Bikin Ngeri! Mitos Kota Kudus Ini Nggak Masuk Akal Tapi Dipercaya Nyata!

19 Oktober 2017
|Ani Nur Cholifah
3SHARES

Mendengar kata Kota Kudus mungkin dibenak kamu penyuka kuliner langsung terbayang soto kudus. Bukan hanya sotonya yang cukup dikenal, kota ini juga memiliki sejarah peninggalan islam yang cukup legendaris yakni masjid Menara Kudus yang dibangun oleh Sultan Kudus. Namun, dibalik rasa khas soto dan megahnya bangunan masjid Kudus. Kota Kudus ternyata menyimpan beberapa mitos yang tak kalah legendaris.

 

Mitos yang beredar di kalangan warga Kudus mungkin terkesan cukup aneh dan misterius. Tapi tak bisa dipungkiri bahwa ini sudah seakan-akan sudah menjadi warisan dari zaman dahulu yang masih diturunkan hingga kini. Penasaran apa saja mitos dari Kota Kudus ini? Yuk simak ulasannya!

Bagi kamu yang pernah bekunjung ke masjid Menara Kudus, masjid ini memiliki tiga gapura. Gapura ini terlihat cukup artistik dengan gaya klasik yang cukup mengagumkan. Gapura yang berada di pintu utama masuk masjid ini menyimpan mitos yang cukup misterius yang terletak di lorong gapura. Konon katanya, lorong ini bisa melengserkan pejabat atau petinggi suatu daerah dari jabatannya apabila ia melakukan kecurangan dan tidak bertanggung jawab atas jabatannya. Oleh karena itu, jarang sekali ada pejabat yang berani melewati lorong ini. Meskipun hanya mitos, namun pernah ada beberapa pejabat daerah yang lengser setelah melewati lorong gapura ini, akibat kecurangannya dalam menjalankan tugas. Wah, pejabat negara berani nggak nih kesini?

Selanjutnya, ada mitos tentang larangan bagi pria Kudus untuk menikahi wanita asal Jepara. Mitos ini seperti larangan pernikahan suku Jawa dengan suku Sunda. Hal ini berawal saat Sultan Demak meninggal dunia. Lalu terjadi perselisihan antara Ratu Kalinyamat sebagai bupati kabupaten Jepara dengan Sunan Kudus. Mereka menginginkan kekuasaan Sultan Demak. Dari kisah ini muncul kepercayaan bahwa pria Kudus tidak cocok dengan wanita Jepara dan bila dilanggar mitosnya, rumah tangga tersebut akan kacau.

Nah, bagi kamu yang masih berpacaran dan sedang traveling bersama ke Kudus, jangan berkunjung ke makam Sunan Muria, wisata religi yang terkenal indah di KOta Kudus. Mitosnya, bagi kamu yang berpacaran dan menyambangi tempat ini bersama dengan kekasih, akan segera putus. Makanya nih ditempat ini jarang sekali terlihat pasangan muda berpacaran. Tapi kalau sudah jadi pasangan yang sah nggak apa-apa kok berwisata ke sini, karena mitos itu nggak berlaku bagi pasangan suami-istri. 

Itulah tiga mitos legendaris dari Kota Kudus yang mungkin tidak bisa diterima secara logika. Benar atau tidaknya itu semua kembali kepada keyakinan masing-masing. Kalau kamu mau coba buktikan, silahkan saja dicoba. Tapi jika ternyata mitos tersebut terbukti benar, bersiap menerima risikonya, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
3SHARES