Dilarang Selfie? Deretan Mitos Seputar UGM Ini Nggak Kalah Aneh dan Ngeri

15 September 2017
|Ani Nur Cholifah
372SHARES

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta? Kampus impian, kampus mahasiswa pintar, atau kampus yang penuh mitos? Yang pasti, UGM masih menjadi incaran bagi para pelajar di seluruh tanah air untuk melanjutkan pendidikan mereka. Terutama lokasi UGM yang berada di kota gudeg yang konon selalu berhasil membuat setiap pengunjungnya pengen balik lagi ke sini.

Universitas yang berdiri pada tahun 1949 dan menjadi salah satu universitas negeri idaman ini pun memiliki beragam mitos yang beredar. Mitos yang seakan-akan menjadi warisan dari mulut ke mulut ini sudah beredar sejak tahun 90-an. Mitos tersebut bukan hanya membahas kisah-kisah berbau mistis, tapi ada juga mitos yang terkesan aneh dan tak masuk akal. Yaudah yuk langsung aja kita kepoin rame-rame apa mitosnya biar nggak penasaran lagi. YuKepo!

1. Makhluk mengerikan akan muncul di kawasan ini, hati-hati!

Konon bila kamu mau ingin melihat sosok yang mengerikan di kawasan UGM, kamu bisa menyanyikan lagu Gugur Bunga di area Bundaran Fakultas Teknik saat hari mulai gelap. Entah atas dasar apa mitos ini muncul, tapi lagu ciptaan Ismail Marzuki ini dipercaya oleh sebagian mahasiswa bisa mendatangkan sosok makhluk gaib yang mengerikan. Mau coba?

2. Jangan lewat sini bertiga, berlima, atau jumlah ganjil lainnya!

Bukan hanya mitos larangan foto bertiga, di UGM santer mitos larangan melintas jembatan Fakultas Teknik dengan jumlah ganjil. Konon, akan ada salah satu yang tertimpa musibah bila larangan ini diabaikan.

3. Air selokan yang ajaib

Mitos ini salah satu mitos yang aneh, karena konon air yang berada di selokan Mataram yang bersebelahan dengan UGM ini punya kekuatan ajaib. Bagi siapa pun yang minum air ini bisa balik ke Jogja. Nah, balik ke jogjanya gimana nih? Emang kangen mau liburan ke Jogja atau ada keperluan lain? Karena Jogja emang udah pasti bikin kangen!

4. Ada yang pernah dengar kisah Mbak Yayuk?

Ada sosok hantu wanita yang konon selalu bergentayangan di kawasan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM. Hantu ini konon merupakan arwah dari salah satu mahasiswa yang bunuh diri karena telah putus asa skripsinya ditolak berkali-kali.

5. Ada suara kegiatan mahasiswa padahal tak ada orang

Gedung bekas perpustakaan ini konon sering terdengar suara misterius di atas jam 4 sore. Padahal pada jam tersebut sudah tidak ada lagi kegiatan akademik ataupun aktivitas lainnya dari mahasiswa UGM. Nah, suara apa ya?

6. Gedung terangker seantero UGM

Kini gedung registrasi lama yang terletak di utara gedung MM sudah diruntuhkan. Mitosnya gedung ini adalah gedung terangker dan paling horor di antara gedung-gedung lain. Bahkan aura negatif di gedung ini bisa dirasakan hanya dengan melintas di depannya, lho.

7. Selfie bikin nggak lulus!

Banyak mahasiswa baru yang pasti akan mendengar mitos ini, dan tak berani mencoba ber-selfie dengan background yang ikonik di UGM. Tapi mitos ini memang hanya mitos belaka sepertinya, karena tetap ada mahasiswa yang berani berfoto di depan gerbang UGM.

Deretan mitos yang beredar di UGM ini nggak perlu kamu takutin kok selama niat kamu di kampus ini memang untuk menuntut ilmu, meskipun sesekali diselingi bermain bersama teman-teman. Yang nggak kalah penting, kampus ini masih dan akan selalu diburu oleh pelajar seluruh nusantara. Nah, buat kamu yang maba atau alumni punya mitos lain seputar UGM? Silahkan berbagi di kolom komentar.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
372SHARES