Inilah Mitos tentang Pantai Parangtritis yang Masih Banyak Dipercaya oleh Masyarakat Yogyakarta

20 Juni 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Parangtritis mungkin menjadi salah satu kawasan pantai yang terkenal di Yogyakarta sejak dulu. Desiran ombak dan keindahan Pantai Parangtritis yang khas dari pesisir pantai ini juga selalu menarik perhatian para wisatawan domestik dan mancanegara. Namun, di balik keindahannya ini, Pantai Parangtritis masih diselimuti oleh kisah misteri yang kental dengan aura mistis. Bahkan, pantai ini sering dikaitkan dengan kisah Nyi Roro Kidul. Nah, apa sajakah misteri yang terdapat di pantai ini? Berikut ini ulasannya. 

1. Tradisi Labuhan untuk menyejahterakan warga

Keterkaitan antara keraton dengan kerajaan gaib yang berada di Pesisir Selatan yang masih dipercaya ini memunculkan sebuat tradisi adat yang unik. Tradisi tersebut bernama “Labuhan” yang sudah dilakukan sejak zaman Sultan Hamengkubuwono I.  Tradisi Labuhan ini biasanya dilakukan saat acara-acara tertentu, seperti windon (setiap delapan tahun) di mana tanggal tersebut dijadikan sebagai hari ulang tahun penobatan sultan. Tradisi yang dilakukan dengan memberikan sesajian di Pantai Parangtritis ini juga biasanya dilakukan bila Sri Sultan Yogyakarta memiliki hajat tertentu, misalnya putera-puteri mereka menikah atau acara khusus lainnya. Hal ini dilakukan karena masyarakat dan kesultanan percaya bahwa tradisi ini bisa menyejahterakan warganya.

2. Larangan memakai baju hijau

Selain Pelabuhan Ratu, Pantai Parangtristis juga memiliki larangan untuk memakai baju berwarna hijau apabila mengunjungi tempat ini. Mitosnya, warna hijau adalah warna favorit Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul. Terutama bagi para pria yang berpakaian hijau kemungkinan besar bisa dijadikan bagian dari pegawai di Kerajaan Nyi Roro Kidul. Ini adalah salah satu alasan yang beredar kenapa Nyi Roro Kidul digambarkan dengan pakaian berwarna hijau.

3. Mitos adanya gerbang kerajaan gaib Nyi Roro Kidul

Wilayah Parangtritis yang terletak Pantai Selatan ini konon mitosnya merupakan kerajaan laut tempat bersemayamnya Nyi Roro Kidul. Bahkan, pantai ini menjadi salah satu aksesi gerbang menuju kerajaan gaib tersebut. Kemudian, sosok Nyi Roro Kidul ini juga berkaitan dengan Kesultanan Yogyakarta sehingga para Sultan Yogya harus menjaga komunikasi dengan Kanjeng Ratu agar kehidupan warga Yogyakarta tetap aman.

4. Pencarian jasad orang yang tenggelam

Pesona dan deburan ombak khas di pantai ini juga sering memakan korban. Bahkan, tak sedikit pengunjung yang menjadi korban di kawasan Parangtritis hingga muncul himbauan dari pemerintah langsung agar para pengunjung tidak mandi atau bermain terlalu jauh dari bibir pantai. Rata-rata korban yang tenggelam akibat gulungan ombak ini biasanya nggak bisa kita temukan di hari yang sama. Setelah beberapa hari kemudian barulah jasad korban itu akan muncul dengan sendirinya dari lokasi yang masih berdekatan dengan tempat korban menghilang. Hal ini kemudian dikaitkan dengan Nyi Roro Kidul yang sedang menyandera korban tersebut untuk beberapa hari.

5. Misteri hisapan ombak yang bisa dijelaskan secara ilmiah

Terakhir adalah kisah mengenai hisapan ombak di mana setiap orang akan terbawa ombak karena berada jauh dari bibir pantai. Hilangnya para korban ini dikaitkan dengan hal yang sama dengan paragraf sebelumnya. Padahal, secara ilmiah dijelaskan hal tersebut terjadi karena adanya rip current.

Rip current itu sendiri memiliki arti gelombang air yang datang dari tengah laut yang kemudian membentur pantai dan akan kembali lagi ke laut. Lalu, arus itu akan semakin kuat dengan bertemunya gelombang arus yng lain di mana kecepatan tersebut bisa mencapai 80 km/jam. Arus inilah yang sangat berbahaya bila didekati, terutama bagi para korban yang terseret arus ini yang biasanya akan melawan untuk bisa keluar dari hisapan ombak. Nah, justru kalau kamu melawan ombak tersebut, secara otomatis ombak ini akan semakin membawa korban lebih jauh lagi.

Apakah kalian masih termasuk orang yang percaya tentang mitos-mitos di atas? Terlepas dari benar atau tidaknya tentang mitos yang masih menjadi misteri ini, salah satu yang harus kita perhatikan saat mengunjungi pantai adalah jangan pernah melanggar peraturan demi menjaga keselamatan diri kamu. Jangan sampai niat awal untuk liburan ke pantai ini justru menjadi kabar duka. So be careful guys!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES