Awet Muda Sampai Enteng Jodoh, Inilah Tempat Wisata di Lombok yang Penuh Mitos!

03 Desember 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Lombok belakangan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup diminati oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Lombok memang mempunyai panaorama keindahan alam yang begitu menakjubkan dan wisata alam yang lengkap. Mulai dari wisata air dengan pantai-pantai eksotis, sampai indahnya pemandangan di ketinggian Gunung Rinjani.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa di balik keindahannya, Lombok memiliki beragam mitos-mitos yang cukup misterius di beberapa destinasi wisatanya. Mitos tersebut mungkin memang hanya sebuah omongan belaka, tapi masyarakat setempat menyakini kebenaran mitos tersebut. Nah, apa saja mitos yang ada di Lombok? Yuk kita telusuri bareng-bareng!

1. Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun yang asri ini berada di sekitar desa Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Air terjun yang diperkirakan mencapai ketinggian 42 meter ini dihiasi dengan undakan-undakan. Meskipun aliran air terjunnya cukup deras tapi kolam air di bawahnya nggak terlalu dalam jadi cocok untuk bermain-main nih. Nama Kelep sendiri berasal dari bahasa Sasak dan memiliki makna terbang. Namun, entah bagaimana masyarakat setempat memercayai bahwa orang yang berendam di air terjun Tiu Kelep dikabarkan akan awet muda sehingga banyak orang yang datang ke Lombok menyempatkan diri untuk berendam di air terjun ini lho.

2. Taman Narmada

Selanjutnya adalah Taman Narmada yang berada di kecamatan Narmada, Lombok Barat. Taman yang mulai dibangun pada tahun 1805 ini awal berdirinya digunakan untuk upacara Pakelem. Namun saat ini sudah bisa dinikmati oleh para wisatawan. Terutama setelah beredarnya mitos bahwa air di kawasan kolam Taman Narmada memiliki khasiat yang sama dengan air terjun Tiu Kelep yakni bisa membuat awet muda. Wah kalau gini orang Lombok awet muda terus kali ya!

3. Makam Selaparang

Makam mungkin menjadi hal yang menyeramkan bagi sebagian orang karena di tempat ini bersemayam orang-orang yang meninggal. Namun, makam Selaparang yang berada di kawasan Lombok Timur ini nyatanya selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah. Memang nggak semua orang bisa masuk ke makam ini karena banyak aturan yang harus dipatuhi terkait pengunjung makam ini. Seperti para wanita yang sedang haid, nggak boleh untuk masuk ke wilayah makam. Selain banyak aturan, ada mitos yang cukup menghebohkan dan membahagiakan bagi para jomblo. Konon, bagi yang masih berstatus lajang, jika mencuci diri mereka dengan air yang sudah disediakan, kelak jodoh akan segera datang. Wah, ada yang minat untuk mencoba?

4. Air Terjun Mayung Putek

Kawasan air terjun yang memiliki kandungan belerang ini berada di kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Berdasarkan cerita yang beredar, air terjun ini konon akan menampakan sosok rusa putih yang sedang minum di sekitar air terjun. Lalu air terjun ini juga dipercayai bisa menyembuhkan beragam penyakit kulit yang mungkin sulit disembuhkan lho.

5. Taman Nasional Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung idaman para pendaki, dengan ketinggian mencapai 3. 726 meter di atas permukaan laut. Keindahan Gunung Rinjani juga tak bisa dipisahkan dengan beragam mitos terkait dengan keberadaan Dewi Anjani, penunggu gunung Rinjani. Selain itu, tempat ini juga dianggap sebagai tempat bersemayamnya para dewa sehingga setiap pendaki wajib mentaati dan menjaga sikap dan perilaku selama di gunung agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Nah, itu beberapa destinasi wisata dengan sederetan mitos yang mungkin tidak masuk akal. Bagaimanapun, Lombok merupakan bukti Maha Karya Tuhan yang sangat indah dengan beragam kearifan lokal yang menghiasinya. Dan bukankah memang di banyak tempat wisata alam selalu ada mitos yang menyertainya? Yang penting kita selalu menjaga sikap dan menaati peraturan yang ada di tiap daerah, ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES