Inilah Kisah Mistis di Balik Keindahan Gunung Bromo yang Masih Dipercaya Masyarakat Lokal

anekatempatwisata.com

Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi wisata dengan pesona alam yang menakjubkan di Kota Malang, Jawa Timur. Keindahannya ini menjadi daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan domestik atau luar negeri penasaran untuk mengunjunginya. Terutama bagi para penikmat sunrise, Bromo adalah tempat yang tepat. Bahkan keindahan di balik gagahnya Bromo selalu membuat setiap orang yang pernah datang selalu rindu dan ingin kembali ke tempat ini.

Namun, di balik itu semua ternyata Gunung Bromo juga dipercaya menyimpan mitos dan kisah misteri yang dipercaya oleh warga setempat. Berikut ini ulasannya, yuk kepoin!

1. Pasir hisap yang sangat berbahaya

phinemo.com

Selain sunrise yang sangat mengagumkan, kamu juga akan terpana bila melihat pesona padang savanna. Sayangnya di sini ada pasir hisap yang cukup berbahaya hingga bisa menghisap manusia dan tak lagi muncul ke permukaan. Kamu harus perhatikan langkahmu baik-baik saat berada di sekitar padang savanna kalau bisa ajak orang yang sudah tahu lokasi ini agar lebih aman dan terhindar dari pasir hisap. Tak sedikit juga kisah di kawasan ini yang tak bisa diterima secara logika karena beberapa kejadian terkesan mistis. Konon, ada kisah Roro Anteng yang bisa melahirkan tanpa proses pembuahan di lokasi ini.

2. Akar gaib yang misterius

www.vebma.com

Selanjutnya adalah mitos tentang akar gaib yang sangat fenomenal dari Gunung Bromo. Berdasarkan penglihatan orang yang mampu melihat dunia gaib, konon kawasan berpasir Bromo ini diselimuti oleh akar. Akar tersebut diduga sebagai pelindung kawasan Bromo sehingga mitosnya bila ada orang yang berniat nggak baik biasanya akan tersesat di kawasan ini. Nah, jaga omongan dan sikap kamu ya kalau berkunjung mau melintas kawan berpasir ini.

3. Istana raksasa gaib yang mewah

www.teropongsenayan.com

Konon mitosnya ada sebuah kisah mistis tentang istana raksasa untuk para makhluk tak kasat mata yang dibangun oleh Ki Bromo. Masyarakat setempat percaya kalau istana gaib yang mewah tersebut di buat saat Bromo sedang mengalami erupsi. Kemudian untuk menyelesaikan istana tersebut, Ki Bromo meminta beragam sesajen seperti palawija dan hasil panen lainnya tanpa memakan korban jiwa. Hal ini mungkin juga tak bisa diterima secara logika. Namun masyarakat setempat beranggapan lain, mitosnya erupsi yang terkesan berbahaya ini merupakan sebuah keberkahan yang dipercaya bisa menjaga kesuburan tanah di lahan pertanian warga.

4. Terdapat benda pusaka yang sakti milik dewa
badrulmozila.files.wordpress.com

Legenda tentang peninggalan benda pusaka milik para dewa yang sudah ada sejak zaman Majapahit. Benda pusaka ini diletakkan di Bromo agar bisa menjaga ketenangan masyarakat setempat. Sehingga bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini enggan untuk melakukan hal-hal aneh karena kekuatan benda pusaka tersebut yang konon kental dengan aura mistisnya.

5. Menjaga sikap agar terhindar dari hal yang tak diinginkan
reportasenews.com

Sebagai seorang traveller tentunya kamu akan banyak dikejutkan dengan pesona keindahan dari setiap tempat yang kamu kunjungi. Nah, banyak sekali aturan dan larangan secara lisan yang dipercaya oleh penduduk sekitar Gunung Bromo ini terkesan mistis. Oleh karena itu, ada baiknya kamu patuhi aturan yang sudah ada jangan sampai melanggarnya demi menjaga hal-hal yang tak diinginkan. Konon banyak kejadian aneh yang sangat misterius dan tak bisa dijelaskan secara akal sehat bila kamu punya niat buruk datang ke tempat ini. 

Mitos-mitos di atas memang terkesan sangat tak masuk akal tapi masih dipercaya oleh masyarakat sekitar kawasan Gunung Bromo ini menjadi bukti kearifan lokal daerah. Di balik keindahan dan kisah mistis tersebut kita bisa belajar untuk selalu menghormati dan mematuhi peraturan dari setiap daerah untuk menjaga hal-hal yang tak diinginkan. Terutama sikap vandalisme (merusak alam secara kasar) yang kini kian marak di beragam tempat wisata alam khususnya. Yuk, perangi vandalisme agar alam ini bisa terus lestari dan dinikmati oleh anak cucuk kita kelak di masa yang akan datang.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Menelisik Keangkeran Gereja Ayam di Magelang yang Menjadi Lokasi Syuting AADC 2

Menelisik Keangkeran Gereja Ayam di Magelang yang Menjadi Lokasi Syuting AADC 2

Ngeri! 5 Tarian Khas Indonesia Ini Dimainkan untuk Memanggil Arwah!

Ngeri! 5 Tarian Khas Indonesia Ini Dimainkan untuk Memanggil Arwah!

Kamu Takut Hantu? Tumbuhan Ini Dipercaya Bisa Usir Mereka yang Seram

Kamu Takut Hantu? Tumbuhan Ini Dipercaya Bisa Usir Mereka yang Seram

Inilah Mitos Gunung Bawakaraeng sebagai Gunung Primadona Sulawesi Selatan

Inilah Mitos Gunung Bawakaraeng sebagai Gunung Primadona Sulawesi Selatan

Inilah Kisah Misteri dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta yang Bikin Ngeri

Inilah Kisah Misteri dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta yang Bikin Ngeri

Perbedaan Vampir Eropa dan Vampir Cina. Menurutmu Sereman Mana?

Perbedaan Vampir Eropa dan Vampir Cina. Menurutmu Sereman Mana?

loading