Inilah Mitos di Balik Reog Ponorogo yang Sudah Terkenal Hingga Penjuru Dunia

19 Juli 2017
|Ani Nur Cholifah
2.3 KSHARES

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dari berbagai daerah. Reog Ponorogo yang berasal dari Jawa Timur ini merupakan salah satu bukti kekayaan Indonesia yang berhasil mendunia dalam seni tari. Topeng harimau yang dihiasi dengan keindahan bulu merak ini menjadi ciri khas tersendiri. Hal ini membuat setiap penonton kagum namun penasaran. Di balik kehebatan Reog Ponorogo yang terkenal ini ternyata masih menyisakan hal-hal mistis yang mungkin belum banyak diketahui orang awam. Nah, berikut ini rangkuman tentang mitos yang telah beredar tentang Reog ponorogo. 

Banyak versi tentang mitos Reog Ponorogo, salah satunya yang paling di kenal adalah versi dari Ki Ageng Kutu. Konon berdasarkan versi ini Reog Ponorogo adalah sebuah bentuk sindiran untuk seorang Raja Majapahit. Berdasarkan rumor yang beredar Reog ini pertama kali ditemukan oleh seorang pejabat pada Kerajaan Majapahit, Ki Ageng Kutu. Ki Ageng merasa dirinya kecewa pada sang raja yang saat itu sedang menjabat bernama Bhre Kertabhumi sekitar abad ke-15. Menurut Ki Ageng ia merupakan seorang raja yang tidak memiliki jiwa kepemimpinan yang tegas. 

Kemudian Ki Ageng menyusun rencana untuk memberontak sang raja dengan mengajarkan ilmu kanuragan di padepokannya. Ternyata siasat Ki Ageng itu sudah diketahui oleh sang raja dan melarang hal tersebut. Ki Ageng tahu bahwa ia dan pasukannya tak akan menang melawan sang raja. Kemudian Ki Ageng menciptakan Reog dan Warok sebagai sebuah kesenian berbentuk sindiran kepada raja. Meskipun hal ini sudah sempat dilarang oleh sang raja, tapi para prajurit Ki Ageng tetap mempelajarinya secara diam-diam hingga kesenian tersebut menjadi populer di kalangan masyarakat.

Dadak Merak atau Singobarong yang menjadi ikon utama pada Reog ini selalu membuat kagum penontonya. Topeng yang beratnya diperkirakan bisa lebih dari 50 kg ini adalah topeng terbesar dan terberat yang ada di dunia. Setiap orang yang akan bermain di balik topeng tersebut biasanya akan melakukan ritual khusus dan juga latihan yang rutin untuk bisa mengangkat topeng tersebut hanya dengan gigi.

Ritual khusus yang dilakukan inilah yang sangat kental dengan aura mistis. Ada salah satu versi yang mengatakan kalau Singobarongan ini adalah wujud dari dua binatang yaitu harimau dan burung merak yang menjadi satu karena persyaratan dari Dewi Songgolangit saat akan menerima lamaran dari sang Prabu Klono Sewandono. Namun hal yang terpenting dalam Singobarongan ini menyimbolkan sebuah kekuatan terbukti melalui pembarong (orang yang memainkan topeng Singabarongan).

Terlepas dari beragam mitos dan kisah dari berbagai versi yang beredar. Reog Ponorogo merupakan sebuah warisan leluhur yang membuat bangsa ini kaya akan budaya yang harus kita terus lestarikan. Untuk memainkan Reog ini juga tak sembarangan orang bisa. Meskipun sangat kental dengan aura-aura mistis tapi Reog mampu memukau seluruh dunia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
2.3 KSHARES