Gokil! Makam Keramat di Purwokerto Ini Ada di Tengah Jalan. Nggak Bikin Kecelakaan?

27 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
17SHARES

Makam atau kuburan menjadi tempat bersemayam terakhir seseorang. Biasanya, kuburan ini menempati area tersendiri. Namun, di Purwokerto ada sebuah makam keramat yang nongkrong di tengah jalan. Lho kok bisa? Apa nggak ganggu lalu lintas tuh?

Sebuah makam keramat berukuran 1,5 m x 2 m berdiri gagah di tengah jalan, tepatnya di pertigaan dua ratus meter dari sisi timur Alun-Alun Kota Purwokerto. Kuburan ini dilengkapi dengan pintu kecil berukuran 70 cm. Pintu melengkung menempel di dinding sebelah selatan. Di dinding sebelah barat dan timur terdapat semacam lubang intai.

Berbagai versi cerita menambah misteri makam keramat tersebut. Setidaknya ada empat versi cerita yang beredar di kalangan masyarakat. Cerita versi pertama diungkapkan oleh Karto Suwito, Ketua RT 3 RW 5 Sokanegara yang bertempat tinggal tidak jauh dari makam tersebut. Di dalam makam tersebut bersemayam jenazah Mbah Ragasemangsang. Ragasemangsang dikenal sebagai tokoh protagonis yang sakti mandraguna. Ia tidak bisa mati, kecuali digantung atau dibunuh dengan tidak menyentuh tanah.

Cerita versi kedua menyatakan bahwa makam keramat tersebut berisi jenazah pejuang yang melawan Belanda. Pejuang tersebut kebal dari berbagai senjata. Namun, pejuang tersebut tewas digantung di pohon beringin alun-alun. Warga yang tinggal di sekitarnya pun kemudian menguburkannya secara diam-diam di pinggir jalan.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Deskart Jatmiko, memiliki versi cerita yang berbeda. Ia mengungkapkan bahwa makam tersebut adalah makam Ragasemangsang. Yang berbeda dari versi cerita ini adalah Ragasemangsang bukanlah tokoh protagonis. Ragasemangsang adalah tokoh antagonis yang kebal terhadap segala senjata. Ia dikalahkan oleh Kyai Pekih dengan cara digantung.

Cerita lain yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa makam tersebut adalah makam Kamandaka. Akan tetapi, cerita ini tidak banyak dipercayai oleh masyarakat.

Sebenarnya, makam misterius ini awalnya tidak berada di tengah jalan, tetapi di pinggir jalan. Akibat dari pelebaran jalan, makam ini berada di tengah jalan. Pernah sekali waktu makam ini akan dibongkar petugas PDAM yang sedang memperbaiki saluran air. Namun, tiba-tiba petugas tersebut jatuh pingsan.

Karena banyaknya keganjilan dan misteri, makam tersebut akhirnya dikeramatkan. Berbagai sesaji, bebungaan, dan kemenyan dipersembahkan di makam tersebut. Tak hanya masyarakat biasa yang melakukannya, para pejabat pun ikut melakukannya. Entah siapa yang dikubur di sana, yang jelas beliau telah memberikan tambahan cerita keunikan masyarakat Purwokerto.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
17SHARES