Inilah Mitos Mengerikan yang Masih Dipercaya Warga Korea Selatan yang Bisa Membuatmu Ketakutan

02 September 2017
|Ani Nur Cholifah
77SHARES

Korea Selatan adalah negara yang sangat dikenal dengan industri hiburan yang telah mendunia. Bukan hanya itu, Korea Selatan juga menciptakan berbagai macam produk yang sudah merambah pasar dunia, terutama produk kecantikan seperti Nature Republic, Etude dan lainnya. Namun, di balik kecanggihan dan majunya negara ini, warga Korea Selatan masih memercayai beberapa mitos yang seakan-akan sudah melekat dan menjadi bagian dari budaya, seperti yang terjadi di Indonesia.

Nah, berikut ini mitos-mitos yang terkesan menyeramkan dan aneh tapi masih dipercaya warga Korea. Kira-kira ada nggak ya mitos-mitos di sana yang mirip kayak di Indonesia? Langsung aja YuKepo!

1. Angka 4 pada lift bisa pertanda sial dan kematian

Kamu yang pernah mengunjungi Korea mungkin akan melihat kejanggalan saat menaiki lift. Biasanya setiap lift di sana tidak ada angka 4, melainkan diganti dengan huruf F. Mitosnya angka 4 ini dipercaya sebagai simbol kematian atau kesialan. Oleh karena itu, di sana tak ada lift angka 4 karena takut akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Awal muasal mitos ini dipengaruhi dari negera sebelah, yakni Tiongkok yang kemudian juga diadaptasi oleh sebagian warga Korea. 

2. Mata bisa menjadi buta apabila memegang serangga kemudian mengucek bagian mata

Secara medis sebenarnya kebutaan tak disebabkan oleh pengaruh dari tangan kita ketika menyentuh serangga. Faktanya kemungkinan besar tangan kita akan gatal bila bersentuhan dengan serangga-serangga tertentu. Namun, nyatanya mitos ini masih diercaya oleh warga Korea karena mitos ini sudah ada sejak zaman dahulu.

3. Arwah jahat akan selalu menghantui walaupun sudah pindah rumah

Kepercayaan akan mitos ini tergantung kepada diri seseorang tentang makhluk gaib atau pun roh jahat. Berdasarkan cerita, mitos tentang roh jahat ini dipengaruhi oleh tanggal-tanggal tertentu di mana roh jahat tersebut sedang bermunculan. Oleh karena itu, perusahaan atau orang yang percaya akan roh jahat biasanya tidak akan melakukan pindahan jika tanggal itu bertepatan dengan tanggal berwarna kuning pada kalender.

4. Memberikan sepatu kepada orang yang disayang sebagai hadiah bisa membuatnya menjauh

Mitos ini mungkin mirip dengan Indonesia, bedanya, kalau di negara kita yang nggak boleh dikasih adalah pakaian. Namun, itu semua hanya mitos belaka yang beredar di kalangan masyarakat. Tapi mitos ini masih dipercaya khususnya kalangan anak muda di Korea Selatan. Mereka tak akan pernah memberikan sepatu baru atau bekas kepada orang yang mereka sayang termasuk pacar, karena takut nantinya akan putus.

5. Bersiul saat malam bisa mendatangkan hantu ataupun ular

Bukan hanya bersiul, ternyata sebagian warga Korea ini percaya kalau setiap alat musik tiup yang dimainkan malam hari bisa mendatangkan hantu atau pun ular. Nah, kalau ada acara konser gimana nih ya? Itu semua kembali kepada kepercayaan.

Boleh dipercaya atau tidak deretan mitos di atas. Itu semua kembali kepada kepercayaan masing-masing, karena mitos tersebut mirip dengan Indonesia yang sudah ada secara turun temurun dan diyakini oleh sebagian warganya. Selama mitos itu memang memiliki alasan yang baik, tak apa kita patuhi, tapi juga harus masuk akal sehingga bisa diterima oleh logika.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
77SHARES