Dari Pemakan Mayat Sampai Kijang Emas, Inilah Makhluk-makhluk Mistis Penunggu Nusakambangan!

www.inovasee.com

Temen-temen mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Pulau Nusakambangan. Pulau yang berdekatan dengan kota Cilacap ini merupakan tempat berdirinya beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dengan tingkat keamanan yang paling tinggi di seluruh negeri. Selain digunakan sebagai tempat penahanan para kriminal kelas berat, tempat ini juga digunakan sebagai tempat eksekusi untuk para terpidana yang dihukum mati.

Ternyata, pulau yang juga digunakan sebagai lokasi untuk pengasingan tahanan politik ini menyimpan banyak kisah mistis yang sulit dicerna dengan akal sehat.  Keangkeran di Pulau Nusakambangan ini ternyata sudah dianggap sebagai hal yang biasa oleh para sipir dan napi yang tinggal di sana. Di antara kisah yang beredar di pulau itu, diceritakan bahwa di pulau itu terdapat beberapa penghuni gaib yang terkadang dapat berinteraksi dengan manusia yang hidup di sana. Mau tahu seperti apa para penunggu di Nusakambangan? Langsung aja kepoin di bawah ini!

1. Kijang Emas

www.bintang.com

Ageng, salah seorang penjaga di Pulau Nusakambangan yang sering berburu di kawasan hutan di pulau itu, mengaku pernah bertemu dengan sosok kijang di dalam kegelapan. Anehnya, kijang itu tidak terlihat seperti kijang biasa karena badannya yang berwarna emas dengan tanda putih di paha sebelah kirinya. Ageng pun mencoba menembak kijang emas itu. Anehnya, meskipun Ageng sampai menembak hewan itu berkali-kali, kijang emas itu tidak ambruk ke tanah. Bahkan, Ageng mengatakan bahwa dirinya tidak melihat luka sedikit pun di tubuh kijang itu.

Semenjak kejadian itu, Ageng sempat beberapa kali melihat kijang tersebut. Menurut kesaksiannya, kijang itu selalu berpindah-pindah lokasi di area pulau. Namun, kijang itu terlihat paling sering berada di area eksekusi Amrozi dan Imam Samudra.

2. Akar Mimang

www.bintang.com

Akar mimang memang sudah menjadi salah satu bagian dari mitos orang Jawa. Masyarakat tradisional Jawa percaya bahwa orang yang melangkahi akar pohon mimang akan merasa linglung dan mudah tersesat di jalan. Karena menurut mitos, pohon itu memang dihuni oleh penunggu yang tidak diketahui wujudnya. Di Pulau Nusakambangan pun mitos tentang akar mimang adalah hal yang dipercayai oleh para sipir di sana sehingga orang-orang pun berusaha untuk menghindari pohon tersebut.

3. Penunggu Mustika Biru

www.bintang.com

Di Pulau Nusakambangan terdapat sebuah gua yang dikenal dengan nama Gua Ratu. Suatu ketika, ada seorang paranormal yang bertapa di gua itu selama dua hari dua malam. Setelah selesai bertapa, keluarlah sebuah mustika biru atau batu berwarna biru yang dipercaya sebagai batu alam gaib. Tak disangka-sangka, kemunculan mustika biru itu menyebabkan sang paranormal tak sadarkan diri dan bahkan nyaris meninggal. Paranormal itu beruntung karena ada petugas yang datang dan menyelamatkannya. Saat sudah sadar dan sehat kembali, paranormal itu mengatakan bahwa dirinya melihat sosok makhluk menyeramkan yang menjaga mustika biru tersebut.

 

4. Kawuk Pemakan Mayat
metroonline.id

Kawuk adalah sebutan untuk makhluk misterius di Nusakambangan yang memiliki bentuk seperti perpaduan antara biawak dan komodo. Bedanya, tubuhnya lebih besar dari kedua hewan itu dan dapat berdiri dengan dua kaki seperti manusia. Konon, Kawuk senang memakan mayat manusia dan bahkan dia pun tidak ragu untuk menyerang manusia yang masih hidup jika terpaksa.

Tidak hanya di Nusakambangan saja, kisah tentang Kawuk pun beredar di kawasan Pangandaran, Jawa Barat. Warga Desa Solok Timur, Pangandaran, memiliki pantangan untuk menyimpan mayat di rumah meskipun mayat itu mengembuskan nafas terakhirnya pada malam hari. Mereka lebih memilih untuk menyegerakan proses pemakaman agar rumah mereka tidak didatangi oleh Kawuk. Menurut mitos, Kawuk dulunya adalah manusia yang menimba ilmu hitam, dan saat dia tewas, dia pun menjelma menjadi Kawuk.

Itulah beberapa penunggu gaib yang dipercaya berada di pulau Nusakambangan. Kenyataan bahwa pulau itu merupakan tempat eksekusi mati para tahanan saja sudah membuat pulau ini terkesan angker, apalagi ditambah dengan para penunggu gaibnya? Hii, berani nggak uji nyali disini?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Dari Security Sampai Perawat, Kisah Mistis Ini Pernah Mereka Rasakan Saat Jaga Malam

Dari Security Sampai Perawat, Kisah Mistis Ini Pernah Mereka Rasakan Saat Jaga Malam

Tega Membunuh Bayi, Tradisi Mingi di Pelosok Ethiopia Ini Kejam dan Tidak Manusiawi

Tega Membunuh Bayi, Tradisi Mingi di Pelosok Ethiopia Ini Kejam dan Tidak Manusiawi

Misteri Jalan Cadas Pangeran, Jalan Indah di Sumedang yang Sering Meminta Tumbal

Misteri Jalan Cadas Pangeran, Jalan Indah di Sumedang yang Sering Meminta Tumbal

Suka Pria Sampai Takut Paku, 8 Mitos Seputar Kuntilanak Ini Legendaris Banget!

Suka Pria Sampai Takut Paku, 8 Mitos Seputar Kuntilanak Ini Legendaris Banget!

Misteri Nyi Blorong, Perempuan Cantik Bertubuh Ular yang Jadi Panglima di Kerajaan Gaib!

Misteri Nyi Blorong, Perempuan Cantik Bertubuh Ular yang Jadi Panglima di Kerajaan Gaib!

Serem! Inilah Buto Ijo, Raksasa yang Suka Menculik Anak Perempuan!

Serem! Inilah Buto Ijo, Raksasa yang Suka Menculik Anak Perempuan!

loading