Dari Kota Hilang Hingga Makhluk Misterius, 7 Misteri Samudra Pasifik Ini Belum Terpecahkan!

yukepo.com

Sebagai samudra terbesar di dunia, Samudra Pasifik tidak hanya menyimpan kekayaan berbagai biota laut, tetapi juga menyimpan banyak misteri. Samudra yang membentang dari Laut Bering di Arktik sampai batasan es di Laut Ross di Antartika ini dipenuhi teka-teki yang masih belum terpecahkan. Berbagai jawaban dari kacamata sains pun terkadang belum benar-benar memuaskan karena sangat kompleksnya topografi Samudra Pasifik. Kira-kira misteri apa saja sih yang menyelimuti Samudra Pasifik? Nah, dikutip dari therichest.com, ini dia tujuh di antaranya.

1. Kota kuno Jepang yang hilang

www.therichest.com

Pada tahun 1995, seorang penyelam Jepang menyelidiki wilayah laut beberapa ratus mil ke barat daya Jepang yang bertujuan untuk menemukan bentukan geologis dan kehidupan laut. Akan tetapi, penyelam tersebut justru menemukan pemandangan seperti kota hilang yang kira-kira telah berusia 10.000 tahun. Setelah dipublikasikan, banyak arkeolog dari seluruh dunia yang kemudian meneliti reruntuhan bebatuan di bawah laut yang diyakini sebagai kota besar yang telah tenggelam tersebut. Ada sebuah pendapat yang kemudian mengatakan bahwa itu adalah kota milik peradaban kuno yang tidak banyak diketahui orang, yaitu Jomon. Akan tetapi, semuanya belum pasti dan masih terus diteliti.

2. Banyaknya pesawat yang hilang misterius

www.the-broad-side.com

Peristiwa jatuhnya pesawat yang tidak berjejak di Samudra Pasifik memang cukup sering terjadi. Salah satu peristiwa yang menyisakan misteri besar di Samudra Pasifik adalah hilangnya seorang penerbang perempuan asal Amerika, Amelia Earhart, bersama pesawat yang dikemudikannya pada tahun 1937. Konon, pesawat dan awaknya itu hilang setelah diyakini jatuh ke laut di barat daya Hawaii. Peristiwa tersebut menjadi misterius karena setelah pesawat diasumsikan kecelakaan di laut, ada pesan samar yang terdengar. Para penginvestigasi pun berpendapat bahwa pesawat yang dikemudikan Earhart tidak benar-benar jatuh ke laut karena arus listrik di pesawat tidak mengalami korsleting.

3. Cahaya yang menyala-nyala di bawah sebuah pesawat

www.therichest.com

pada tahun 2014, pilot JPC van Hejst dan krunya menyaksikan fenomena aneh ketika pesawat yang diterbangkannya, Boeing 747, melintas di atas selatan Semenanjung Kamchatka. Di depan pesawat mereka, tampak sebuah petir vertikal yang naik dari laut di bawah awan seolah menuju angkasa. Sekitar 20 menit kemudian, mereka melihat bawah awan dilingkupi cahaya berwarna orange, putih, dan merah. Semakin dekat pesawat, sinar semakin kuat dan terlihat menakutkan. Wah, misterius juga.

 

4. Laut Iblis yang misterius
tombraider.wikia.com

Menurut ahli biologi dari Skotlandia, Ivan T. Sanderson, The Devil’s Sea (Laut Iblis) adalah salah satu dari 12 “pusaran terburuk” di dunia yang ditemukannya. Selain Segitiga Bermuda, Laut Iblis yang berada di antara Jepang dan Kepulauan Bonin (bagian dari perairan Filipina) juga menjadi salah satu tempat dari berbagai kasus hilangnya kapal dan pesawat secara misterius. Tempat ini juga dikenal dengan nama Segitiga Naga. Konon, ketika kapal riset Jepang, Kaiyo Maru No. 5, melakukan penelitian ke wilayah ini pada tahun 1952, kapal dan ketiga puluh satu krunya hilang dan tidak pernah ditemukan. Berbagai penjelasan sains telah dikemukakan, tetapi wilayah ini tetap saja diselubungi misteri.

5. Misteri hilangnya Kapal Sarah Joe
www.historicmysteries.com

Pada bulan Februari 1979, lima orang menyewa Kapal Sarah Joe lalu berangkat dari sebuah pelabuhan kecil di Hawaii untuk berlibur. Menurut penduduk setempat, mereka sebelumnya sering menyewa kapal, tetapi kejadian nahas menimpa ketika mereka berlibur dengan Kapal Sarah Joe. Beberapa jam setelah meninggalkan pelabuhan Hana, kapal tersebut terkena badai besar dan kelima orangnya diasumsikan telah hilang. Akan tetapi, satu dekade kemudian, seorang ahli zoologi yang bekerja di atol Taongi menemukan kapal yang sepertinya sesuai dengan deskripsi Kapal Sarah Joe. Di dekatnya, ada timbunan batu yang menjadi pemakaman salah satu dari kelima penumpangnya, Scott Moorman. Akan tetapi, nasib keempat orang lainnya tidak diketahui.

 

6. Benda misterius yang bergerak di dasar laut

www.therichest.com

Pada tahun 2017 kemarin, sekelompok peneliti crypto yang bernama SecureTeam10 menemukan sesuatu yang aneh dari sonar yang mereka pasang di dasar laut di lepas pantai California. Citra sonar tersebut menunjukkan bahwa ada objek berbentuk lingkaran besar dengan diameter sekitar 2,5 mil yang telah bergerak sejauh 41 mil melewati berbagai sonar yang dipasang. Para peneliti pun penasaran dan terus melakukan penelitian. Mungkinkah objek itu adalah hewan laut yang misterius?

7. Wajah manusia di dasar samudra

www.spiralupdatenews.com

Seorang penulis yang telah mempelajari anomali lautan selama beberapa tahun, Llyoyd Stewart Carpenter, telah menemukan topografi dasar Samudra Pasifik yang luar biasa, yaitu penampakan yang menyerupai wajah seorang pria yang melihat ke atas. Entah nyata atau tidak, penemuannya cukup menghebohkan. Dalam bukunya, Ocean Floor Mysteries: The Amazing Mystery of the Great Face on the Pacific Ocean Floor, dikatakan bahwa “Dia tampak menangis. Jejak air matanya adalah Cangkat Pasifik Timur, pegunungan terbesar di bumi.” Wah, bikin penasaran ya dan jadi pingin baca bukunya.  

Samudra Pasifik yang luas ini memang tidak pernah lepas dari misteri. Kemisteriusan itulah yang menjadi dorongan tersendiri bagi manusia untuk terus memecahkan berbagai teka-teki alam. Banyak yang kemudian dapat terpecahkan, tetapi tidak sedikit juga yang masih terus tinggal menjadi misteri. Entah sampai kapan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Merinding! Inilah Legenda Kakek Sarung Sang Pencabut Nyawa di Medan!

Merinding! Inilah Legenda Kakek Sarung Sang Pencabut Nyawa di Medan!

Dari Bigfoot Sampai UFO, Inilah 7 Misteri Dunia yang Belum Terpecahkan Hingga Kini

Dari Bigfoot Sampai UFO, Inilah 7 Misteri Dunia yang Belum Terpecahkan Hingga Kini

Nggak Nyangka, Model dalam 10 Foto Ini Merupakan Mayat yang Dibuat Berpose. Ngeri!

Nggak Nyangka, Model dalam 10 Foto Ini Merupakan Mayat yang Dibuat Berpose. Ngeri!

Selain Larangan Foto di Gerbang Utama, Inilah Mitos UGM dari Puluhan Tahun Lalu

Selain Larangan Foto di Gerbang Utama, Inilah Mitos UGM dari Puluhan Tahun Lalu

5 Kisah Penculikan Anak Paling Sadis Di Dunia Ini Bikin Takut Keluar Rumah

5 Kisah Penculikan Anak Paling Sadis Di Dunia Ini Bikin Takut Keluar Rumah

Sadis Banget! Perempuan Dicambuki dengan Rotan Untuk Tradisi Pengusiran Roh di Kuil Achappan

Sadis Banget! Perempuan Dicambuki dengan Rotan Untuk Tradisi Pengusiran Roh di Kuil Achappan

loading