Bikin Geregetan! 6 Misteri dari Indonesia Ini Pernah Gegerkan Dunia. Bisa Pecahkan Nggak?

www.yukepo.com

Hingga kini, dunia ini masih diselimuti banyak misteri yang belum terpecahkan. Ada beberapa hal, tempat, dan peristiwa yang masih mengundang banyak tanya. Cerita misteri tersebut muncul di setiap negara, tak terkecuali Indonesia. Terdapat beberapa misteri dari Indonesia yang hingga kini masih mengundang tanya, bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia. Nah, di kesempatan ini, kita akan membahas misteri dari Indonesia yang pernah gegerkan dunia. Inilah 6 cerita misteri dari Indonesia yang sempat guncang dunia.

1. Kapal hantu Ourang Medan

www.suratkabar.id

Pada bulan Juni 1947, dua buah kapal Amerika, City of Baltimore dan Silver Star, yang sedang berlayar di Selat Malaka mendapat kiriman sinyal darurat dari sebuah kapal. Kapal tersebut menggunakan nama Ourang Medan sebagai identitas. Keberadaan kapal misterius Ourang Medan pun mulai dilacak. Setelah ketemu, Silver Star menuju lokasi Kapal Ourang Medan. Saaf mendekat, di Kapal Ourang Medan hanya ditemukan mayat yang tergeletak dengan mata melotot. Kapal Silver Star pun mencoba menderek kapal tersebut untuk di bawa ke tepian demi pemeriksaan lebih lanjut. Namun, saat itu juga kapal tersebut meledak dengan sendirinya. Kematian awak kapal dan meledaknya Kapal Ourang Medan menjadi salah satu misteri dari Indonesia yang masih menyimpan tanya hingga kini.

2. Balok asal Indonesia terdampar di pantai Eropa

dunia-wow-wow.blogspot.co.id

Sebuah benda misterius berbentuk balok muncul di beberapa kawasan Eropa. Tak ada yang tahu asal kedatangan balok tersebut. Hingga akhirnya penelitian dilakukan oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Tracey Williams. Balok tersebut diidentifikasi sebagai balok yang berasal dari Sukabumi, Jawa Barat. Identifikasi itu didasarkan pada tulisan Tjipetir yang terukir di balok tersebut. Balok tersebut terbuat dari gutta-percha, getah yang lebih keras dari karet. Diduga balok-balok tersebut ditumpahkan kapal kargo Jepang, Miyaku Maru, yang tenggelam pada Perang Dunia I.

3. Penduduk Indonesia jadi nenek moyang di Madagaskar

unik-go.blogspot.co.id

Sebuah penelitian genetika yang dipimpin oleh Murray Cox asal Massey University, Selandia Baru mengungkap fakta yang mengejutkan. Penelitiannya menunjukkan hasil bahwa nenek moyang penduduk Madagaskar adalah 30 orang perempuan yang 28 diantaranya berasal dari Indonesia. Penelitian tersebut dilakukan dengan menguji DNA dari 226 orang dari tiga etnis di Madagaskar dan dengan menganalisis sel yang gennya diwariskan dari ibu. Selain itu ditemukan juga benda kuno yang mirip dengan peradaban di Jawa pada masa Kerajaan Sriwijaya.

4. Indonesia adalah Atlantis yang hilang
www.scienceabc.com

Karya Plato yang berjudul Timaus and Critias membuat banyak orang penasaran. Pasalnya, dalam tulisan yang ditulis sekitar tahun 330 SM tersebut tercatat adanya sebuah peradaban maju yang hilang, Atlantis. Dugaan terkait lokasi Atlantis pun bermunculan, mulai dari Spanyol, Kepulauan Mediterania, Gurun Sahara, Afrika Tengah hingga Samudera Atlantik. Penetapan lokasi tersebut dianggao salah oleh Arysio Santos, penulis asal Brasil. Dalam bukunya, Atlantis: The Lost Continents Finally Found, ia mengungkapkan bahwa Atlantis berada di daerah Samudera Hindia yang memiliki banyak gunung api. Dugaan pun mengarah ke Indonesia yang memang memiliki banyak gunung api.

5. Gunung Padang adalah piramida tertua di dunia
phinemo.com

Piramida telah menjadi ikon bagi negara Mesir. Namun, muncul kabar piramida tertua berada di Indonesia. Pada tahun 1914, sejarawan asal Belanda, N.J. Krom meneliti situs megalitikum yang ada di bukit Cianjur, Jawa Barat. Hasil temuannya tertulis dalam Rapporten van de  Oudheidkundige Dienst. Dalam laporannya tersebut diungkapkan bahwa situs tersebut adalah misteri yang jarang disorot publik. Di tahun 2011, misteri pun mencuat kembali. Penelitian yang dilakukan oleh tim katastrofi purba dari Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana menemukan bahwa Gunung Padang bukanlah sebuah bukit, melainkan piramida. Bahkan, gunung tersebut dikatakan sebagai piramida tertua di dunia yang dibangun antara 9.000 hingga 20 ribu tahun yang lalu.

6. Fosil Manusia Hobbit di Gua Liang Bua

sportourism.id

Pernah nonton film The Hobbit Series? Di film tersebut, ada sekelompok manusia kerdil yang disebut dengan hobbit. Namun, siapa sangka fosil manusia kerdil ditemukan di gua batu kapur Liang Bua. Fosil tersebut memiliki bentuk tengkorak kecil, tetapi memiliki susunan gigi dewasa. Penggalian tengkorak tersebut dilakukan pada tahun 2003 yang dilakukan oleh peneliti Indonesia dan Australia. Diduga manusia hobbit memiliki nenek moyang yang hidup di wilayah Flores sejuta tahun yang lalu.

Wah, banyak ya misteri dari Indonesia yang membuat dunia ikut gempar. Misteri-misteri dari Indonesia tersebut masih menyimpan sejuta tanya hingga kini. Belum ada bukti yang bisa menjelaskan kebenarannya. Gimana menurutmu, guys? Bisakah kamu memecahkan misteri di atas?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ngeri Banget! Kisah Tragis Para Pelaku Pesugihan ini Bikin Kamu Tobat Segera!

Ngeri Banget! Kisah Tragis Para Pelaku Pesugihan ini Bikin Kamu Tobat Segera!

Bikin Geger! Inilah 7 Fakta Mengejutkan Di Balik Penemuan Kerangka Mayat Cimahi

Bikin Geger! Inilah 7 Fakta Mengejutkan Di Balik Penemuan Kerangka Mayat Cimahi

Selain Menyembah Pesawat, Inilah Tradisi Unik Suku Vanuatu yang Bikin geleng-geleng Kepala

Selain Menyembah Pesawat, Inilah Tradisi Unik Suku Vanuatu yang Bikin geleng-geleng Kepala

Dari Kota Hilang Hingga Makhluk Misterius, 7 Misteri Samudra Pasifik Ini Belum Terpecahkan!

Dari Kota Hilang Hingga Makhluk Misterius, 7 Misteri Samudra Pasifik Ini Belum Terpecahkan!

Merinding! Inilah Legenda Kakek Sarung Sang Pencabut Nyawa di Medan!

Merinding! Inilah Legenda Kakek Sarung Sang Pencabut Nyawa di Medan!

Dari Bigfoot Sampai UFO, Inilah 7 Misteri Dunia yang Belum Terpecahkan Hingga Kini

Dari Bigfoot Sampai UFO, Inilah 7 Misteri Dunia yang Belum Terpecahkan Hingga Kini

loading