Dari Membakar Diri Hingga Memumikan Diri, 7 Tradisi Kematian Dunia Ini Bikin Ngilu!

yukepo.com

Kematian adalah peristiwa yang pasti akan dialami oleh setiap makhluk hidup, terutama manusia. Hanya saja kita tidak pernah tahu kapan itu akan menimpa kita. Selain harus memanfaatkan hidup dengan baik, tentu saja kita juga tidak boleh begitu saja melupakan kematian. Serem memang kalau sudah membicarakan kematian dan hal-hal yang berkaitan dengannya, seperti tradisi kematian misalnya. Pas banget, biar tambah serem, YuKepo akan kasih tau kamu tradisi-tradisi kematian yang bakal bikin merinding. Disarikan dari berbagai sumber, ini dia 7 tradisi kematian nggak biasa dari berbagai negara di dunia.

1. Menyimpan tengkorak di Kepulauan Kiribati

www.haikudeck.com

Tradisi kematian mengerikan yang pertama adalah menyimpan tengkorak. Tradisi yang dilakukan oleh masyarakat di sebuah desa di Kepulauan Kiribati ini bener-bener bikin ngeri. Bayangkan saja, setelah jasad orang meninggal diperkirakan sudah cukup luruh, warga desa akan kembali menggali kubur dan mengambil tengkoraknya. Setelah diambil, tengkorak tadi akan dibersihkan, dipoles, disuguhi sesajen, kemudian ditaruh di tempat paling tinggi di dalam sebuah rumah.

2. Sati di India

listverse.com

Tradisi kematian ini mungkin sudah cukup sering kamu dengar. Ya, tradisi kuno dalam agama Hindu yang dulu pernah lazim dilakukan oleh wanita India ini merupakan salah satu tradisi kematian yang mengerikan di dunia. Sati adalah tradisi membakar diri, baik secara sukarela atau dipaksa, yang dilakukan oleh wanita pada saat upacara kremasi suaminya. Menurut tradisi, hal itu adalah sebagai bentuk kesetiaan seorang istri kepada suami dan seorang wanita biasanya juga akan dianggap tidak memiliki tempat di dunia sepeninggal suaminya. Oleh karena cukup kejam, praktik Sati pun akhirnya dilarang di India sejak tahun 1829.  

3. Sokushinbutsu di Jepang

www.ranker.com

Sokushinbutsu atau memumikan diri sendiri dulu pernah menjadi tradisi yang lazim di Jepang bagian utara. Tradisi yang pertama kali dirintis oleh seorang kepala biara bernama Kuukai di kompleks kuil Gunung Koya di Prefektur Wakayama ini biasanya dilakukan oleh para biarawan. Sokushinbutsu dilakukan dengan mengunci diri sendiri di dalam sebuah kubur batu yang sempit. Di dalamnya, biksu tersebut tidak makan, tidak minum, dan bahkan tidak bergerak dari posisi semadinya. Dia hanya melantunkan doa terus-menerus sambil membunyikan lonceng. Masih ada bunyi atau tidaknya suara lonceng yang terdengar melalui tabung udara kecil yang terhubung dengan dunia luarlah yang akan memberi tahu orang-orang apakah biksu itu sudah meninggal atau belum. Apabila diketahui sudah meninggal, kubur batu akan disegel dan baru dibuka beberapa tahun kemudian.

4. Totem kematian di wilayah Barat Laut Pasifik, Amerika Utara
www.straight.com

Praktik ritual kematian kuno yang dulu dilakukan oleh beberapa suku pribumi yang bermukim wilayah Barat Laut Pasifik ini aneh dan menyeramkan. Jasad orang meninggal biasanya akan diletakkan di dalam lubang tiang totem kematian dan dibiarkannya untuk dimakan hewan-hewan liar. Bayangkan saja betapa ngerinya kalau kamu melewati sebuah kawasan yang terdapat sebuah tiang yang di dalamnya berisi jasad orang meninggal. Nggak usah ditanya, mimpi buruk itu mah.

5. Famadihana di Madagascar
www.thesun.co.uk

Beberapa suku di Madagascar memiliki satu tradisi ritual kematian yang unik sekaligus ngeri yang disebut Famadihana, yaitu tradisi mengganti pakaian jasad orang yang telah meninggal dengan pakaian yang baru. Tradisi satu ini dilakukan setiap 5—7 tahun sekali hingga jasad benar-benar telah hilang seluruhnya. Setelah digali, jasad tadi biasanya disemprot dengan anggur atau parfum lalu pakaian/kain pembungkusnya diganti dengan yang baru. Bayangin aja sudah bikin bergidik kan? Tidak cuma itu, keluarga juga mengadakan perayaan peringatan cukup besar yang menjadi semacam reuni keluarga.

6. Menggantung peti mati di Cina

connectingdirectors.com

Di zaman dinasti Cina kuno, ritual pemakaman dilakukan dengan menggantung peti mati di tebing batu yang tinggi. Menurut penduduk di zamannya, peti mati yang diletakkan dekat dengan langit (di tempat tinggi) akan membuat orang-orang yang meninggal bisa lebih dekat dengan surga. Selain itu, roh-roh orang yang meninggal tersebut dapat berkeliaran dengan bebas di sekitar tebing dan perbukitan. Wingit banget nih pasti tempatnya.

7. Pemakaman langit di Tibet

www.travelwithean.com

Penganut Budha di Tibet, Cina, biasanya memakamkan orang meninggal dengan membiarkannya begitu saja di suatu tempat agar dimakan burung-burung pemakan bangkai. Mungkin dinamakan pemakaman langit karena jasadnya diletakkan langsung menghadap langit kali ya. Kok sebegitu teganya sih? Sebenarnya ada penyebab lainnya juga mereka melakukan tradisi kematian seperti itu, yaitu karena kayu di sana terlalu sedikit untuk keperluan kremasi dan tanahnya juga terlalu berbatuan untuk penguburan. Sebelum benar-benar ditinggalkan untuk santapan para burung, jasad terlebih dulu sedikit dihancurkan oleh Rogyapa (orang yang bertugas menghancurkan jenazah) dengan ditaburi tepung barley yang dicampur dengan mentega yak/susu.

 

Kita harus bersyukur karena tidak hidup di masa lampau dan menjadi saksi tradisi-tradisi kematian mengerikan seperti di atas. Sudah bisa bikin kamu ingat mati kan? Kalau sudah ingat, jangan lupa untuk perbanyak amal dan memanfaatkan hidup dengan sebaik-baiknya ya.  

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Berkah Yang Cuma Bisa Didapat Setelah Menjalani Kisah LDR - Keepodotme

5 Berkah Yang Cuma Bisa Didapat Setelah Menjalani Kisah LDR - Keepodotme

Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa, Bangunan Berhantu di Lereng gunung Merapi Ini Ngeri Banget!

Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa, Bangunan Berhantu di Lereng gunung Merapi Ini Ngeri Banget!

Bosan dengan Prewedding Bertema Romantis, Pasangan Ini Melakukan Prewedding Bertema PUBG. Bisa Chicken Dinner Bareng Nih - Keepodotme

Bosan dengan Prewedding Bertema Romantis, Pasangan Ini Melakukan Prewedding Bertema PUBG. Bisa Chicken Dinner Bareng Nih - Keepodotme

Terkesan Nyeleneh, Tapi 5 Cara Ini Bisa Bikin Kuntilanak Gagal Menghantui Kalian. Jenius!

Terkesan Nyeleneh, Tapi 5 Cara Ini Bisa Bikin Kuntilanak Gagal Menghantui Kalian. Jenius!

6 Hal yang Harus Kamu Pahami Biar Nggak Ketipu dan Kecewa Saat Liburan di Thailand - Keepodotme

6 Hal yang Harus Kamu Pahami Biar Nggak Ketipu dan Kecewa Saat Liburan di Thailand - Keepodotme

Mandrake, Akar Mistis yang Penampakannya Mirip Banget Sama Jenglot

Mandrake, Akar Mistis yang Penampakannya Mirip Banget Sama Jenglot

loading