Genting Apit, Rute Maut di Balik Indahnya Belitung yang Penuh dengan Kisah Mistis

04 September 2017
|Ani Nur Cholifah
5SHARES

Belitung saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Banyak pesona alam yang akan memanjakan mata dan menyejukan jiwa di saat penat. Namun, pesona alam tanah air ini pun tak pernah lepas dari hal-hal yang berbau mistis. Salah satu tempat yang terkenal sebagai daerah mistis dan angker di Belitung adalah Genting Apit. Nah, untuk mengetahui lebih lengkapnya tentang Genting Apit, Belitung. Langsung aja YuKepo!

Genting Apit ini berada di kawasan sebuah bukit yang membelah jalan dari Kota Manggar menuju Tanjungpandan, Genting. Jalanan ini merupakan tikungan yang rawan bahaya membentuk huruf “S”. Konon, menurut penuturan masyarakat setempat, dulunya tempat ini merupakan area bertarung para makhluk gaib dengan dukun sakti mandraguna. Makhluk gaib tersebut berupa siluman raja babi. Pertarungan ini mitosnya juga masih berlangsung sampai sekarang, tapi tak dapat dilihat secara kasatmata oleh manusia. Mungkin tak akan banyak orang yang percaya dengan mitos ini, namun setiap orang yang baru pertama kali melintas tempat ini pasti akan langsung merinding karena aura negatif di tempat tersebut sangatlah kuat.

Kawasan Genting Apit yang sangat angker tersebut sudah banyak memakan korban jiwa. Dari banyaknya para pengunjung yang selamat melintasi rute ini mengaku, selain tikungan tajam, konsentrasi mereka langsung berkurang bahkan buyar karena kadang ada sosok makhluk halus yang tiba-tiba muncul di hadapan mereka. Mitos yang beredar, sosok makhluk halus yang menggangu manusia ini disebut dengan Limpai atau siluman raja babi seperti yang sudah disebutkan di atas. Bila kamu merasakan adanya hembusan angin yang cukup kencang atau merasakan hal lainnya yang terkesan aneh dan mistis maka Limpai ini akan segera muncul.

Salah satu kesaksian tentang keangkeran Genting Apit ini juga diperjelas oleh warga asli Belitung yang terlahir pada tahun 1960-an bernama Kholil. Dilansir dari Travel.detik.com, Pak Kholil yang rambutnya sudah memutih menjelaskan tentang mitos yang beredar seputar Genting Apit.

Dulunya kawasan ini merupakan tempat tinggal dukun yang sakti dan ingin mencoba kesaktiannya dengan menukar kepalanya dengan kepala hewan. Kesaktiannya pun berhasil, dukun tersebut bisa menukar kepalanya dengan berbagai kepala hewan. Namun, ketika ia menukar kepalanya dengan kepala anjing, kesaktian dukun itupun lenyap, bahkan tidak bisa berbicara, dan hanya bisa menggonggong. Lalu muncul mitos bahwa dukun tersebut akan menggingit siapa saja yang melewati kawasan tersebut.

Bagaimana pun kisah yang beredar ini dipercaya oleh sebagian masyarakat. Terlepas dari kisah mana yang benar, itu semua menjadi legenda yang sudah turun-temurun di balik keindahan Negeri Laskar Pelangi, Belitung yang asri.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
5SHARES