Foto-foto Surealis Ini Menggambarkan Situasi Mistis Saat “Erep-erep”

08 Oktober 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Sebagian besar di antara temen-temen mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “erep-erep” atau "ketindihan". Kalaupun belum pernah mendengarnya, mungkin temen-temen sudah pernah mengalaminya langsung. Erep-erep, atau dalam bahasa formalnya dikenal dengan istilah “kelumpuhan tidur”, adalah fenomena yang merujuk kepada keadaan ketidakmampuan bergerak saat sedang tidur atau saat sedang mencoba bangun dari tidur. Beberapa orang mempercayai, bahwa erep-erep adalah fenomena saat seseorang ditindih oleh setan ketika sedang tidur. Memang, dalam beberapa kasus erep-erep, orang yang mengalaminya bisa mendapatkan mimpi buruk sehingga fenomena ini pun sering dikait-kaitkan dengan hal-hal berbau gaib.

Biasanya, erep-erep hanya terjadi dalam hitungan detik atau menit. Meskipun begitu, ternyata seseorang pun bisa mengalami erep-erep hingga hitungan jam loh. Jika sudah sampai seperti itu, artinya kondisi tubuh orang itu memang sudah benar-benar harus diperiksakan ke dokter. Jika fenomena ini hanya berjalan selama beberapa detik atau menit, hal itu masih bisa diwajarkan, karena setiap orang setidaknya pernah mengalami erep-erep selama satu kali sepanjang hidupnya.

Orang yang merasakan erep-erep biasanya akan menilai pengalaman itu sebagai sesuatu yang tidak mengenakkan. Badan yang terasa berat dan ketidakmampuan untuk mengeluarkan suara dari mulut tentunya adalah sesuatu yang dapat membuat seseorang panik. Meskipun begitu, seorang fotografer bernama Samantha Goss justru menjadikan pengalaman erep-erepnya sebagai inspirasi untuk karya-karyanya. Situasi saat tubuh terasa berat dan adanya halusinasi yang membayangi penglihatan, dijadikan oleh Goss sebagai konsep untuk karya-karyanya. Dengan kejeniusannya, Goss berhasil membuat sesuatu yang menyeramkan menjadi sesuatu yang fantastis! Nah, langsung aja yuk, kita kepoin karya-karyanya di bawah ini!

1. Saat sedang erep-erep, kita merasa seperti sedang dibungkam

2. Dengan kemahirannya, Goss mengubah mimpi buruknya menjadi foto surealis

3. Perhatikan tangan gadis dalam foto. Seakan-akan menggambarkan situasi bekunya tangan saat erep-erep

4. Dalam keadaan sadar sekaligus tak sadar

6. Perhatikan tulisan “I just want to stop” pada dinding, seakan-akan menunjukkan keputusasaan untuk segera keluar dari fase erep-erep

7. Kalau yang ini, malah jadi lebih menyerupai lucid dream ya?

8. Kalau yang ini sedikit menakutkan sih

9. Foto ini menggambarkan situasi saat tubuh mati rasa, tapi kenyataannya jiwa dan pikiran masih hidup

11. Tak bisa bergerak seperti ada yang menahan

12. Berusaha menggapai kesadaran

Itulah beberapa foto karya Samantha Goss yang penuh dengan nuansa surealis. Dengan permainan penataan cahaya dan penyuntingan, foto-foto garapan Goss benar-benar menggambarkan suasana antara mimpi dan bangun dari tidur.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES