7 Sungai Darah Misterius di Dunia Ini Bikin Merinding! Indonesia Juga Punya Lho!

06 November 2017
|Robertus Jeje
0SHARES

Alam memang tak bisa ditebak, tiba-tiba bisa berubah dan tak jarang membuat kita ketakutan. Cukup banyak juga terjadi fenomena-fenomena yang terkadang tak bisa dijelaskan dan sering dikaitkan dengan hal-hal mistis. Seperti sungai darah, yaitu sungai yang tiba-tiba airnya berubah menjadi berwarna merah darah. Karena hal ini pula yang menyebabkan banyak spekulasi bermunculan, dari yang tak masuk di akal hingga yang nyata-nyata hoax.

Nah, berikut kisah 7 sungai darah di dunia, pertanda apakah itu? Berikut Yukepo kasih ulasannya!

1. Sungai Nsukwa, Ghana

Pada Sabtu 7 Oktober 2017, air Sungai Nsukwa yang berlokasi di kota Koforidua, Ghana tiba-tiba berubah menjadi merah darah, tepatnya di pagi hari pukul 05.00. Hal ini sempat membuat warga di sana panik. Tak lama, kabar ini pun terdengar oleh seorang pemuka agama bernama Dr Lawrence Tetteh. Ia lantas mengunjungi sungai darah tersebut dan berdoa di sana untuk mengusir setan yang diduga menyebabkan air sungai menjadi merah darah. Namun dari penjelasan ilmiah, warna merah tersebut disebabkan oleh pencemaran kimia atau limbah pabrik.

2. Sungai Daldykan, Rusia

Pada Selasa 6 September 2016 silam, Sungai Daldykan yang berada di Norilsk, Rusia tiba-tiba berubah warna seperti darah. Kejadian aneh ini membuat warga sekitar heboh. Banyak spekulasi muncul hingga ada yang mengatakan ini karena kuasa Tuhan. Namun hal tersebut terbantahkan, sungai darah tersebut ternyata disebabkan oleh limbah pabrik nikel yang tak jauh dari lokasi sungai.

3. Sungai Billing Brook, Inggris.

Aliran sungai di Northamptonshire, Inggris juga sempat menghebohkan warga. Airnya menjadi merah pekat seperti darah, padahal sebelumnya air berwarna kecoklatan. Perubahan aneh ini membuat penduduk sekitar bingung dan panik. Bahkan sempat ramai dan menjadi viral di Facebook, ada yang mengatakan karena pembantaian seperti di film horor, ada pula yang mengatakan ini adalah tanda kiamat. Namun setelah diusut, hal ini dikarenakan tinta yang tumpah, seperti yang dikatakan dalam laman Huffington Post.

4. Sungai Nil, Mesir.

Beberapa waktu yang lalu, Sungai Nil sempat gemparkan dunia. Hal ini disebabkan setelah Badan Antariksa Eropa (ESA) merilis foto Sungai Nil dari angkasa yang airnya berwarna merah darah. Hal ini menuai banyak perbincangan hingga dikaitkan dengan kutukan yang dulu pernah diterima oleh Bangsa Mesir Kuno. Ketika itu sungai nil mendadak menjadi merah darah, airnya tak lagi bisa diminum, ikan-ikan pada mati, dan bangkai ikan sangat banyak. Bangsa Mesir pun banyak yang sakit akibat bakteri dan lalat dari bangkai. Namun faktanya, ESA menjelaskan kejadian ini hanyalah karena indikasi vegetasi atau tanaman.

5. Sungai Yangtze, China.

Fenomena serupa juga pernah terjadi di kota Chongqing, China, yakni Sungai Yangtze. Sungai terpanjang di China ini mendadak airnya menjadi memerah seperti jus tomat, pada hari Kamis (6/9/2012) silam. Para penduduk mengaku ini baru pertama kalinya terjadi. Bahkan keanehan ini tak hanya terjadi disejumlah titik saja, melainkan hampir di sepanjang Sungai Yangtze. Banyak pendapat dan klaim pun muncul, ada yang mengatakan ini adalah tanda kiamat, hingga ada yang berlebihan yakni adanya pembantai. Namun faktanya, hal ini lagi-lagi disebabkan oleh limbah industri.

6. Sungai Beirut, Lebanon.

Pada pertengahan Februari 2012 yang lalu, warna air Sungai Beirut menjadi memerah seperti darah. Kejadian misterius ini awalnya dimulai dari Sungai Furn al-Shubbak hingga akhirnya menuju Laut Mediterania dan warna merahnya mulai memudar. Akibat fenomena ini, petugas setempat pun mencari sebab kenapa sungai tersebut tiba-tiba menjadi sungai darah, namun mereka tak menemukan apa-apa. Banyak tanda tanya dan kebingungan pun muncul. Namun saksi mata di sungai setempat, peristiwa ini bukan kali pertamanya, yakni hampir terjadi setiap dua bulan sekali. Kemudian Menteri Lingkungan Hidup, Nazem Khoury mengatakan hal itu dikarenakan polusi yang berasal dari kota Hazmieh dan Baabda.

7. Sungai Bah Bolon, Sumatra Utara.

Air yang biasanya berwarna jernih di Sungai Bah Bolon Sumatera Utara tiba-tiba menjadi merah darah. Hal ini sempat hebohkan warga setempat. Ditambah lagi, sumber-sumber irigasi dipenuhi dengan bangkai ikan. Banyak warga yang berpikir ada yang memotong hewan secara besar-besaran dan membuang darahnya ke sungai. Sungai Bah Bolon sendiri memang dikenal angker, karena pernah ada bocah umur dua tahun tewas yang diduga karena tenggelam saat terbawa arus. Namun diluar itu, sungai darah di Sungai Bah Bolon diduga disebabkan oleh limbah cat tekstil semata.

 

Nah itulah tadi ‘sungai darah’ yang sempat bikin geger banyak orang. Meski fenomena ini cukup membuat warga sekitar bingung, panik, bahkan takut - semua itu sebenarnya hanya disebabkan oleh ulah manusia yang tak bertanggung jawab. Ternyata fenomena sungai darah ini memang sepatutnya kita takuti jika terjadi, karena fenomena ini menjadi pertanda bahwa manusia telah mencederai alam dengan begitu rupa hingga sungai pun 'berdarah'. Dan sungguh, kerusakan alam adalah hal yang paling mengerikan dibandingkan dengan hantu maupun kejadian mistis lainnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES