Dari Melempar Kolor Hingga Pertanda Kematian, Inilah 5 Mitos Hujan yang Masih Dipercaya

30 Desember 2017
|Ani Nur Cholifah
65SHARES

Membahas soal Indonesia salah satu yang cukup menarik adalah kepercayaan akan hal-hal berbau magis atau lebih sering disebut dengan mitos. Entah kenapa mitos ini masih dipercaya banyak orang meskipun dunia sudah modern seperti sekarang. Mitos yang sudah ada sejak zaman dahulu ini seakan-akan warisan budaya yang terus diwariskan secara turun-temurun.

Nah, berhubung sekarang ini lagi musim hujan YuKepo akan membahas mitos seputar hujan. Salah satu mitos hujan yang cukup dikenal yakni ketika hujan namun kondisi matahari terik. Kejadian seperti itu konon dipercaya sebagai salah satu tanda bahwa ada orang yang meninggal. Wah kok gitu ya? Bukan cuma itu ternyata ada juga mitos hujan lainnya yang nggak kalah unik. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini yuk!

1. Hujan waktu panas terik

Miitos hujan legendaris ini ternyata punya beberapa versi di Indonesia. Konon masyarakat Jawa percaya kalau hujan saat matahari terik ini adalah tetesan air keringat genderuwo yang akan melahirkan. Lalu masyarakat Banten mempercayai bahwa hal iini tanda singa akan melahirkan. Wah mitosnya agak absurd juga ya yang ini.

2. Melempar kolor agar hujan deras berhenti

Mitos hujan yang satu ini juga cukup populer tapi kamu udah tahu belum? Kolor yang dilempar ke atas genteng ini bukan kolor yang kamu ambil lemari ya tapi kolor yang kamu pakai lho. Gimana kamu udah pernah coba?

3. Hujan di waktu Imlek membawa hoki

Kalau hari perayaan Imlek emang udah khas dengan hujan, kalau nggak hujan justru aneh. Nah, mitosnya hujan pada sebelum perayaan atau pas di hari Imlek bagi masyarakat Tiongkok ini konon sebagai pembawa hoki dan keberkahaan.

4. Meletakan wadah berisi air garam untuk menurunkan hujan

Saat musim kemarau banyak masyarakat yang berusaha melakukan berbagai cara agar bisa mendatangkan hujan. Nah, dengan cara meletakan wadah berisi air garam di depan rumah ini juga konon dipercaya ampuh untuk mendatangkan hujan.

5. Larangan pengantin nggak boleh mandi supaya nggak hujan

Kepercayaan ini banyak dipakai oleh para calon pengantin agar sewaktu acara resepsi pernikahan mereka nggak turun hujan. Hal ini dilakukan dari sebelum acara sampai setelah resepsi selesai. Tapi apa nggak bau nih? Kalau cara ini manjur pawang ujan nggak laku dong?

Gimana kamu percaya nggak sama mitos hujan di atas? Nah, kalau di daerah kamu ada mitos lainnya seputar hujan nggak? Rasanya mitos seperti ini memang susah untuk dipercaya, akan tetapi kita masih bisa menghargai mitos-mitos yang ada sebagai bagian dari budaya yang mungkin saja juga mengandung makna filosofisnya tersendiri lho.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
65SHARES