Inilah Suku Gaib nan Misterius Tanah Air yang Dipercaya Masih Ada Sampai Sekarang

21 Agustus 2017
|Ani Nur Cholifah
265SHARES

Keragaman suku, tradisi dan budaya di Indonesia menjadi bukti bahwa tanah air ini sangat kaya akan hasil budaya yang sudah ada sejak zaman dahulu. Salah satunya adalah eksistensi suku pedalaman yang masih ada sampai saat ini, termasuk suku-suku yang dipercaya gaib dan misterius yang ada di Indonesia. Keberadaannya mereka memang membuat orang lain penasaran dan sering menjadi tanda tanya besar apakah mereka benar-benar ada atau mereka hanya jelmaan sosok makhluk gaib yang menyamar menjadi manusia? Di bawah ini ulasan tentang suku gaib nan misterius yang masih tersebar dari Sabang sampai ke Marauke. YuKepo!

Suku Limun ini merupakan penduduk yang tinggal di kawasan Padang 12, Ketapang, Kalimantan Barat. Kawasan ini merupakan hamparan tanah kosong yang sangat luas yang ditumbuhi oleh pohon pinus yang tinggi dan rindang. Kawasan Padang 12 ini juga dianggap sebagai salah satu kawasan gaib, karena sosok suku Limun ini tak bisa dilihat oleh sembarangan orang, kecuali orang limun itu sendiri yang ingin menampaKkan wujud mereka kepada manusia biasa.

Berdasarkan kesaksian orang yang pernah melihat, sosok orang Limun ini digambarkan mirip dengan manusia pada umumnya. Hal yang membedakannya, orang Limun ini tidak memiliki belahan yang berada di bawah hidung dengan bagian bibir atas. Namun, ada juga yang menceritakan sosok orang Limun ini adalah jelmaan jin Islam yang baik hati bahkan mereka biasanya akan memberikan kunyit emas yang akan menjadi pertanda baik bagi orang yang menerimanya.

Orang Bunian adalah salah satu suku gaib yang berada di daerah bukit, hutan, dan juga makam-makan Sumatra Barat. Konon, orang Bunian itu biasanya muncul mulai peralihan waktu dari sore ke malam hari yang ditandai dengan adanya aroma yang disebut dengan “Samba Dewa” aroma ini mirip dengan kentang goreng. Wujud orang bunian sendiri konon digambarkan mirip dengan manusia, hanya saja tubuhnya kerdil dan bentuk kakinya terbalik.

Sayangnya, sosok orang Bunian ini tak mudah untuk dijumpai, sehingga tak banyak info mengenai mereka. Namun, hal yang paling mengerikan saat ada seseorang yang bertemu dengan orang Bunian ini di dalam hutan belantara, konon orang tersebut tidak akan selamat. Oleh karena itu, banyak kasus orang yang hilang saat menjelajahi hutan Sumatra.

Pulau Seram, Maluku, ternyata bukan hanya namanya yang seram tapi pulau ini juga memiliki penduduk yang misterius, yakni suku Bati. Bahkan suku ini diketahui memiliki kesaktian yang sangat luar biasa. Mereka bisa terbang seperti binatang pada umumnya yang memiliki sayap. Berdasarkan kisah yang beredar dari masyarakat, konon suku Bati juga bisa mengubah diri mereka menjadi jelmaan musang. Wujud suku ini kabarnya juga bisa melebihi manusia, sehingga saat berubah menjadi musang ia terlihat seperti monster dengan ukuran badan yang lebih kecil.

Itulah beberapa suku gaib yang unik namun misterius. Terlepas dari benar atau tidaknya, ini membuktikan bahwa kita sebagai bangsa yang bukan hanya kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) tapi juga budaya. Oleh karena itu kita juga harus terus tingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia agar kita bisa terus mengolah kekayaan negeri ini secara maksimal.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
265SHARES