada tahun 2007 silam. Sisa kunyahan permen karet ini diduga berumur 5,000 tahun. Permen karet tua ini terbuat dari kulit kayu Birch. Pada permen karet ini juga ditemukan cetakan gigi manusia.

8. Ganja tertua berumur 2,700 tahun

Ganja ternyata sudah digunakan oleh orang-orang ribuan tahun yang lalu. Tepatnya pada tahun 2008, sebuah ganja seberat 2 pon ditemukan di Gurun Gobi, Mongolia. Arkeolog menduga jika ganja yang ditemukan bukan untuk dihisap, namun untuk dijadikan bahan baju. Jenis ganjanya pun hampir mirip dengan ganja yang beredar saat ini. 

9. Kondom tertua berumur 370 tahun

Salah satu alat kontrasepsi, yaitu kondom ditemukan di Swedia. Diperkirakan kondom yang bisa digunakan berkali-kali ini telah berusia 370 tahun. Kondom tua ini terbuat dari kulit domba dan berbahan dasar agak tebal jika dibandingkan dengan kondom di zaman sekarang.

Itulah 9 benda yang diperkirakan menjadi benda tertua yang ditemukan oleh arkeolog. Dari sini kita bisa sedikit membayangkan bagaimana wujud pertama dari benda yang biasa kita gunakan sehari-hari. Mungkin masih ada banyak benda sehari-hari lainnya yang belum ditemukan sampai sekarang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
100 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES