Di Indonesia, Kamu Bisa Menemukan Berbagai Sosok Hantu Nenek-nenek Ini!

ceritaseramhoror.blogspot.co.id

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak kisah-kisah mistis mengenai mahkluk halus yang hidup di sekitar manusia. Saking banyaknya, kisah-kisah mistis itu pun banyak yang diangkat menjadi film layar lebar atau serial mistis yang dulu sering ada di televisi.

Saking banyak jenisnya, mahkluk halus yang dikenal di Indonesia pun memiliki namanya masing-masing bergantung pada asal-usulnya atau wujudnya. Setiap kisah dari para mahkluk halus ini pun diabadikan dalam kisah-kisah yang diceritakan secara turun-temurun sehingga menjadi urban legend yang melekat dengan masyarakat.

Dari sekian banyak wujud dari mahkluk halus yang dikenal di Indonesia, konon beberapa di antaranya ada yang memiliki wujud seperti nenek-nenek. Percaya atau tidak, di bawah ini kamu bisa baca beberapa informasi terkait dengan mahkluk halus berwujud nenek-nenek yang konon dapat ditemui di Indonesia!

1. Nenek Lampir

www.boombastis.com

Nenek Lampir atau Mak Lampir berwujud seperti nenek sihir dengan tawa yang menyeramkan. Asal-usul mengenai Nenek Lampir pun beredar dalam berbagai versi, namun mitos yang paling terkenal adalah cerita tentang kisah percintaannya dengan Datuk Panglima Kumbang yang kandas.

Menurut mitos tersebut, Mak Lampir dulunya adalah seorang putri cantik yang jatuh cinta kepada manusia harimau bernama Datuk Panglima Kumbang. Sebenarnya, Datuk Panglima Kumbang pun jatuh cinta kepada Mak Lampir. Namun sayangnya, Datuk Panglima Kumbang tewas di medan pertempuran saat dia baru saja menyatakan cintanya kepada Mak Lampir.

Berhubung Mak Lampir tidak rela ditinggal mati oleh orang yang dicintainya, dengan kesaktiannya dia pun menghidupkan kembali Datuk Panglima Kumbang. Namun, tubuhnya menjadi menua dan menjadi buruk rupa sebagai konsekuensi dari ilmu terlarang tersebut. Saat Datuk Panglima Kumbang bangkit, dia justru menganggap Mak Lampir sebagai iblis yang jahat. Sejak itulah Mak Lampir berniat untuk balas dendam dan terus memperdalam ilmunya di Gunung Merapi.

2. Nenek Gayung

afifharuka.blogspot.co.id

Kisah tentang Nenek Gayung ini beredar di Jakarta. Nenek Gayung memiliki wujud seorang nenek-nenek yang kerap kali membawa gayung dan tikar. Kabarnya, hantu ini seringkali muncul secara tiba-tiba di pinggir jalan dan terlihat oleh orang yang sedang melintas. Menurut mitos, Nenek Gayung adalah seorang manusia yang menjadi mahkluk halus karena penguasaan ilmu hitamnya. Dia pun kerap kali mencari tumbal manusia untuk memperkuat ilmu hitamnya itu.

3. Nyi Mas Centring Manik

morethanahorrorstory.blogspot.co.id

Hantu Nyi Mas Centring Manik memiliki wujud wanita tua yang selalu mengenakan pakaian serba merah. Selain itu, kabarnya Centring Manik juga bisa menampakkan dirinya dalam wujud ular buntung. Menurut mitos, Nyi Mas Centring Manik adalah seorang istri muda dari Prabu Siliwangi. Dia dipercaya sebagai mahkluk gaib yang melindungi Kota Bandung dan bahkan beberapa orang pun masih mempraktikkan pesugihan untuk Nyi Mas Centring Manik agar mendapatkan kekayaan yang melimpah.

4. Wewe Gombel
www.silanghati.com

Wewe Gombel atau Nenek Gombel memiliki wujud wanita tua dengan payudara panjang yang berjuntai. Konon, Wewe Gombel senang sekali menculik anak-anak yang tidak mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Wewe Gombel pun menculik anak-anak itu dengan tujuan memberi pelajaran kepada orang tua. Jika orang tuanya sudah sadar dan memperbaiki kesalahannya, anak yang diculik akan dikembalikan. Kisah Wewe Gombel sendiri berasal dari Bukit Gombel yang merupakan lokasi angker di Semarang.

5. Rangda
id.pinterest.com

Rangda adalah mahkluk mitologi Bali yang dikenal oleh masyarakat sebagai ratu dari para Leak. Dalam mitosnya, Rangda memimpin pasukan leak untuk melawan Barong yang menjadi simbol kebaikan dalam budaya Bali. Konon, Rangda seringkali menculik anak kecil dan menjadikannya makanan. Mahkluk gaib ini digambarkan dengan rupa seorang nenek bertaring, mulut yang mengeluarkan api, mata besar yang melotot, kuku yang runcing, dan berambut panjang.

6. Hantu Nenek Gila

books.google.co.id

Sosok gaib berwujud nenek berambut putih panjang ini konon kerap terlihat membawa parang panjang yang penuh dengan darah. Hantu ini dipercaya sebagai penunggu dari sebuah rumah yang terletak di daerah Bogor, Jawa Barat dan dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama “Hantu Nenek Gila”.

7. Nenek Terbang

books.google.co.id

Hantu ini dilaporkan penampakannya oleh keluarga yang menempati rumah di Purwakarta, Jawa Barat. Kabarnya, mereka sering melihat sosok nenek-nenek yang bisa terbang dengan rambut yang kaku seperti kawat dan mata merah yang melotot.

Itu dia beberapa mahkluk halus yang terkenal di Indonesia dengan wujudnya yang seperti nenek-nenek. Mungkin ada yang mau nambahin?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pengen Liburan ke Jepang Tanpa Memusingkan Soal Biaya? Ada Tips Unik Nih yang Harus Kamu Terapkan - Keepodotme

Pengen Liburan ke Jepang Tanpa Memusingkan Soal Biaya? Ada Tips Unik Nih yang Harus Kamu Terapkan - Keepodotme

Inilah Spot Paling Berhantu di ITB yang Bikin Tidur Kamu Tak Nyenyak

Inilah Spot Paling Berhantu di ITB yang Bikin Tidur Kamu Tak Nyenyak

Terlibat Cinta Terlarang, Pasangan Bersaudara Ini Akhirnya Memutuskan untuk Bunuh Diri Bersama. Udah Kayak Romeo & Juliet! - Keepodotme

Terlibat Cinta Terlarang, Pasangan Bersaudara Ini Akhirnya Memutuskan untuk Bunuh Diri Bersama. Udah Kayak Romeo & Juliet! - Keepodotme

8 Lokasi Angker di Bandung, Jangan Lewat Kalau Nggak Punya Nyali!

8 Lokasi Angker di Bandung, Jangan Lewat Kalau Nggak Punya Nyali!

7 Tips Parenting yang Harus Dimiliki Oleh Para Orangtua Masa Kini - Keepodotme

7 Tips Parenting yang Harus Dimiliki Oleh Para Orangtua Masa Kini - Keepodotme

Mitos tentang Hantu di Universitas Indonesia Ini Masih Menjadi Tanda Tanya

Mitos tentang Hantu di Universitas Indonesia Ini Masih Menjadi Tanda Tanya

loading