Di balik Keindahannya, Ternyata 5 Pulau di Kepulauan Seribu Ini Menyimpan Kisah Menyeramkan

pengentraveling.com

Buat kamu yang berada di kawasan ibu kota dan sedang mencari suasa pantai untuk berlibur, nggak perlu deh jauh-jauh buat ke Bali atau Lombok. Kamu cukup datang aja ke Kepulauan Seribu. Di sana banyak deretan pulau kecil yang indah untuk refreshing. Selain pemandangan yang eksotis, deretan pantai di kepulauan ini menjadi salah satu tempat yang romantis untuk menghabiskan waktu senja hari bersama orang-orang kesayangan. Warna sendu matahari semakin menambah suasanya semakin syahdu. Wah, pokoknya seru banget deh! Rasanya kalau udah ke pantai dengan suasana kaya gini, kamu nggak rela kalau harus pulang. Bener nggak? Nah, ternyata selain indah dan romantis, beberapa pulau di Kepulauan Seribu ini punya spot yang menyeramkan. Berikut ini ulasannya yang berhasil YuKepo rangkum dari beberapa sumber. YuKepoin!

1. Kuburan keramat noni belanda di Pulau Onrust

www.kompasiana.com

Pulau Onrust sangat populer dengan legenda hantu Maria Van de Velde. Maria merupakan noni Belanda yang dikuburkan di pulau ini lengkap dengan baju pengantinnya. Kuburan Maria ini kemudian dijadikan sebagai salah satu kuburan Belanda yang keramat. Konon sebelum meninggal, hantu Maria ini diketahui menunggu calon suaminya dalam kurun waktu yang cukup lama. Penantian itu ternyata sia-sia karena calon suaminya sudah wafat lebih dulu. Oleh karena itu, pada malam hari di sini sering muncul hantu Maria dan tentara zaman Belanda di sekitar kuburan.

2. Bangunan bekas rumah sakit di Pulau Cipir

agustinross.blogspot.co.id

Pulau yang berdekatan dengan Pulau Onrust ini juga punya spot horor. Di sini kamu bisa lihat bangunan tua yang dulunya dijadikan sebagai tempat karantina para jemaah haji yang terjangkit penyakit menular. Yang membuat rumah sakit ini menjadi seram adalah kondisi bangunan dengan warna gelap dan dipenuhi oleh tumbuhan liar yang membuat suasana di bangunan ini terasa semakin mencekam. Nggak jauh dari sini, ada rumah singgah yang sejak zaman dulu masih berdiri kokoh. Nah, coba saja kamu beruji nyali dengan masuk ke dalam bangunan ini untuk beberapa saat. Berani?

3. Kisah pasir perawan yang terkenal di Pulau Pari

wisatatempat.com

Kalau kamu pernah ke Pulau Pari, pasti tahu keindahan pasir putihnya yang menawan. Ternyata di balik sebutannya sebagai Pantai Perawan, pulau ini juga punya mitos yang mengerikan. Kisahnya beredar sejak tahun 80-an. Dulu ada sebuah keluarga yang tinggal di pesisir Pulau Pari. Namun, tiba-tiba rumornya ada raksasa yang menghancurkan kehidupan keluarga ini. Anak perempuannya yang baru berusia empat tahun menghilang. Kemudian, sering terlihat sosok anak gadis di pesisir ini yang akhirnya diangkat menjadi nama dari pantai ini, yakni Pantai Pasir Perawan. 

4. Misteri pada makam Ratu Fatimah di Pulau Edam

www.wego.co.id

Mungkin Pulau Edam jarang menjadi destinasi pilihan kamu. Pulau kecil yang berada di Kepulauan Seribu ini memiliki spot yang membuat kamu merinding, yaitu makam Ratu Fatimah. Berawal dari kisah tahun 1750-an, konon ada seorang wanita bernama Ratu Fatimah Syarifah yang menjadi wali sultan. Ratu Fatimah ini berdasarkan kisahnya sangat dibenci oleh masyrakat pribumi. Ratu ini bekerja di bawah perintah Gubernur VOC, Baron Van Imhoff. Kisah kematian Ratu Fatimah inilah yang menjadi misteri. Kenapa? Soalnya di Pulau Edam ini ada terdapat dua kuburan, namun masih belum diketahui yang mana yang benar-benar kuburan miliknya. Kalau kamu berani, coba deh buat selfie di makam ini. Kali aja dapet sesuatu.

5. Tengkorak di Pulau Karya

poskotanews.com

Pulau Karya ini adalah salah satu pulau yang dulunya dijadikan sebagai salah satu kantor pemerintahan, yakni Markas Danramil (Komando Rayon Militer) dan Markas Kepolisian Resor Kepulauan Seribu. Berdasarkan kisah penjaga pulau, di sini sering dilakukan ekspedisi atau pencarian harta karun. Kemudian, dari hasil ekspedisi ini banyak ditemukan gerabah dan hasil kerajinan tangan dari keramik dengan tulisan cina. Kerajinan tangan ini diduga merupakan salah satu peninggalan zaman kuno. Namun, saat penggalian tak sedikit pula yang menemukan tengkorak sehingga muncul rumor bahwa dulunya pulau ini dijadikan sebagai kuburan pada zaman penjajahan. 

Itulah kisah mistis yang berada di Kepulauan Seribu. Meskipun menyimpan kisah atau legenda yang terkesan horor, akan tetapi pulau-pulau di atas masih menjadi pilihan para warga Jakarta dan sekitarnya untuk destinasi berlibur karena harganya yang ekonomis. Nah, buat kamu yang lagi penat dan butuh refreshing tapi budget terbatas, kamu bisa coba deh untuk mampir ke pulau-pulau ini. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tak Ada Kata Spesial, Inilah Kue Ulang Tahun Paling Ngenes Buat Sang Buah Hati. Toko Kuenya Tega Banget! - Keepodotme

Tak Ada Kata Spesial, Inilah Kue Ulang Tahun Paling Ngenes Buat Sang Buah Hati. Toko Kuenya Tega Banget! - Keepodotme

Kuman Thong, Jimat Paling Sadis dari Thailand yang Dipercaya Masyarakatnya

Kuman Thong, Jimat Paling Sadis dari Thailand yang Dipercaya Masyarakatnya

Termahal di Dunia, Harga Sepasang Sepatu Ini Capai Angka Fantastis - Keepodotme

Termahal di Dunia, Harga Sepasang Sepatu Ini Capai Angka Fantastis - Keepodotme

Sosok Mitologi Gumiho, Si Cantik Pemikat Hati yang Berbahaya

Sosok Mitologi Gumiho, Si Cantik Pemikat Hati yang Berbahaya

Terancam Nggak Lolos Senayan? Ucapan Selamat Duo PKS Gerindra Untuk Persija Berujung Kehilangan 20 Juta Suara! - Keepodotme

Terancam Nggak Lolos Senayan? Ucapan Selamat Duo PKS Gerindra Untuk Persija Berujung Kehilangan 20 Juta Suara! - Keepodotme

Inilah Beberapa Jalanan Angker di Dunia yang Nggak Kalah Menyeramkan dari Indonesia

Inilah Beberapa Jalanan Angker di Dunia yang Nggak Kalah Menyeramkan dari Indonesia

loading