Dari Senyuman Hingga Dinyatakan Berkelamin Ganda, Inilah Teori Konspirasi Lukisan Monalisa yang Fenomenal

14 November 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Lukisan sebagai karya 2 dimensi memang memiliki beragam dan makna tersendiri bagi pelukisnya. Salah satu pelukis ternama dunia, Leonardo Da Vinci melukis sosok wanita dan lukisan tersebut diberi nama Lukisan Monalisa. Harga lukisan favorit miliknya tersebut ditaksir seharga 670 hingga 750 juta Dollar. Harga tersebut jelas menghebohkan dunia khususnya bagi masyarakat awam.

Lukisan yang sudah cukup terkenal di dunia ini ternyata menimbulkan beragam teori konspirasi yang cukup misterius. Nah, apa sajakah misteri yang ada pada lukisan Monalisa? Yuk cek ulasannya di bawah ini!

1. Asal nama Monalisa

Lukisan Monalisa ini menarik perhatian para pengamat seni kemudian muncul anggapan bahwa wajah Monalisa adalah gabungan wajah dari pemuda dan pemudi yakni Amon dan Lisa. Kemudian dari pernyataan tersebut kembali pernyataan bahwa Monalisa adalah seseorang yang berkelamin ganda atau disebut dengan hermaphrodite.

2. Misteri mengapa Monalisa tak mempunyai alis

Bukan hanya muncul pernyataan bahwa Monalisa berkelamin ganda. Ada juga pernyataan bahwa ia tidak memiliki alis. Namun, setelah ditelusuri oleh ahli sejarah pada saat itu ada salah satu adat pada abad 16-an di mana wanita memang mencukur alisnya sebagai salah satu bentuk kemuliaan.

3. Ada tokoh nyata

Seorang ahli sejarah bernama Giuseppe Palanti pada tahun 2004 mengungkap misteri yang sudah beredar luas terkait akan sosok Monalisa adalah seorang berkelamin ganda. Giuseppe Pallanti menjelaskan bahwa saat melukis tokoh tersebut Leonardo Da Vinci melukis tokoh nyata bernama Monalisa del Giocondo seorang warga yang tinggal di kota Firenze sejak tahun 1490. Kemudian sekitar tahun 1501 sampai 1503, Leonardo juga tinggal di kota tersebut, sehingga tokoh Monalisa itu bukan fiktif.

4. Kasus kehamilan Monalisa yang menjadi tanda tanya besar

Beberapa konspirasi tentang sosok Monalisa pun cukup menghebohkan. Lalu ada juga pendapat yang menyatakan bahwa monalisa bukan seorang wanita karena tak ada bentuk payudara yang menjadi ciri khas wanita. Namun, adanya benjolan pada bagian perut Monalisa terlihat ada benjolan yang menunjukan bahwa monalisa sedang mengandung. Pendapat bahwa Monalisa sedang hamil ternyata dibenarkan dengan sosok Lisa del Giocondo tengah hamil saat di lukis oleh Leonarda Da Vinci.

5. Pesan misterius dari senyuman Monalisa

Tahun 2005 lalu para ilmuwan dari Universitas Illinois bersama dengan Universitas Amsterdam melakukan penelitian terhadap lukisan Monalisa tersebut dengan bantuan software untuk menguak makna dari senyuman Monalisa. Hasilnya pun senyum Monalisa memiliki pesan yakni 83% kebahagiaan, 2 % rasa amarah dan sisanya 6% diketahui rasa ketakutan pada diri Monalisa. Bahkan bila diperhatikan secara seksama bola mata Monalisa menunjukan ia memang sedang bersedih. Coba lihat deh!

Nah, itulah beberapa teori konspirasi terkait lukisan Monalisa yang cukup misterius. Ngeri juga ya ternyata lukisan yang cukup fenomenal ini menyimpan beberapa misteri. Apa kamu juga pernah dengar teori misterius lainnya? Silakan share di kolom komentar ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES