Inilah Misteri Sosok Nyi Roro Kidul Penunggu Kawasan Pelabuhan Ratu yang Sakti Mandraguna

10 November 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Pelabuhan Ratu merupakan salah satu lokasi wisata sekaligus Ibukota Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pelabuhan Ratu selain menjadi wisata bahari juga memiliki pesona pemandangan yang cukup menarik perhatian untuk dikunjungi. Namun, posisinya yang bebrbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat kawasan pantai di Pelabuhan Ratu memiliki deburan ombak yang berbahaya dan sangat ekstrem.

 

Namun, ada yang tak kalah mengerikan dari Pelabuhan Ratu yang berkaitan dengan kisah-kisah mistis dengan sosok penghuni kawasan yakni Nyi Roro Kidul. Konon, kabar mengenai Nyi Roro Kidul ini memang sudah ada sejak lama dan menjadi kearifan lokal warga setempat. Nah, selain sosok Nyi Roro Kidul, pelabuhan ini juga punya beberapa misteri yang mungkin belum banyak diketahui orang. Berikut ini ulasannya yang berhasil YuKepo rangkum dari beberapa sumber. Yuk Kepo!

1. Karang Hawu adalah Singgasana Ratu Kidul

Pelabuhan Ratu memiliki panorama yang cukup indah salah satunya adalah Pantai Karang Hawu yang berada tidak jauh dari Pelabuhan Ratu. Nama Hawu sendiri berasal dari bentuk karang-karang yang menyerupai tungku atau dalam bahasa sunda disebut dengan hawu. Konon, batuan yang tersusun indah dan terumbu karang yang sudah mati di tempat ini dipercaya sebagai singgasana Ratu Kidul sehingga tak banyak orang yang berani mendekat ke kawasan bebatuan ini.

2. Kisah kematian para pelukis Nyi Roro Kidul

Mitos tentang kematian Basuki Abdullah, pelukis naturalis ternama ini juga dikaitkan dengan sosok Nyi Roro Kidul. Sebelum meninggal, beliau telah menyelesaikan lukisan wanita yang dipercaya sebagai gambaran wujud penguasa pantai selatan. Lukisan tersebut pun dianggap keramat dan masih disimpan di kamar Hotel Pelabuhan Ratu.

3. Kamar khusus untuk Ratu Kidul

Saat kamu berkunjung ke sini dan berencana untuk menginap, mungkin bisa coba nuansa berbeda di Inna Samudera Beach. Hotel ini dulunya menjadi salah satu hotel yang sering dikunjungi oleh presiden pertama RI. Namun, kamar nomor 308 selalu mencuri perhatian dan memiliki aura negatif yang sangat kental. Terutama dengan adanya lukisan diri Nyi Roro Kidul dengan gaun hijaunya. Kamar ini dikeramatkan dan dipercaya sebagai kamar khusus untuk Ratu Selatan, Nyi Roro Kidul. Tapi, kamu masih bisa kok berkunjung dan melihat isi kamar ini bahkan pihak manajemen hotel juga mempersilakan para tamu yang ingin melakukan ritual tertentu di kamar ini melalui ijin pihak hotel.

4. Penampakan Nyi Roro Kidul

Penampakan sosok Ratu Selatan ini di kawasan Pelabuhan Ratu ini memang sering dilihat oleh warga setempat. Bahkan kejadian-kejadian mistis juga dikaitkan dengan sosok Nyi Roro Kidul yang sedang meminta tumbal atau hal mistis lainnya. Terlepas dari mitos tersebut, konon ada sebuah batu yang menyerupai sebuah bangku yang sering menjadi tempat munculnya Nyi Roro Kidul.

5. Misteri sosok Ratu Kidul di Gunung Rahayu

Bukan hanya Karang Hawu yang konon jadi tempat munculnya Nyi Roro Kidul, Gunung Rahayu juga konon menjadi salah satu tempat kemunculan Nyi Roro Kidul. Tempat ini bahkan sering didatangi oleh para peziarah yang mitosnya bisa bersua langsung dengan penunggu Pantai Selatan ini. Oleh karena itu, tak sedikit pula para warga yang menjual foto Nyi Roro Kidul untuk dijadikan cinderamata khas Pelabuhan Ratu.

Nah, ternyata banyak mitos berkaitan dengan Nyi Roro Kidul bukan hanya larangan menggunakan baju hijau. Tapi mitos seputar kemunculannya di titik-titik tertentu ini memang menjadi hal yang selalu dipertanyakan. Apakah benar itu sosok Nyi Roro Kidul sang ratu kawasan pantai Selatan. Benar atau tidaknya itu kembali kepada pribadi masing-masing. Hal yang terpenting saat kita berkunjung ke suatu daerah adalah mematuhi peraturan yang berlaku untuk menjaga kearifan lokal setempat.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES