Bikin Merinding, Inilah 5 Mitos tentang Lagu Lingsir Wengi yang Perlu Kamu Ketahui!

11 November 2017
|Muhammad Multazam
0SHARES

"Lingsir wengi sliramu tumeking sirno ojo tangi nggonmu guling"

Bagi kamu yang pernah menonton film kuntilanak, pastinya pernah mendengar kata-kata tersebut. Kata-kata itu merupakan potongan lirik lagu Lingsir Wengi yang konon dipercaya memilik kekuatan mistis saat dinyanyikan. Menurut kepercayaan yang berkembang lagu ini merupakan salah satu media pemanggil arwah.

Ketika sedang menonton film kuntilanak kita terus disuguhkan dengan backsound lagu ini sehingga persepsi kita menganggap benar bahwa ini adalah lagu pemanggil arwah. Nah namun tahukah kamu kalau ada 4 Mitos yang berkembang seputar lagu Lingsir Wengi di masyarakat? Yuk kita kepo!

1. Untuk Memanggil kuntilanak

Hal ini tidak lepas dari  film horor Indonesia yang berjudul Kuntilanak. Lagu Lingsir Wengi menjadi salah satu soundtrack pada film tersebut, dan persepsi masyarakat terhadap lagu ini sontak berubah kearah yang cenderung negatif dan memercayai bahwa lagu ini dapat mengundang kuntilanak.

2. Memiliki kekuatan magis

Banyak lantunan syair lagu jawa yang dipercaya memiliki kekuatan magis bila dinyanyikan, dan salah satunya adalah Lingsir wengi. Lantunan syair lagu ini dianggap oleh sebagian orang memiliki kekuatan magis.

3. Hantu Wanita suka lantunan ini

Mitosnya adalah, lantunan lagu yang satu ini sangat disukai oleh hantu wanita. Oleh karena itu kita sering melihat film-film yang memutar lagu Lingsir Wengi menampilkan hantu wanita yang menakutkan.

4. Sebagai Lagu Gending Jawa

Faktanya lagu ini diciptakan oleh Sunan Kalijaga. Kabarnya, Sunan Kalijaga menciptakan kidung ini dengan menggunakan pakem gending Jawa yaitu Macapat. Pakem Macapat ini terdiri dari 11 macam pakem dan salah satunya yaitu pakem Durma yang memang membuat lagu macapat seperti Lingsir Wengi terdengar cukup suram dan mistis hingga dapat menyayat hati pendengarnya.

5. Aslinya, lagu ini justru dipakai untuk menolak bala

Namun faktanya lagu yang dianggap menakutkan tersebut merupakan ciptaan Sunan Kalijaga dan dipakai setelah melakukan salat malam dan berfungsi untuk menolak bala. Versi aslinya jauh berbeda dari yang sering kita dengarkan saat ini, baik lirik berbahasa jawanya maupun maknanya jika di Indonesiakan, semuanya berbeda.

 

Selain itu Lingsir Wengi juga bertujuan untuk mencegah perbuatan makhluk gaib yang ingin mengganggu. Makna lagu ini menyiratkan sebuah doa kepada Tuhan. Petikan lirik lagu aslinya adalah seperti ini :

Lingsir wengi

Sepi durung biso nendro

Kagodho mring wewayang

Kang ngreridhu ati

Jadi, kamu sudah tahu kan mitos dan fakta mengenai lagu ini? Apa masih takut untuk mendengarkan lagu ini? Padahal, lagu ini aslinya justru untuk menolak bala dan makhluk gaib lho, alih-alih mengundangnya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Multazam
"personal blog mltazam.com"
0SHARES