Inilah Kisah Misterius di Balik Pesona Raja Ampat yang Mungkin Belum Kamu Tahu

24 Mei 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Raja Ampat mungkin jadi salah satu destinasi yang masuk wishlist kalian. Yap, pesona keindahan alam yang masih alami ini berada di Provinsi Papua Barat. Terutama keindahan bawah lautnya yang menjadi surga bagi para penyelam. Hal ini memang sudah nggak perlu kamu ragukan lagi, karena banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara rela menghabiskan uangnya dengan nominal yang cukup besar demi melihat pesona keindahan alam kepulauan Raja Ampat. Keanekaragaman biota laut, ekologi pantai dan budaya hingga kearifan lokal warganya jadi semakin memikat hati para traveler.

Nah, ternyata di balik pesona keindahannya ini Raja Ampat punya misteri berdasarkan kisah dan sejarah yang mungkin belum banyak orang tahu. Apa sih misterinya? Langsung aja nih simak ulasannya yang udah YuKepo siapin buat kamu!

Raja Ampat merupakan kepulauan yang terdiri dari 4 gugusan pulau yang saling berdekatan. Di balik keindahan pulau ini, ternyata Raja Ampat memiliki sebuah legenda dan sejarah yang menarik untuk kita telusuri. Konon, masyarakat setempat mempercayai mitos tentang penemuan 7 butir telur istimewa oleh seorang wanita yang ternyata berisikan pangeran. Kemudian 4 butir telur yang menetas itu menjadi raja yang menguasai empat pulau besar seperti Misool, Waigeo, Salawati dan Batanta. Sedangkan 3 butir telur lainnya terpencar dan beberapa kisah yang ada menyatakan 3 butir telur itu menjadi gundukan bebatuan raksasa.

Selanjutnya adalah kisah mengenai Gua Hantu yang berada di perairan Teluk Kabui. Teluk ini berada di Pulau Waigeo, meskipun menyimpan misteri saat menuju Gua Hantu kamu akan dibuat terpana oleh karang-karang yang membentuk labirin raksasa. Gua ini tersembunyi di balik gugusan pulau-pulau karst.

Kemudian sebuah kisah berasal dari seorang pemuda dan beberapa temannya diantar oleh seorang nelayan bernama David yang memang warga asli Raja Ampat. David sang nelayan mengantarkan sekelompok anak muda ini melewati labirin, kemudian melambatkan laju kapalnya pada satu titik dan David menunjuk ke arah Gua Hantu. Sekelompok anak muda tersebut kemudian penasaran dan bertanya kenapa tempat seindah ini di sebut sebagai Gua Hantu? 

Nah. dari pertanyaan ini David pun menjelaskan bahwa tempat ini dipercaya sebagai tempat tinggal hantu laut. Sosok hantu laut ini juga dipercaya merupakan sosok gurita raksasa. Gurita ini biasanya akan menyerang para kapal nelayan hingga menyebabkan kapal tersebut hancur dan menewaskan para awak kapal. Sayangnya setiap orang yang akan mencari sosok gurita raksasa ini untuk jadi dokumentasi tak pernah ada yang berhasil. Sampai sekarang sosok gurita raksasa itu dianggap mirip hantu yang masih menjadi misteri. Itulah alasan kenapa tempat ini disebut sebagai Gua Hantu karena keberadaan sosok misterius yang masih belum bisa terungkap.

Nah, untuk kalian yang akan berkunjung ke Raja Ampat yuk nabung dari sekarang supaya kalian bisa melihat langsung pesona alam Indonesia yang berada di sana. Jangan lupa juga kalau kalian akan berkunjung ke Teluk Kabui pilihlah nelayan atau nahkoda kapal yang hafal dengan rute melewati labirin raksasa tersebut, kalau nggak kalian bisa nyasar deh.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES