7 Tempat Terseram di Indonesia yang Dijuluki ‘Kampung Setan’

airows.com

Pernahkah kalian mendengar tentang tempat-tempat yang dijuluki Kampung Setan? Mungkin nama ‘Kampung Setan’ sendiri masih terdengar asing bagi banyak orang. Pasalnya julukan ‘Kampung Setan’ hanya ada beberapa di pelosok tanah air. Banyak misteri yang terdapat di daerah-daerah tersebut sehingga tempat tersebut dijuluki Kampung Setan. Kira-kira tempat yang dijuluki Kampung Setan berada di mana saja ya? Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

1. Gunung Salak

hellobogor.com

Gunung berapi yang berada di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat ini memang terkenal dengan kisah misterinya. Salah satu misteri yang terkenal di gunung ini adalah adanya kampung setan. Beberapa pendaki mempercayai jika adanya aktivitas layaknya sebuah perkampungan di puncak Gunung Salak.

Suatu cerita pernah ada seorang pendaki yang membeli pisang goreng dari seorang ibu-ibu renta ketika berada di puncak gunung, namun para warga sekitar meyakini tidak ada yang seorang pun yang berjualan di puncak Gunung Salak. Beberapa pendaki yang naik ke puncak gunung juga pernah bercerita jika suasana di puncak gunung ketika malam hari terdengar sangat ramai layaknya perkampungan. Namun pada kenyataannya puncak Gunung Salak sangatlah sepi.

2. Sinjai

www.kompasiana.com

Kampung Setan berikutnya barada di Kelurahan Alehanuae, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Menurut para warga sekitar, di kampung setan ini menyimpan berbagai kisah misteri yang bikin bulu kuduk berdiri. Salah satunya adalah cerita yang terjadi 36 tahun yang lalu. Salah seorang warga bernama Asbar tinggal dengan neneknya di tengah kampung setan. Ia dan sepupunya berniat memetik manga di malam hari di belakang rumah neneknya yang dekat dengan hutan. 

Ketika berada di semak-semak, ia mendengar suara seperti mangga jatuh di antara semak-semak. Ia pun berusaha untuk mengambil mangga tersebut, namun ketika ia mencari mangga yang jatuh tersebut, ia memegang sebuah kepala manusia kerdil yang sudah tidak memiliki jasad. Sontak ia pun kaget dan berlari ke arah rumah neneknya. 

Cerita yang kedua juga berasal dari salah satu seorang warga yang melihat rombongan wanita berbusana serba kuning sedang menuruni sebuah bukit dan berjalan menuju sebuah sumur. Ketika salah seorang warga ini mengikuti dari belakang, para rombongan wanita inipun lenyap begitu tiba di sumur. Sumur inipun dijuluki sebagai sumur setan oleh para warga karena kejadian mengerikan tersebut.

3. Kampung Selaq, Lombok Timur

karangtarunatetapasri.wordpress.com

Kampung Setan berikutnya dijuluki Kampung Selaq oleh warga Dusun Kilang, Lombok Timur. Kampung Selaq sendiri merupakan sebutan lain dari kampung yang dihuni oleh para hantu jadi-jadian. Konon, pada zaman penjajahan dulu, para penduduk kampung ikut berperan mengusir penjajah dengan menggunakan ilmu hitam. Ilmu hitam inipun diwariskan secara turun temurun hingga saat ini. Menurut para warga sekitar, pemilik ilmu hitam ini tidak bisa terlepas dari kejadian-kejadian aneh yang menimpanya. 

Mereka terkadang berubah menjadi sosok yang terlihat menyeramkan layaknya hantu jadi-jadian. Biasanya mahkluk jadi-jadian ini menampakkan dirinya di saat turun hujan di hari pertama setelah kemarau panjang. Mereka muncul disaat magrib hingga subuh dengan berbagai macam wujud dan bentuk.

4. Kampung Jin, Wentira Palu

www.kompasiana.com

Tempat yang dijuluki Kampung Jin ini terletak di salah satu kampung di Kota palu, Sulawesi Tengah. Selain dijuluki Kampung Jin, tempat ini juga diduga sebagai Kota Atlantis yang hilang. Ada suatu cerita tentang kisah mistis di Wentira Palu. Pada beberapa tahun yang lalu, ada sekelompok mahasiswa yang sedang melakukan penelitian di kampung Wentira Palu. Para mahasiswa ini hilang 3 hari 2 malam di tengah-tengah hutan Wentira Palu. Mereka mengaku melihat sesuatu yang aneh di balik bukit di tengah-tengah hutan. Mereka melihat sebuah kampung yang memiliki peradaban modern serta bangunan-bangunan yang megah layaknya kota-kota besar. Namun setelah pagi harinya, rombongan mahasiswa ini terbangun dan yang ada di hadapan mereka hanya hutan belantara yang tak berpenghuni.

5. Kampun Jin Alas Ketonggo

www.kompasiana.com

Alasan kenapa Alas Ketonggo dijuluki sebagai kampung Jin adalah karena konon kampung yang terletak di daerah Ngawi Jawa Timur ini memiliki beberapa kisah misteri beredar di masyarakat sekitar. Alas Ketonggo merupakan kampung yang terletak di lereng Gunung Lawu. 

Ada satu kisah mengerikan yang pernah dialami oleh seorang warga bernama Harsa. Ia dan temannya saat itu tersesat di sebuah kampung yang berada di lereng gunung Lawu. Harsa mengaku tidak ada yang aneh dengan kampung tersebut, terlihat aktivitas warga kampung pada umumnya. Ia melihat ada beberapa warung yang menjajaki makanan, serta para ibu-ibu yang sedang menggendong anaknya di depan rumah. Namun Harsa dan temannya merasakan ada sesuatu yang janggal ketika ia bertanya tentang arah jalan pulang kepada pemilik warung. Ketika ditanya, wanita pemilik warung tersebut hanya menunduk dan terdiam. 

Setelah berdiam diri agak lama, wanita ini pun menunjuk arah pulang tanpa berbicara. Sebelum pergi, Harsa dan temannya membeli pisang goreng yang dijajakan di warung tersebut sebagai tanda terima kasih. Namun, setelah berjalan cukup jauh, Harsa dan temannya terkejut melihat pisang goreng yang dibelinya hanya berupa bungkusan daun. Untungnya mereka berhasil keluar dari Kampung Jin tersebut dengan selamat.

6. Kampung Siluman di Kota Banjar

plus.google.com

Misteri Kampung Siluman yang berada di Kelurahan Purwaharaja, Kota Banjar, Jawa Barat ini memang sudah beredar di kalangan masyarakat sekitar. Konon kampung siluman ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Saat para penjajah datang ke tempat ini, mereka melihat sebuah perkampungan yang ramai dan mendatanginya. Namun ketika didatangi, para penjajah ini tidak menemukan adanya kampung, mereka justru tersesat di tengah hutan belantara. 

Pernah juga salah seorang warga yang melihat perkampungan di sekitar Pulomajeti yang ramai dan terlihat lebih megah dibanding kampung-kampung yang lain. Namun sampai saat ini kampung tersebut masih tidak bisa ditemukan keberadaannya. Masyarakat sekitar percaya, jika Kampung Siluman ini menjadi gerbang untuk pergi ke dunia lain.

7. Kampung Ghaib, Ketapang

elninoblogspotcom.blogspot.co.id

Kampung Setan yang terakhir berada di wilayah Ketapang, Kalimantan Barat. Tepatnya berada di sebuah kota kecil bernama Kendawangan. Masyarakat sekitar meyakini jika di daerah Kendawangan ada sebuah desa asri dan indah yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu saja. 

Bahkan kisah misteri di balik Kampung Ghaib ini pernah dialami oleh Raja Dangdut, Rhoma Irama. Penyanyi dangdut yang akrab disapa Bang Haji ini pernah dua kali mendapat panggilan untuk manggung di daerah Kendawangan. Namun, masyarakat sekitar mengaku hanya sekali melihat Rhoma Irama manggung di Ketapang. Sang Radja Dangdut pun heran ketika ia kedua kalinya manggung di daerah tersebut, kota yang ia datangi tidak semewah dan seindah ketika waktu pertama kali ia datangi. Bahkan terlihat seperti kota yang berbeda.

Nah, itulah tempat-tempat menyeramkan di Indonesia yang dijuluki sebagai Kampung Setan. Benar atau tidaknya cerita-cerita mistis di atas, namun makhluk-makhluk gaib memang diciptakan berdampingan dengan manusia. Semoga cerita-cerita di atas bisa membuat kita lebih dekat dengan Sang Pencipta. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pamer Foto Perut Sixpack, Cinta Laura Dipuji Seksi oleh Netizen | Keepo.me

Pamer Foto Perut Sixpack, Cinta Laura Dipuji Seksi oleh Netizen | Keepo.me

Pulau Boneka yang Ada di Meksiko Ini Memiliki Kisah yang Menyedihkan

Pulau Boneka yang Ada di Meksiko Ini Memiliki Kisah yang Menyedihkan

Nasa : Asteroid Sebesar "Dua Kali Monas" Akan Menghantam Bumi Pada 13 April 2029! | Keepo.me

Nasa : Asteroid Sebesar "Dua Kali Monas" Akan Menghantam Bumi Pada 13 April 2029! | Keepo.me

Lawang Sewu Bangunan Bersejarah dengan Seribu Kisah Misterius yang Bikin Merinding

Lawang Sewu Bangunan Bersejarah dengan Seribu Kisah Misterius yang Bikin Merinding

Deretan Sejarah dan Mitos tentang Lawang Sewu, Bangunan Terangker Kedua se-Asia! | Keepo.me

Deretan Sejarah dan Mitos tentang Lawang Sewu, Bangunan Terangker Kedua se-Asia! | Keepo.me

Kisah Rekaman Panggilan 911 di Amerika Serikat Ini Penuh Misteri dan Menantang Mental

Kisah Rekaman Panggilan 911 di Amerika Serikat Ini Penuh Misteri dan Menantang Mental

loading