Bikin Kita Jadi Jomlo Abadi, Gadis Lajang Haram Hukumnya Menyentuh Patung Perawan Sunti!

29 April 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Kota santri menjadi julukan bagi Kota Cirebon. Selain dipenuhi oleh banyak santri, Cirebon juga kaya akan wisatanya. Salah satu wisata menarik yang bisa dikunjungi adalah kompleks Taman Sari Gua Sunyaragi.  Lokasi wisata ini sangat cocok untuk jadi tempat duduk bersantai bersama keluarga. Terlebih di sore hari, dari tempat wisata ini kita bisa melihat betapa indahnya matahari terbenam.

Di balik semua keindahan tersebut, terselip kisah misteri di kompleks wisata ini. Kisah misteri ini berkutat pada patung yang terdapat di wisata tersebut, yaitu Patung Perawan Sunti. Para wisatawan dilarang untuk memegang patung yang terbuat dari batu tersebut, khususnya para gadis yang masih lajang. Konon, bagi gadis lajang yang nekat memegangnya akan kesulitan mendapat jodoh.

Nama perawan sunti bermakna perawan seumur hidup. Patung ini dikaitkan dengan sosok putri dari etnis Cina bernama, Putri Ong Tien. Menurut cerita, Putri Ong Tien hamil tanpa disetubuhi. Pada akhirnya, sang putri menikah dengan Sunan Gunung Jati karena Sunan Gunung Jati memenangkan sayembara.

Terdapat versi lain terkait patung perawan sunti. Dikatakan bahwa patung itu terkait dengan sosok Putri Sultan Cirebon yang tidak menikah hingga akhir hayatnya.

Selain kisahnya yang penuh dengan misteri, sosok pembuat dan makna sebenarnya patung ini juga masih dipertanyakan. Bahkan, kabarnya patung yang dibuat di tahun 1604 ini bukanlah patung asli dari perawan sunti. Kabar yang beredar mengatakan bahwa patung aslinya telah dibawa ke Belanda oleh Ratu Belanda.

Selain patung yang tak boleh disentuh, di kawasan wisata ini juga terdapat tempat yang dianggap sakral yang berbentuk candi. Dulunya, candi itu menjadi singgasana sang Sultan Cirebon.

Masih ada kisah mistis lain yang menyelimuti wisata Sunyaragi. Jika seorang anak difoto di lokasi ini, konon hasil jepretannya akan aneh.

 

Terlepas dari semua kisah mistis tersebut, kompleks wisata Sunyaragi menawarkan keindahan yang tidak boleh kamu lewati jika sedang berkunjung ke Cirebon. Lagipula, selama kita menghormati suatu tempat dengan bersikap sopan dan tidak berprilaku buruk, percayalah, makhluk gaib pun akan enggan mengganggu kita sehingga kita dapat dengan aman berkeliling di Gua Sunyaragi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES