Heboh Tuyul Tertangkap di NTT Berbentuk Bayi Seukuran Ibu Jari, Beneran Nggak Sih?

12 Januari 2018
|Chandra W.
463SHARES

Hidup di Indonesia berarti siap mendengar kisah mistis dari suara-suara, penampakan, hantu yang mendiami suatu tempat sampai hantu yang dipelihara untuk kekayaan, misalnya tuyul. Berbicara soal tuyul yang pekerjaannya mencuri uang untuk majikannya, baru-baru ini terdengar kabar ada tuyul yang ditangkap di Desa Oeltua, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Tuyul kan makhluk gaib, kok bisa ditangkap ya?

Kabar ini datang dari seorang warga bernama Maria Sae yang telah kehilangan uang dua kali. Maria dan suaminya menyimpan uang di sebuah peti. Pertama saat menjelang Natal, ia yakin uangnya sudah mencapai satu juta rupiah. Namun saat diperiksa hanya tinggal Rp 900.000. Awalnya Maria curiga suaminya sendiri yang mengambil uang tersebut. Tapi itu tidak masuk akal. Masa menyimpan uang lalu mengambil uangnya sendiri? Lagipula suaminya juga yang memegang kunci peti tersebut.

Kedua, pada tanggal 28 Desember 2017 lalu saat keluarga Maria merencanakan akan menggelar pesta tutup tahun, kembali uangnya hilang seratus ribu rupiah. Warga sekitar dan kerabatnya curiga itu adalah ulah tuyul karena kehilangan seperti ini juga sering terjadi di desanya. Atas saran warga dan kerabat, Maria lalu membuat perangkap untuk menangkap tuyul tersebut. Perangkap ini terdiri dari cermin yang diletakkan di atas peti, kelereng di sebelah kanan peti dan karet gelang di sebelah kiri peti. Selain itu, Maria juga menaburkan lada di dalam peti uang tersebut.

Bagaimana tuyul tersebut akhirnya tertangkap, ada dua cerita yang berbeda. Pertama, Maria memergoki ketika sosok yang diduga tuyul itu sedang bermain dengan bayangannya sendiri di cermin. Memang di masyarakat beredar cerita bahwa tuyul bisa dikecoh dengan cermin karena ia akan menganggap bayangan dirinya sebagai temannya. Cerita kedua, anak Maria yang masuk ke dalam ruangan peti itu berada melihat sosok seperti boneka di atas peti dan penasaran lalu mengambilnya. Kabarnya, terasa denyut jantung seperti orang kelelahan di boneka yang mirip jeli itu.

Sosok yang diduga tuyul itu kemudian dimasukkan ke dalam botol. Namun salah satu warga desa sekitar ada yang berpendapat bahwa sosok itu bukan tuyul karena tuyul posturnya mestinya lebih besar dari itu dan berkepala plontos. Makhluk yang tertangkap itu katanya adalah sejenis kurcaci yang sama-sama bekerja mencuri uang untuk orang yang memeliharanya tapi ukurannya lebih kecil seperti boneka anak-anak. Warga juga mengaitkan hal ini dengan kuburan di dekat rumah Maria.

Warganet sendiri ada yang percaya dan ada yang tidak. Ada yang berpendapat bahwa tuyul makhluk gaib dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, lebih-lebih ditangkap. Ya masing-masing pasti punya pendapat sendiri ya. Yang jelas, menurut informasi terakhir, tuyul ini telah dimusnahkan dalam ritual adat setempat. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
463SHARES