Inilah "Urban Legend" dalam Video Game yang Masih Menyisakan Misteri!

creepypasta.wikia.com

Bermain video game merupakan salah satu hobi yang paling banyak diminati orang. Ketika bermain video game, para pemain serasa dapat masuk ke dunianya sendiri dan bisa berperan sebagai apa pun, seperti atlet olahraga, polisi, atau bahkan menjadi tokoh-tokoh yang hanya ada dalam dunia fantasi. Segala permasalahan dunia nyata yang membuat penat pun terkadang jadi terlupakan sehingga kita seringkali lupa waktu ketika sudah asik bermain video game.

Di balik kepopulerannya, ternyata dunia video game pun memiliki urban legend yang masih menyisakan misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang. Beberapa di antaranya diduga terkait dengan hal yang berbau mistis, keisengan developer game, dan bahkan sampai ada yang mengaitkannya dengan konspirasi dari pemerintah. Di bawah ini, kamu bisa baca beberapa informasi tentang urban legend dalam video game yang banyak dibicarakan orang. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Mario Bros adalah seorang pembantai massal (Super Mario Bros).

plannedallalong.blogspot.co.id

Video game "Super Mario Bros" adalah salah satu video game yang sudah tidak asing dengan para gamers dari generasi 90-an. Game retro yang masih laris hingga sekarang ini memang sudah menghiasi masa kecil dari banyak orang. Dengan didukung oleh soundtrack yang ikonik, game ini menyajikan permainan petualangan yang bisa dikonsumsi oleh kalangan dari berbagai usia, khususnya anak-anak.

Akan tetapi, tahukah kamu ada sesuatu yang mengejutkan jika kamu membaca manual dalam" Super Mario Bros" versi Nintendo di generasi awal? Dalam deskripsi yang tertera di manual tersebut, disebutkan bahwa seluruh penduduk Kerajaan Jamur dikutuk menjadi batu bata oleh musuh utama Mario, yakni Koopa. Buat kamu yang udah pernah main game ini, tentunya kamu tahu kalau pemain bisa menghancurkan batu bata untuk mendapatkan item atau hanya untuk sekadar iseng saja. Dengan kata lain, setiap kamu menghancurkan satu batu bata, kamu telah membunuh penduduk kerajaan jamur dalam video game ini. Jadi, bukankah Koopa dan Mario Bros itu sama-sama jahat?

2. Sindrom Kota Lavender (Pokemon Red dan Pokemon Green).

www.youtube.com

Permainan "Pokemon Red" dan "Pokemon Green" merupakan salah satu game paling populer di generasi 90-an. Video game yang pertama kali diluncurkan di Jepang ini sempat diduga menjadi penyebab dari kasus bunuh diri pada anak-anak di sana. Konon, hasrat bunuh diri itu timbul ketika para pemain mulai memasuki Kota Lavender yang ada di dalam game tersebut. Musik yang diperdengarkan saat di kota itu kabarnya dapat membuat pemain—terutama yang masih anak-anak—mengalami rasa sakit kepala yang hebat dan dapat memicu keinginan untuk bunuh diri. Di atas kamu bisa denger musiknya, tapi jangan lama-lama ya! Ngeri!

3. Game yang bisa menghapus dirinya sendiri (Killswitch).

www.youtube.com

"Killswitch" adalah video game yang diluncurkan oleh perusahaan game dari Soviet yang bernama Karvina Corp. Video game yang muncul pada tahun 1989 ini memiliki fitur yang tidak wajar, yakni akan menghapus data video game tersebut secara otomatis jika pemain dapat menamatkannya. Alhasil, video game ini pun menjadi sangat langka.

Cara memainkan permainan ini, pertama-tama pemain harus memilih salah satu karakter antara seorang gadis atau iblis yang tak kasatmata. Setelah itu pemain harus menavigasi tambang batu bara yang menjadi latar dalam game. Setelah tamat, seperti yang telah disebutkan di atas, pemain tidak dapat lagi memainkan game ini karena data akan terhapus dengan sendirinya.

Suatu waktu, seorang warga Jepang bernama Yamamoto Ryuichi pernah membeli video game langka ini di situs eBay dengan harga 733.000 USD (US Dollar). Dia pun menyatakan bahwa dia akan merekam saat dia memainkan video game itu untuk ditayangkan di Youtube. Akan tetapi, saat dia memposting videonya, yang terlihat hanyalah Ryuichi yang sedang menangis ketakutan saat sambil menatap layar komputer.

4. Kaset misterius (Legend of Zelda: Majora’s Mask).

www.polygon.com

Suatu saat, pernah ada seseorang yang mendapatkan sebuah kaset bekas dari Nitendo 64 yang di atasnya tertera tulisan “Majora”. Saat dia mulai memainkan video game tersebut, ternyata sudah ada data save dari pemain sebelumnya dengan nama Ben. Pemain itu pun memilih slot data yang masih kosong dan memulai permainan baru.

Akan tetapi, anehnya, karakter yang dimainkan ditampilkan dengan figur tubuh yang aneh dan tak sempurna atau dengan kata lain, seperti orang yang menderita cacat. Selain itu, para NPC (non-playable character) dalam permainan tersebut memanggil pemain dengan nama Ben meskipun nama karakternya bukan Ben. Maka dari itu, dia pun menghapus data game dengan nama “Ben” tersebut dan melanjutkan permainannya di data dia sendiri. Akan tetapi, pada saat itu justru timbul keanehan lagi. Musik dalam game berubah menjadi menyeramkan dan ada patung replika karakter berwajah seram yang akan selalu mengikuti karakter utama.

Karena takut, pemain itu pun kembali ke menu utama dan terkejut saat melihat data bernama Ben muncul kembali dan di bawahnya terdapat data save yang lain dengan tulisan “Drowned” (tenggelam). Setelah itu, dia selalu menemukan keganjilan-keganjilan saat memainkan video game ini, seperti karakter utama yang tiba-tiba terbakar atau tenggelam dan diikuti dengan pesan teks yang mengatakan, “Anda menghadapi nasib yang sial, bukan?”

Suatu saat, karakter utamanya bertemu dengan NPC yang menceritakan bahwa pernah ada anak bernama Ben yang mati karena tenggelam, yakni Ben yang namanya tertera pada data yang tidak bisa dihapus itu.

5. Meninggal dunia jika mencetak skor tinggi (Berzerk).

www.youtube.com

Pada masa keemasan game arcade atau ding-dong di tahun 80-an, ada sebuah permainan keluaran Atari bernama "Berzerk". Kabarnya, dalam permainan ini pemain akan sulit sekali untuk mendapatkan skor yang tinggi. Namun, seorang anak bernama Jeff Dailey yang memainkan ini berhasil mencapai skor 16.660 poin yang dapat dikatakan sebagai skor yang sangat tinggi dalam game tersebut. Dia pun langsung mendapatkan kedudukan skor paling atas dan dia pun mengetikkan inisial namanya pada papan skor dalam game. Mengejutkannya, saat dia baru saja selesai menuliskan namanya, tiba-tiba dia meninggal dunia karena serangan jantung mendadak. Hal ini pun menimpa pada seorang anak bernama Peter Burowski.

6. Game ding-dong pemicu bunuh diri (Polybius).

indieobscura.com

Pada awal tahun 1980, sebuah mesin ding-dong berlabel Polybius tiba-tiba muncul secara misterius di tempat bermain ding-dong yang terletak di Portland. Kabarnya, game ini dapat menyebabkan pemainnya merasa mual-mual, amnesia, kejang, sakit kepala, dan bahkan melakukan tindakan bunuh diri. Konon dalam beberapa malam, penjaga tempat ding-dong sempat melihat beberapa pria dengan pakaian serba hitam mengotak-ngatik mesin Polybius seperti sedang mengumpulkan data. Maka dari itu, sempat beredar rumor bahwa mesin ding-dong tersebut merupakan percobaan rahasia yang dibuat oleh pemerintah.

7. Tiger Lily (Ragnarok Online).

www.midgard-community.com

Kisah ini muncul di server lokal Filipina pada saat "Ragnarok Online" belum disertai dengan fitur Job 2. Para pemain akan menemukan seorang karakter Novice bernama Tiger Lily yang hanya duduk menghadap tembok di pintu masuk menuju Orc Dungeon. Karakter itu hanya duduk diam sepanjang waktu dan sesekali mengeluarkan emoticon dengan beragam ekspresi.

Jika ada yang berani mendekati karakter itu atau mengajaknya chat, karakter itu akan berkata: “PERGI! JANGAN DEKATI AKU! (sambil menyebutkan nama asli dari pemain). Konon, setelah itu koneksi game akan terputus tanpa notifikasi dan dalam beberapa kasus akan disertai juga dengan mati listrik di rumah pemain.

Setelah banyaknya komplain dari para pemain terhadap Tiger Lily, pihak LYTO selaku developer game "Ragnarok" pun melakukan pemeriksaan terhadap karakter Tiger Lily. Ternyata, dia bukanlah NPC, melainkan seorang karakter dari pemain yang terdaftar secara resmi. Konon, pengguna Tiger Lily adalah seorang wanita yang meninggal dunia saat bermain "Ragnarok Online".

Itulah beberapa urban legend dalam video game yang masih menyimpan teka-teki hingga sekarang. Sebenarnya, masih ada banyak loh urban legend dalam dunia game. Akan tetapi, untuk saat ini cukup itu dulu yah. Makanya, ikutin terus berita di YuKepo!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
6 Hal yang Nggak Boleh Disepelekan Saat Usiamu Masih 20-an - Keepodotme

6 Hal yang Nggak Boleh Disepelekan Saat Usiamu Masih 20-an - Keepodotme

Pasar di Afrika Ini Jadi Pusat Benda-benda Mistis. Berani Belanja di Sana?

Pasar di Afrika Ini Jadi Pusat Benda-benda Mistis. Berani Belanja di Sana?

Gak Jadi Mati Saat Coba Bunuh Diri, Pria Ini Putuskan  Operasi  Transplantasi Wajah, Hasilnya Di Luar Dugaan - Keepodotme

Gak Jadi Mati Saat Coba Bunuh Diri, Pria Ini Putuskan Operasi Transplantasi Wajah, Hasilnya Di Luar Dugaan - Keepodotme

Inilah 5 Tempat yang Paling Berhantu di Singapura

Inilah 5 Tempat yang Paling Berhantu di Singapura

Jangan Lakukan Pernikahan Muda Kalau Pasanganmu Masih Hobi 7 Hal Ini! - Keepodotme

Jangan Lakukan Pernikahan Muda Kalau Pasanganmu Masih Hobi 7 Hal Ini! - Keepodotme

Foto-foto Ini Berhasil Menangkap Sosok Grim Reaper Tanpa Sengaja!

Foto-foto Ini Berhasil Menangkap Sosok Grim Reaper Tanpa Sengaja!

loading