7 Urban Legend Paling Seram Asal Korea. Yang Penakut, Jangan Baca!

28 Agustus 2017
|Fatimah Artayu Fitrazana
8SHARES

Korea, negeri gingseng ini banyak menggugah rasa penasaran dengan segala sisinya. Setelah wabah K-POP merebak, Korea menjadi negara yang mendadak sangat populer di dunia. Bahasa, lifestyle, pakaian, idol group, drama, lagu, adalah hal-hal yang biasa diperbincangkan. Tapi, ada satu lagi yang menarik untuk dibahas, urban legend horor Korea. Untuk kamu yang tidak bernyali besar disarankan untuk tidak membacanya. Langsung  aja yuk simak!

1. Mul Gwishin

Mul Gwishin dalam urban legend di Korea adalah sosok orang yang meninggal karena tenggelam. Jika bertemu hantu ini di danau, dia akan menyeretmu masuk ke dalam air untuk menemaninya. Hantu ini digambarkan sangat kesepian, jadi dia menarik orang-orang yang berada di sekitarnya untuk masuk ke danau. Wahhh, kok serem banget ya.

2. Cheonyeo Gwishin

Menurut legenda, Cheonyeo Gwishin atau arwah perawan ini bersosok wanita muda yang meninggal ketika dia belum menikah atau masih perawan. Wujud hantu ini mirip kuntilanak jika di Indonesia, di mana berambut panjang, berwajah pucat, memakai baju putih panjang atau hanbok (baju tradisional korea), dan juga darah di mulutnya yang tak henti menetes. Benar-benar membuat merinding!

3. Dokkaebi

Bicara tentang urban legend Korea tidak terlepas dari sosok hantu ini, yakni Dokkaebi atau Goblin. Jangan dibayangkan berparas menawan seperti Gong Yoo yang memerankan tokoh hantu ini, Dokkaebi adalah sosok hantu berwujud monster yang memiliki tanduk di kepalanya, bertelinga lancip, memiliki cakar tajam, bertaring, dan bersikap usil terhadap orang berjiwa jahat. Dia juga memiliki tongkat ajaib yang bisa mewujudkan apa saja dengan mantra khusus.

4. Cheuksin

Makhluk gaib satu ini cukup populer di Asia dan sering dimunculkan dalam film-film horor. Di cerita hantu Korea, Cheuksin adalah hantu penghuni toilet. Dia adalah salah satu hantu paling ditakuti karena wujudnya yang mengerikan. Dia bisa muncul dengan bentuk yang berbeda-beda, ada yang kepala dengan rambut panjang keluar dari closet atau sosok kepala botak yang tiba-tiba muncul dari kaca toilet. Waduh... bikin merinding aja.

5. Gumiho

Kalau legenda lain yang sudah disebutkan sebelumnya ada yang berupa arwah dan monster, berbeda dengan Gumiho yang lebih cocok disebut siluman. Gumiho adalah sesosok siluman rubah yang gemar menggaet pria-pria. Dalam urban legend Korea, pria yang berhasil tertarik pada Gumiho akan menjadi mangsanya. Dia akan memakan hati dan jantung pria itu. Haduhhh… ngeri amat ya.

6. Munshin

Munshin adalah hantu yang sering muncul tiba-tiba dari balik pintu. Selain membuat keget seakan jantung mau copot, bentuk dari hantu ini juga menakutkan. Dalam legenda Korea, Munshin lebih dari sekadar makhluk halus, dia juga dianggap sebagai dewa pintu. Paranormal atau dukun di sana bahkan sering melakukan ritual penyembahan (Munjeonje). Amit-amit jangan sampai ketemu deh. Serem banget!

7. Jeoseung Saja

Sama halnya dengan Dokkaebi, Jeoseung Saja atau dewa kematian dalam legenda Korea tidak berwujud setampan aktor Lee Dong Wook di drama terkenal Goblin. Di cerita masyarakat setempat, Jeoseung Saja adalah makhluk astral yang menyedot jiwa-jiwa dan membawanya ke hutan berkabut yang gelap menuju alam baka. 

Urban legend di Korea nggak kalah serem 'kan dari Indonesia? Masalah benar atau tidaknya kisah tersebut, bisa kamu buktikan langsung ke Korea. Tapi hati-hati, jangan sampai ketemu hantu-hantu itu ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatimah Artayu Fitrazana
Gak Punya Quote Nih!
8SHARES