Fakta Mengerikan Nusakambangan yang Dianggap Sebagai Penjara Alcatraz-nya Indonesia

22 Mei 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Berbicara tentang penjara mungkin salah satu yang cukup dikenal di Indonesia adalah Nusakambangan. Penjara yang terkenal sebagai penjara yang sangat mengerikan. Bahkan penjara ini bisa mendapat sebutan dari negara lain sebagai Alcatraz-nya Indonesia. Nusakambangan bukan hanya tempatnya yang mengerikan tapi juga kisah bangunan dan para tahanannya yang dikenal sebagai tahanan dengan perbuatan dosa yang sangat besar. Nah, apa aja sih yang mengerikan dari Nusakambangan ini? Berikut fakta-faktanya yang berhasil YuKepo rangkum. Langsung aja deh kepoin biar gak penasaran yuk!

1. Kriminal kelas kakap dan paling sadis

Fakta pertama yang mungkin sudah banyak orang tahu adalah para tahanan dengan tingkat kriminalitas level maksimum alias kelas kakap. Inilah alasannya kenapa penjara ini disebut sebagai Alcatraz-nya Indonesia, karena seluruh tahanan dengan kasus seperti terorisme hingga pembunuhan berencana yang dilakukan khusus untuk orang penting atau petinggi negara. Salah satu nama yang terkenal berada di penjara ini adalah Ali Gufron atau Amrozi. 

Penjara ini juga memiliki tingkat keamanan yang sangat ketat. Dijaga oleh para prajurit bersenjata lengkap sampai sel khusus untuk mengisolasi para narapidana. Wajar saja penjara ini tingkat keamanannya berbeda dengan penjara lain karena memang para penghuninya juga kelas kakap jadi bahaya kalau sampai bisa lolos. Ya nggak?

2. Seratusan orang yang menunggu eksekusi kematian

Kasus eksekusi kematian disini memang jarang diberitakan oleh publik. Yang sempat heboh diberitakan adalah kasus Bali Nine, meskipun para narapidana yang divonis hukuman mati nggak diberitakan, hukuman ini tetap berjalan. Tanpa disadari ternyata di Nusakambangan ini ada sekitar seratusan orang yang sedang menunggu giliran waktu eksekusi. Para narapidana ini juga terlihat sudah begitu pasrah hingga menunggu waktunya tiba saja. Kejadian ini ternyata mengundang rasa simpati dari para narapidana lainnya yang gak terkena vonis mati.

3. Bukit Nirbaya jadi saksi bisu kematian yang terlihat di depan mata

Bukit Nirbaya menjadi salah satu alasan kuat mengapa Nusakambangan begitu mengerikan. Meskipun nama bukit ini nggak ada kandungan makna misterius tapi bukit ini jadi begitu mengerikan khususnya bagi para narapidana yang menunggu eksekusi kematian. Tempat yang dijadikan eksekusi kematian ini akhirnya sering muncul aura negatif yang konon berasal dari arwah para narapidana yang telah tewas di eksekusi.

4. Narapidana yang kabur hanya akan mati sia-sia di hutan

Meskipun dikenal dengan sebutan penjara terekstrem dan keamanan yang sangat ketat, beberapa narapidana juga pernah mencoba melarikan diri lho. Tapi pilihan untuk mencoba melarikan diri akan sia-sia bahkan bisa mengakibatkan kematian. Letak penjara yang berada di kawasan ujung selatan Jawa Tengah dikelilingi hutan yang masih dihuni oleh hewan buas. Jadi sekali pun para narapidana bisa lolos dari penjagaan prajurit, mereka justru akan dihabisi oleh hewan buas.

5. Hutan Nusakambangan beraura mistis

Kisah yang paling mengerikan kali ini berasal dari kisah mistis yang begitu angker. Konon penjara yang sudah ada sejak zaman Belanda ini sering terjadi hal-hal aneh dan menyeramkan terutama kawasan hutan yang masih asri ini. Kalau sebelumnya pengalaman menyeramkan berasal dari para narapidana, kali ini berasal dari petugas penjara saat berkeliling hutan. Petugas ini dibuat bingung hingga berputar-putar nggak menemukan jalan keluar. Mitosnya orang yang berputar dan nggak bisa kembali ini biasanya memiliki niat jahat. Jadi kalau mau menemukan jalan pulang, kita harus melepaskan niat jahat itu dan menenangkan hati dengan sendirinya maka kita akan ditunjukkan jalan yang benar.

Nah, itulah kisah dari Nusakambangan yang terkesan mengerikan. Namun meskipun mengerikan, di balik itu semua para narapidana yang berlaku sopan dan baik juga akan mendapatkan perlakuan yang baik. Jadi jangan pernah coba-coba deh buat melakukan tindak kriminalitas karena hanya akan menyiksa diri kalian. Stop kriminalitas!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES