7 Macam Rumah Ini Sarat Akan Mitos yang Nggak Enak, Rumahmu Termasuk Nggak?

11 Oktober 2017
|Meidiana
Mistis
0SHARES

Berbicara tentang mitos, siapa sih yang nggak kenal dengan salah satu bentuk warisan kebudayaan satu ini. Setiap peradaban di dunia memiliki mitos-mitosnya sendiri, tak terkecuali di Jawa ini. Walaupun kita sekarang telah hidup di zaman modern, nyatanya kita masih tidak bisa benar-benar terlepas dari mitos. Nah, dari berbagai mitos yang ada dan dikenal masyarakat Jawa, mitos yang berkaitan dengan rumah adalah hal yang cukup menarik untuk diperbincangkan. Penasaran kan, rumah dengan kondisi-kondisi yang bagaimana sih yang dimaksud? Yuk simak mitos-mitos rumah di bawah ini!

 

1. Rumah menghadap ke timur

 

 

Rumah menghadap ke timur dipercaya paling “unik” apabila dibandingkan dengan  rumah yang menghadap ke arah-arah lainnya. “Unik” yang dimaksud adalah bahwa rumah yang menghadap ke timur ini memiliki energi negatif. Penghuninya biasanya dihadapkan dengan masalah-masalah yang beragam, mulai dari pertengkaran antar anggota keluarga, sakit-sakitan, sampai sulit mendapatkan rezeki. Jadi ketika ingin membangun rumah, bisa dibilang bahwa timur merupakan pantangan untuk dijadikan arah muka rumah. Hmm, percaya nggak dengan mitos rumah ini?

2. Rumah yang memiliki luwang mayit di dalamnya

Mitos rumah yang satu ini terdengar agak aneh. Disebut luwang mayit karena ukuran ruangannya adalah sekitar 2x1 meter, serupa dengan ukuran luwang mayit (liang kubur). Luwang mayit biasanya menjadi pemisah antara ruangan satu dan ruangan lainnya serta letaknya tepat di tengah-tengah dengan diapit tembok/sekat di ketiga sisinya. Gampangnya sebut saja lorong buntu. Menurut mitos, rumah yang memiliki luwang mayit tidak nyaman untuk ditempati dan hawanya berasa panas terus sehingga penghuninya menjadi tidak betah. Apabila rumah tersebut dijual atau dikontrakkan, penghuni rumah tersebut juga tidak akan bisa menetap lama.

3. Rumah dengan seluruh pintunya lurus sejajar

Mitos rumah yang satu ini hanya berlaku bagi rumah yang seluruh pintunya lurus sejajar dari depan sampai belakang. Dengan kondisi rumah yang seperti ini, energi yang masuk ke dalam rumah akan langsung keluar karena letak pintu-pintu yang semuanya sejajar. Oleh karena itu, penghuni rumah seperti ini pun dipercaya akan sulit mengelola keuangannya. Seperti energi yang masuk rumah dan langsung keluar lagi, rezeki yang diperoleh penghuninya pun juga akan cepat 'lari'.

4. Rumah “Tusuk Sate”

 

 

Mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan mitos rumah “tusuk sate”. Bener banget, rumah “tusuk sate” sendiri merupakan sebutan untuk rumah yang terletak tepat di ujung pertigaan dan terkesan seperti memangku jalan. Oleh karena letaknya yang berada di tengah-tengah, rumah ini dipercaya menjadi titik pertemuan energi-energi yang berbeda sehingga menciptakan energi negatif di dalamnya. Menurut mitos turun-temurun, rumah dengan kondisi ini dapat mendatangkan bencana, kesialan, atau bahkan kematian. Serem juga.

5. Rumah dengan banyak benda yang terbuat dari logam

 

 

Agak angker juga nih rumah yang di dalamnya menyimpan benda-benda yang terbuat dari logam. Tapi tenang aja, panci-panci dan wajan di dapur kamu nggak masuk hitungan untuk kategori ini kok. Benda-benda dari logam yang dimaksud adalah benda-benda dengan kadar logam yang cukup berat, seperti pedang, keris, dan perangkat gamelan yang terbuat dari kuningan. Benda-benda logam tersebut memiliki gelombang elektromagnetik yang sangat kuat sehingga jin dan makhluk halus lainnya dikabarkan sangat menyukainya dan bahkan ada yang menetap di dalamnya.

 

 

6. Rumah yang kotor

 

 

Mitos rumah yang satu ini wajib banget kamu perhatikan, karena bisa saja ini adalah rumahmu! Piring kotor atau pakaian kotor yang sering kamu letakkan sembarangan ternyata bisa mengundang kehadiran makhluk dari dunia lain. Biar nggak kejadian, mending rajin-rajin menjaga kebersihan ruangan dan lingkungan rumah deh mulai sekarang. Menurut kepercayaan, makhluk tidak kasat mata suka mendatangi sumber bau-bau yang tidak enak, seperti bau keringat pada pakaian kotor, bau daging atau amis dari sisa-sisa makanan di piring kotor, dan bau-bau dari sumber sampah yang mengendap lama. Bener atau enggaknya semoga kamu tetap rajin menjaga kebersihan rumah ya.

 

 

7. Rumah yang pernah ditempati orang gila

 

 

Menurut mitos, rumah yang pernah ditempati orang gila juga memiliki banyak energi negatif di dalamnya sehingga dapat memengaruhi keberuntungan penghuni selanjutnya apabila tidak “dibersihkan”. Rumah yang tidak “dibersihkan” dapat menciptakan perasaan tidak nyaman, menghambat datangnya rezeki, atau mendatangkan kesialan. Nggak cuma orang gilanya, rumah bekas yang telah ditinggali orang gila juga sama berbahayanya ya ternyata.

 

 

Mitos rumah di atas nggak enak banget kan semuanya. Masalah percaya atau nggak percaya, balik lagi ke keyakinan masing-masing. Kalau kita percaya dan kemudian benar-benar terjadi sesuatu, itu sebenarnya adalah sugesti dari kita sendiri karena telah memercayai mitos rumah tersebut. Kalau kita tidak percaya, ya kita harus berpikir positif bahwa segala sesuatu terjadi karena memang sudah ditakdirkan demikian. Jadi, rumahmu termasuk nggak di daftar di atas?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Meidiana
"Bahagia bersama senandika."
0SHARES