Inilah Mitos Tentang Pulau Gunung Wayang sebagai Pulau Keramat yang Bikin Wisatawan Ketakutan

06 Juli 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi incaran para traveler. Hamparan pulau-pulau dengan warna yang cantik ini membuat Lombok sangat menarik hati dan juga memukau. Namun, hal ini juga tak lepas dari mitos yang beredar. Bahkan, ada satu pulau yang konon dianggap sebagai pulau keramat, yaitu Pulau Gunung Wayang. Konon, mitosnya siapa pun yang mencoba untuk mendatangi pulau ini, maka mereka akan meninggal. Nah, berikut ini kisah mistis yang dipercaya oleh masyarakat setempat mengenai pulau menakutkan tersebut.

Pulau Gunung Wayang yang mendapat julukan sebagai pulau keramat ini berada di seberang Pantai Selong Belanak. Pulau yang sekilas terlihat seperti gunung karena berbentuk segitiga ini menjadi salah satu pulau keramat di Lombok. Kita hanya bisa menyaksikan keindahan pulau ini dari kejauhan. Bila memang ingin melihat pulau ini lebih dekat, maka diwajibkan untuk meminta ijin kepada juru adat di Lombok. Jika tidak, maka jangan harap bisa kembali dengan selamat. Keangkeran pulau ini terbukti dengan banyaknya korban jiwa yang ditemukan meninggal karena melanggar hal tersebut sehingga tidak sembarangan orang yang bisa berkunjung ke pulau ini. Keangkerannya juga dipercaya oleh suku Sasak sebagai suku asli Lombok.

Mitos selanjutnya tentang pulau keramat ini adalah konon merupakan tempat tinggalnya para makhluk halus yang menjaga pulau tersebut. Oleh karena itu, banyak para wisatawan yang meninggal di pulau ini tanpa alasan yang jelas. Bahkan, keangkeran tempat ini terbukti dengan adanya korban yang merupakan turis asing. Turis tersebut diketahui sebagai seorang perselancar. Rasa keingintahuannya tentang pulau ini membuat ia datang mendekati pulau tersebut meskipun ia sempat dilarang oleh warga setempat. Naas, turis asing tersebut meninggal tanpa sebab yang jelas. Hal ini semakin memperkuat mitos tentang keangkeran dari Pulau Gunung Wayang ini.

Keangkeran tentang pulau yang sudah mendarah daging bagi warga setempat ini juga dituturkan oleh seorang pemandu wisata bernama Bobby Anafi. Saat dirinya memandu beberapa wisatawan, ia menuturkan bahwa Pulau Gunung Wayang ini memang dianggap keramat meskipun ia tidak tahu pasti apa penyebab wisatawan yang berkunjung ke pulau ini bisa bernasib naas. Namun, tidak sedikit korban jiwa yang bernasib naas saat mendekati pulau ini. Bahkan, penduduk lokal juga nggak ada yang berani melanggar aturan tersebut.

Percaya atau tidak tentang mitos di pulau ini, ada baiknya kita tidak melanggar kepercayaan yang diyakini oleh masyarakat lokal. Mitos yang beredar juga merupakan bentuk dari kearifan lokal yang harus kita sikapi dengan bijaksana. Nah, buat kamu para traveler, budayakan untuk selalu taat dengan aturan dan menjaga kebersihan alamnya saat kamu mengunjungi suatu tempat ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES