Duh, Ngeri! Ternyata Begini Kisah di Balik Ornamen Labu Kuning dalam Perayaan Halloween!

31 Oktober 2017
|Ani Nur Cholifah
Mistis
0SHARES

Apa yang kalian tahu tentang Halloween yang dirayakan setiap tanggal 31 Oktober? Yup, perayaan ini identik dengan kostum hantu menyeramkan dan labu kuning. Namun, perayaan Halloween ternyata memiliki sejarah yang mungkin belum banyak orang awam tahu. Perayaan ini juga terkait dengan hal-hal yang berbau mistis dan meyeramkan yang hampir sama dengan tradisi dan ritual yang banyak terjadi di Indonesia.

Salah satunya, perayaan Halloween dipercaya sebagai hari dimana batasan antara manusia yang masih hidup dengan yang sudah meninggal terbuka. Gimana lanjutan sejarah tentang perayaan Halloween ini? Kenapa bisa dianggap mistis dan meyeramkan? Simak langsung ulasannya di bawah ini yuk!

Tradisi Halloween adalah kepercayaan kaum Pagan, pada tanggal 31 Oktober tersebut kaum Pagam sendiri melakukan sebuah ritual dengan memakai kostum yang menyerupai hantu sehingga mereka bisa saling berinteraksi dengan arwah para nenek moyang mereka yang sudah meninggal pada zaman dahulu. Nah, ritual yang terdengar mistis ini disebut dengan Samhain dan pertama kali berasal dari para penduduk Irlandia dan menyebar ke Amerika karena adanya migrasi penduduk Irlandia ke Amerika.

Selanjutnya, kisah tentang labu kuning yang selalu ada pada perayaan Halloween. Labu tersebut disebut dengan Jack O’Lantern. Kabarnya Jack O’Lantern adalah sosok pria bernama Stingy Jack yang dipercaya oleh penduduk Irlandia sebagai seorang pemabuk yang suka berbohong, bahkan Jack pernah menipu iblis. Jack ini pernah meminta iblis untuk merubah dirinya menjadi koin emas dengan imbalan Jack akan membayar minuman iblis tersebut. Tapi pada kenyataannya Jack memasukkan emas koin tersebut pada saku bajunya kemudian juga memasukkan kalung salib agar kelak iblis tersebut tak akan berubah wujud lagi, sehingga si iblis pun terperangkap selamanya dalam wujud koin emas.

Kisah tentang kebohongan Jack ini ternyata sangat berdampak pada kelangsungan hidupnya setelah meninggal. Jack pun tak diterima baik di surga atau pun neraka saat ia meninggal. Kemudian arwah Jack dipercaya kekal di bumi dengan bekal labu kuning dan bara api yang digunakan untuk menakuti manusia. Nah, makanya saat Halloween, hantunya identik dengan sosok Jack yang membawa lampu labu dan disebut dengan Jack O’Lantern.

Kemudian sosok Jack O’Lantern ini dipercaya tidak akan menakuti manusia atau masuk ke rumah penduduk yang di depan rumahnya memajang labu dengan ukiran wajah refleksi dari Jack yakni mata dan mulut lebar.

Nah, itu dia sekilas sejarah tentang Halloween yang terkesan mistis dan tak masuk akal. Namun, dari kisah ini ada nilai positif yang bisa kita pelajari bahwa setiap kebohongan sekecil apapun pasti akan mendapatkan balasan yang setimpal. Jadi, jangan pernah berbohong kalau nggak mau kayak Pinokio eh kayak Jack maksudnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES