Inilah Deretan Hantu Asal Kalimantan yang Lebih Menyeramkan dari Hantu Pada Umumnya

14 Agustus 2017
|Ani Nur Cholifah
372SHARES

Mendengar kata tentang Kalimantan, sekilas di pikiran kamu pasti yang terbayang adalah Borneo. Nyatanya Borneo dan Kalimantan ini berbeda. Borneo itu merupakan pulau utuh yang meliputi tiga wilayah, yakni Kalimantan yang berada di Indonesia; Sabah, Sarawak dan juga Labuan yang berada di Malaysia; serta Brunei Darussalam. Nah, tiga wilayah tersebut merupakan wilayah Borneo sedangkan Kalimantan sendiri adalah bagian dari wilayah Borneo.

Membahas soal Kalimantan yang sering disamakan dengan Borneo, Pulau Kalimantan ini adalah salat satu pulau yang kaya akan sumber daya alamnya. Namun, Kalimantan juga kental dengan hal-hal yang berbau mistis yakni hal-hal yang berhubungan dengan makhluk halus. Bahkan Kalimantan punya hantu khas yang tak kalah menyeramkan dari hantu Indonesia pada umumnya. Apa saja hantu tersebut? Yuk langsung kenalan di bawah ini biar nggak kepo!

1. Takau

Takau ini dipercaya sebagai salah satu makhluk gaib mitologi yang memiliki kekuatan super berasal Kalimantan Selatan. Bahkan Takau ini bisa berubah menjadi sosok manusia atau hewan, tapi paling sering menjadi seekor kucing. Takau juga dipercaya sebagai hantu yang usil dan suka menggoda manusia.

2. Anak Sima

Hantu ini mitosnya berasal dari sosok bayi yang terlahir dari hubungan di luar nikah, lalu bayi ini dibuang ke hutan atau tempat lainnya. Kemudian bayi tersebut menangis hingga mengundang sosok Takau. Selanjutnya Takau ini merawat bayi-bayi yang terbuang tersebut dan diberikan kekuatan yang sakti mandraguna. Hal mengerikan lainnya dari Anak Sima, yaitu ia merupakan pemburu jantung manusia.

3. Mariaban

Sosok Mariaban ini juga sering disamakan dengan sosok Genderuwo, karena hantu ini memiliki wujud tinggi besar seperti raksasa, namun Mariaban ini berwarna merah dan sering muncul di pelosok desa. Mariaban dipercaya sebagai hantu yang sangat ganas karena dia akan menyerang siapa pun yang mengganggu daerah kekuasaannya. Meskipun begitu, hantu ini juga sering diburu oleh sebagian orang karena dipercaya bisa menjadi jimat untuk menarik lawan jenis.

4. Rabing

Hantu yang satu ini biasa tinggal di sungai angker. Sosok hantu ini dipercaya mirip dengan tikar yang berada di dalam air, dan juga dipercaya mirip dengan seekor penyu. Hal yang menyeramkan dari Rabing biasanya dia akan menyerang orang dengan menyeretnya ke permukaan sungai kemudian dan diputar-putar. Inilah yang berbahaya saat mereka telah menggulung korban, kemungkinan besar korban ini tak akan selamat.

5. Kuyang

Hantu kuyang ini konon berdasarkan cerita turun-temurun dipercaya sebagai sosok wanita yang mendalami ilmu hitam agar selalu tampil cantik. Sayangnya, demi mendapatkan kecantikan tersebut ia harus melewati ritual yang mengerikan dengan meminum darah wanita yang baru melahirkan. Selain itu wujud hantu wanita ini juga sangat mengerikan, karena organ tubuhnya tak dilapisi oleh kulit. Mitosnya, Kuyang ini takut kepada sisir, pisau, dan juga cermin, sehingga masayarakat setempat yang ingin melahirkan biasanya meletakkan benda tersebut di sekitarnya agar tidak diganggu oleh Kuyang.

Indonesia memang memiliki beragam budaya bahkan kepercayaan akan hal-hal mistis seperti hantu khas dari tanah air ini. Terlepas dari benar atau tidaknya ini semua kepada kepercayaan pribadi masing-masing. Nah, apa kamu cerita khas tentang hantu dari daerahmu? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
372SHARES