Biar Nggak Salah Kaprah, Inilah Alasan Tradisi Malam 1 Suro yang Terkesan Mistis

23 September 2017
|Ani Nur Cholifah
250SHARES

Malam 1 Suro kali ini bertepatan dengan tahun Baru Islam. Masyarakat Jawa yang sangat kental dengan kepercayaan yang berabu mistis ini pun menganggap bahwa 1 Suro sebagai malam yang sakral dan kramat. Bahkan berbagai ritual dari berbagai daerah seringkali dilakukan untuk menyemarakan malam 1 Suro.

Lalu kenapa malam 1 Suri dianggap menjadi mistis? Apakah karena ragam ritual yang diadakan sering seperti mencuci benda-benda pusaka atau disebut dengan ritual penjamasan. Belum lagi sosok kerbau bule yang selalu ada dalam malam 1 Suro. Nah, YuKepo saat ini akan membahas apa sih alasan yang bikin 1 Suro jadi terkesan mistis? 

Ritual penjamasan seperti yang disebutkan di paragraf awal ini nyatanya sudah ada sejak zaman dulu. Keraton-keraton di Pulau Jawa mencuci benda pusaka pada malam 1 Suro. Konon masyarakat Jawa mempercayai ini bisa membuat benda pusaka yang menjadi peninggalan para leluhur ini akan tetap memiliki kuatan yang sakti. Lalu saat ritual ini berlangsung juga dilengkapi dengan sesajen, menyan dan juga tumpeng yang membuat nuansa mistis semakin kental.

Tak kalah menyeramkan ada banyak kisah dan cerita yang menyatakan bahwa malam 1 suro dianggap sebagai lebarannya para makhluk gaib. Lalu pada malam ini sebagian orang percaya makhluk gaib tersebut akan keluar dari berbagai tempat persinggahan mereka. Kemudian pada malam ini sering konon banyak yang seringkali melihat adanya penampakan makhluk-makhluk halus saat acara ritual berlangsung. Tak kalah mengerikan beredar mitos bahwa orang yang akan menyelenggarakan acara pada malam 1 suro bisa mendatangkan kesialan. Mitos ini sih pasti yang paling bikin kebanyakan orang takut.

Berbagai kisah dan legenda tentang malam 1 Suro ini sebenarnya lebih untuk tetap mempertahankan kebiasaan yang sudah ada sekaligus aksi untuk memupuk rasa kesetiaan warga keraton. Oleh karena itu, masyarakat Jawa khususnya warga keraton tetap akan melakukan tradisi ini meskipun banyak orang yang beranggapan kalau ritual malam 1 Suro adalah hal yang mistis.

Nah, gimana setelah kamu baca penjelasan di atas. Mungkin memang beberapa kejadian yang pernah dirasakan oleh masyarakat Jawa bersamaan dengan adanya kejadian yang berkaitan dengan makhluk halus. Namun, di balik itu semua masyarakat Jawa lebih ingin menunjukan dan melestarikan sebuah tradisi. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
250SHARES