Inilah Wisata Mistis yang Populer di Banyuwangi. Bikin Kamu Terkejut Mendadak!

12 Agustus 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Banyuwangi menjadi salah satu destinasi wisata tanah air yang banyak mencuri perhatian para wisatawan dalam atau luar negeri. Bukan hanya pantainya yang indah,Banyuwangi juga memiliki beragam pesona alam yang wajib untuk kamu kunjungi. Salah satu yang terkenal dari Banyuwangi adalah pesona blue fire di Kawah Ijen. Namun, selain menawarkan keindahan yang dapat membuat kamu takjub, Banyuwangi juga punya beberapa tempat wisata yang terkenal dengan kisah mistis di dalamnya. Nah, di bawah ini adalah rangkuman tempat-tempat wisata yang terkenal angker. Buat kamu yang mau ke sini, baca dulu kisahnya agar kamu bisa siapkan nyali dan mental yang lebih. YuKepo! 

1. Keraton macan putih

Keraton ini merupakan salah satu situs sejarah yang dianggap menjadi tempat sakral oleh warga Banyuwangi. Dulunya situs ini merupakan ibu kota dari Kerajaan Blambangan sekitar tahun 1655 sampai 1691. Situs ini juga sudah terabaikan dari perhatian pemerintah yang harusnya dijadikan sebagai cagar budaya. Terlepas dari itu semua, konon tempat ini dipercaya sebagai tempat menghilangnya Prabu Tawang Alun secara misterius dan kembali kepada Tuhan. Warga setempat kemudian menyebut kejadian misterius itu sebagai “muksa”. Kemudian para ahli supranatural juga mempercayai tempat ini dijaga oleh seekor macan putih gaib.

2. Rowo Bayu

Tempat ini dulunya menjadi salah satu saksi sejarah saat peperangan antara Belanda dengan Kerajaan Blambangan. Beruntunglah perang itu dimenangkan oleh Kerajaan Blambangan yang kemudian muncul Kabupaten Banyuwangi yang berdiri pada tahun 18 Desember 1771. Peperangan yang kelam ini juga meninggalkan kisah mistis. Salah satunya adalah sosok Nyai Resek yang dianggap sebagai penunggu rawa ini. Sosok Nyai Kresek biasanya muncul dengan para prajuritnya.

3. Pantai Boom

Pantai ini dulunya merupakan pelabuhan utama yang ada di Banyuwangi. Pantai ini masih dijadikan pelabuhan sampai sekarang meskipun sudah tak seramai dulu. Kisah mistis di Pantai Boom ini berawal dari tragedi dengan korban jiwa sejumlah 26 orang karateka dari Institut Karete-Do Indonesia (INKAI). Konon, 26 orang tersebut sedang berlatih karate kemudian diterjang oleh ombak besar hingga terseret dan tak terselamatkan. Kejadian mistis di tempat ini sering dikaitkan dengan para korban tragedi tersebut.

4. Taman Nasional Alas Purwo

Taman yang dipenuhi dengan pohonan rindang ini, selain indah juga terkenal angker. Alas Purwo juga dipercaya sebagai tempat tinggal para jin dari berbagai daerah. Kabarnya, siapapun yang mencoba masuk ke sini, tak akan pernah bisa kembali dengan keadaan selamat. Namun, masih banyak orang yang mencoba datang ke tempat ini dan bersemedi di dalam gua untuk mempelajari ilmu hitam.

5. Watu Dodol

Tempat wisata ini sudah ada sejak zaman dahulu dan berdasarkan sejarahnya bunker milik Jepang ini menjadi salah satu tempat untuk mengintai musuh. Namun bunker yang dianggap kecil ini bisa tembus hingga ke Taman Nasional Alas Purwo. Selain itu, para warga setempat sering menyaksikan patung Gandrungan yang terletak di Watu Dodol ini bisa menari saat malam hari. Kemudian ada sebuah sumur yang rumornya dipercaya memiliki khasiat yang hebat.

Bagaimana apa kamu pernah dengar cerita mistis di atas? Kebenaran kisah ini pun masih diragukan, tapi legenda turun-temurun ini dipercaya oleh sebagian warga lokal. Meski pun angker, Banyuwangi selalu menawarkan keindahan yang tak akan pernah membosankan dan akan selalu menjadi tempat  wisata yang menyenangkan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES